Ini Dia Tips Memilih Switch dan Router Sesuai Kebutuhan Anda

0
12127
Tips Memilih Switch dan Router

Tips Memilih Switch dan Router – Didalam sebuah jaringan komputer terdapat banyak sekali komponen komponen yang harus dipenuhi untuk menghasilkan suatu jaringan komputer yang dapat menghasilkan interaksi antar komputer dalam sebuah jaringan baik Local Area Network maupun Wide Area Network.

Beberapa komponen diantaranya ada NIC (Network Interface Card), Kabel Jaringan, Modem, Router, Repeater, dan satu lagi yang akan kita bahas kali ini adalah Switch HUB. Switch HUB atau yang biasa dikenal sebagai Smart HUB merupakan sebuah alat yang digunakan sebagai repeater atau penguat sinyal untuk menghubungkan kabel kabel UTP dari satu komputer ke komputer yang lain.

Fungsi dari Switch HUB itu sendiri antara lain, mampu memeriksa dengan seksama setiap paket data yang di transmisikan menggunakan kabel jaringan. Selain itu switch juga mampu menentukan tujuan serta sumber paket data yang melalui perangkat tersebut. Dan yang terakhir adalah kemampuan switch untuk melanjutkan setiap data yang di transmisikan secara tepat dan cepat.

Switch sama halnya seperti HUB yang memiliki banyak port yang dapat digunakan sebagai penghubung antara satu komputer dengan komputer yang lain. Setidaknya ada bermacam macam Switch, yakni 8 port, 16 port, 24 port dan seterusnya. Switch sendiri di sajikan untuk Eternet komputer yang mana masing masing dari port yang dihubungkan ke switch mampu mengatur support spedd & duflex atau spupport kecepatan ethernetnya. Misal,untuk kecepatan 10Mbps, 100Mbps, hingga 1000Mbps atau dapat pula di setting auto speed.

Kemampuan switch untuk mengatur lalu lintas data ke device yang dituju sangat memberikan efisiensi dari segi bandwidth jaringan dan juga paket data yang melewati Switch juga akan lebih terjaga keamanannya jika dibanding hanya menggunakan HUB. Cara kerja switch sendiri adalah menerima frame dan me-regenerate setiap bit data dari frame tersebut untuk port tujuan yang sesuai.

Selain itu Switch juga digunakan untuk membuat segmen sebuah jaringan kedalam beberapa collision domain. Secara umum, sebuah switch pun dapat bekerja untuk menyambungkan segmen segmen jaringan yang memiliki kecepatan yang berbeda beda. Oleh karenanya switch menjadi salah satu alat yang memiliki kedudukan yang cukup penting dalam sebuah jaringan Local Area Network (LAN).

Nah, jika sebelumnya Kita sudah mengenal seikit banyak tentang switch, langkah selanjutnya adalah menentuka switch yang sesuai dengan kebutuhan Kita dalam membangun sebuah jaringan. Berikut ini ulasan selengkapnya :

a.Biaya

Besaran harga dari sebuah switch yang berkualitas umumnya ditentukan oleh fitur yang menyertainya. Fasilitas atau fitur tersebut meliputi jumlah dan jenis port yang tersedia serta kecepatan switching nya. Faktor lain yang mempengaruhi harga switch ini adalah kemampuan manajemen jaringan, kemanan, serta teknologi switching yang tergolong cukup canggih.

b. Kecepatan dan Jenis Port / Interface

Selanjutnya yang wajib Anda perhatikan dalam memilih switch yang berkualitas adalah kecepatan serta jenis port atau interface yang dibawah oleh switch tersebut. Sebuah jaringan yang baik setidaknya harus mampu mengkombinasikan kelebihan router dan switch pada setiap bagian dalam jaringan sefleksibel mungkin. Nah, untuk Anda yang ingin membangun sebuah jaringan, hendak lah berpegangan pada poin poin dibawah ini :

– High bandwidth

– Improved performance

– Low cost

– Easy configuration

B. Router

Setelah sebelumnya Kita telah mengenal Switch, perangkat selanjutnya yang wajib Anda miliki dalam membangun sebuah jaringan adalah Router. Router ini memiliki fungsi penguat sinyal. Nah, untuk memilih router pun tak boleh sembarangan. Bisa bisa Kita sudah membeli dengan mahal tapi jaringan tak mampu tersebar dengan baik. Untuk memilih perangkat satu ini Anda harus mencocokkan karakteristik router dengan tujuan yang ingin Anda capai.

Mirip seperti pooin poin pertimbangan dalam memilih produk switch. Router pun harus memiliki keunggulan dari segi biaya yang terjangkau, jenis interface serta kecepatan yang menjadi tolak ukur utamanya. Slein itu berikut ini adalah faktor faktor yang harus Anda penuhi dalam memilih router :

1. Expandability

Router dan switch sebagai perangkat jaringan harus mampu mempunyai konfigurasi fisik yang tetap dan termodul. Salah satu fungsi utama router adalah menghubungkan nomor dan jenis jaringan yang berbeda beda, pemilihan modul modul dan interface yang sesuai untuk media khusus pun harus Anda perhatikan.

2. Fitur Sistem Operasi

Pada system operasi tertentu router mampu mendukung  sejumlah fasilitas seperti :

  • Keamanan
  • Kualitas Layanan (QoS)
  • Voice over IP (VoIP)

Untuk memilih perangkat satu ini dana yang Anda keluarkan haruslah menjadi pertimbangan yang penting. Router yang harganya mahal biasanya didasarkan pada interface serta fitur yang ditawarkan. Selain mengakomodir fasilitas yang telah Kita bahas sebelumnya, modul tambahan seperti serat optic dapat pula mempengaruhi harga router tersebut.

3. Media

Pertimbangan selanjutnya adalah soal media yang digunakan untuk membuat koneksi LAN (Lical Area Network) atau WAN (Wide Area Network). Oleh karenanya diperlukan pula pertimbangan berbagai jenis media yang hendak Anda gunakan.

Nah, sebagai pertimbangan dalam meilih router, berikut ini adalah poin yang harus dipenuhi sebelum Anda memilih router yang banyak beredar di pasaran.

  • Broadcast firewalling
  • Hierarchical addressing
  • Communication b etween dissimilar LANs
  • Fast convergence
  • Policy routing
  • QoS routing
  • Security
  • Redundancy and load balancing
  • Traffic flow management
  • Multimedia group membership

Demikian lah beberapa hal yang wajib Anda ketahui mengenai Tips Memilih Switch dan Router sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

Baca juga: Ingin Membuat Website? Ini Beberapa Tips Membuat Website yang Harus Anda Perhatikan

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
42%
wow
Netral
14%
sad
Sedih
4%
angry
Marah
38%