Tips Menghindari Bahaya Listrik pada Anak-anak di Dalam Rumah

0
14155
Menghindari Bahaya Listrik Pada Anak-anak

Menghindari Bahaya Listrik Pada Anak-anak Seringkali kita terlupakan jika di dalam rumah sekalipun ada bahaya yang mengintai terutama pada keselamatan anak-anak Anda. Rumah yang notabennya adalah tempat tinggal yang harusnya aman, ternyata harus tetap diwaspadai juga. Apa saja itu yang harus diwaspadai? Salah satunya adalah aliran listrik. Aliran listrik yang menjadi komponen penting dalam rumah sering kali menjadi momok yang menakutkan jika sering disepelekan. Maka dari itu, Anda harus menghindari bahaya listrik tersebut khususnya pada anak-anak.

Jika tidak, listrik ini akan menjadi hal yang dapat membahayakan bahkan dapat merengut nyawa anggota keluarga. Hal ini jika tidak ditangani atau diperhatikan secara menyelurh, efek yang ditimbulkan mulai dari kebarakan karena konsleting ataupun kecelakaan seperti tersengat aliran listrik, dan lain-lain. Maka dari itu, kali ini kami akan mengulas beberapa tips untuk menghindari bahaya listrik khususnya pada anak-anak di dalam rumah Anda. Simak beberapa tipsnya sebagai berikut.

Hindari Menarik Kabel saat Hendak Mencabut Perlatan Listrik dari Stop Kontak

Hal ini sering kali dilakukan oleh sebagian orang. Mereka dengan mudahnya mencabut kabel listrik dari stop kontak. Padahal hal ini sangat tidak diperbolehkan dan dapat berakibat fatal karena jika saat dicabut komponen-komponen kecil yang ada di dalam kabel itu putus akan mengakibatkan konsleting. Dan jika Anda memasangkan ke stop kontak kembali akan tejadi aliran listrik pendek.

Untuk itu, jangan pernah menarik kabel saat hendak mencabutnya. Tariklah dari kepala steker untuk melepasnya dari stop kontak. Selain menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, hal ini juga dapat memberi ketahanan lebih awet pada barang elektronik Anda.

Hindari Air

Air dan aliran listrik merupakan komponen yang sangat berjauhan dan bertolak belakang. Jika sedikit air saja terkena komponen listrik tersebut dapat memungkinkan terjadinya konsleting ataupun si pengguna akan terkenan aliran seterum tersebut.

Jika suatu saat Anda mengalami kebaran di dalam rumah, jangan pernah mencoba memadamkan api dengan air tanpa memadamkan pusat aliran listrik terlebih dahulu. Dan jangan pernah mencoba menyentuh peralatan eletronik atau kabel listrik dengan tangan basah. Pastikan tangan Anda selalu kering ketika memegang kabel listrik tersebut untuk menghindari kemungkinan tersengat aliran listrik.

Padamkan aliran listrik jika ingin mengganti bola lampu yang mati

Jika Anda ingin mengganti lampu bohlam yang mati, hal yang harus diperhatikan adalah pastikan aliran listrik tersebut padam. Jangan pernah lupa untuk memadamkannya, hal ini untuk menghindari Anda tersengat aliran listrik.

Dan gunakanlah sarung tangan atau lap kering agar terhindar dari kontak langsung dengan stop kontak tersebut.

Wasapadai kabel listrik

Anak-anak sering kali tidak pernah memperhatikan bahaya aliran listrik ini. Usahakan hindari segala macam kabel listrik dari jangkauan anak-anak. Terkadang anak-anak seringkali melewati kabel listrik ataupun tersandung kabel listrik ketika kabel berada di bawa lantai.

Hal ini harus sangat diperhatikan karena Anda tidak pernah menduga apa yang akan dilakukan oleh anak Anda. Karena anak sedang mengalami tumbuh kembang dengan artian mereka lebih sering bergerak, dan usahakan hindari hal yang sekiranya berbahaya di sekitar mereka.

Gunakan Peralatan Listrik Sesuai dengan Aturan

Pastikan Anda selalu mencabut peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik setelah memakainya. Sering kali kita melupakan peralatan listrik kecil seperti charge handphone, blender, pemangangan roti, ataupun yang sering terlupakan. Walaupun memang daya listrik yang diambilnya kecil, namun hal ini dapat memicu terjadinya konsleting juga.

Keamanan di Kamar Mandi

Biasanya untuk memudahlan Anda beraktivitas. Di kamar mandi sering kali diletakkan berbagai barang elektronik seperti pengering rambut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika air dan listrik merupakan komponen yang saling bertolak belakang, untuk itu usahakan menyimpan perlengkapan elektronik tersebut di dalam laci setelah menggunakannya.

Ketika sudah mengetahui hal-hal apa saja yang harus dihindari dari perlengkapan listrik ini. Kini waktunya Anda menghindari berbagai kemungkinan negatif yang dapat ditimbulkan oleh perlengkapan aiiran listrik tersebut pada anak-anak Anda

  • Selalu menggunakan penutup stop kontak

Anak-anak memiliki rasa penasaran yang masih tinggi. Melihat apapun di depannya pasti mereka akan memengang atau memainkannya dan hal ini termasuk dengan stop kontak. Tidak jarang anak yang ingin sekali memengang stop kontak. Untuk itu, agar terhindar dari aliran listrik, gunakan penutup stop kontak pada setiap colokan kabel di rumah Anda. Hal ini akan menghindari sang anak memegang langsung pada stop kontak.

  • Letakkan kabel di dinding

Jauhkan semua kabel yang beraliran listrik dari jangkauan anak-anak Anda. Untuk menjauhkannya, Anda dapat menggunakan tips menggantung semua kabel yang tercecer di lantai. Anda dapat menggunakan paku kecil untuk merekatkan kabel-kabel tersebut di dinding rumah Anda. Jangan sampai ada kabel yang tercecer di bawah karena sang anak dapat dengan mudah mengambilnya.

  • Sembunyikan stop kontak

Sembunyikan semus stop kontak dari jangkauan anak Anda. Jika tips sebelumnya mengangkat kabel sehingga tidak tercecer di bawah lantai. Tips ini mengajak Anda untuk menaruh stop kontak di berbagai sudut yang tidak bisa terlihat oleh anak-anak. Misalnya Anda dapat meletakkannya di belakang televisi, lemari, ataupun sudut yang tidak dapat terjangkau oleh anak-anak.

Berikut beberapa tips untuk menghindari bahaya aliran listrik pada anak Anda di dalam rumah. Jika memang kesulitan untuk memasang semua aliran listrik di rumah, Anda dapat menggunakan jasa instalasi listrik ke rumah Anda agar lebih aman. Selamat mencoba!

Baca juga: Tips Hemat Biaya Listrik! Terapkan 5 Kebiasaan Ini

Facebook Comments
love
Senang
83%
haha
Terinspirasi
16%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%