Tips Memilih Keramik untuk Berbagai Ruang di Rumah

0
6862
Tips Memilih Keramik untuk Berbagai Ruangan

Tips Memilih Keramik Untuk Berbagai Ruangan – Tidak hanya berfungsi untuk penutup lantai saja, namun kini keramik menjadi sebuah nilai estetika dalam rumah. Seiring berkembangnya zaman dan waktu, permintaan motif dan bentuk keramik kini sangat beragam. Oleh karena itu,  hal tersebut dimanfaatkan oleh penghuni rumah sebagai sebuah bentuk estetika yang dapat menunjang nilai dekoratif sebuah hunian. Akan tetapi, untuk menambah nilai estetikanya, Anda harus mengetahui keramik motif dan jenis seperti apa yang cocok di tiap-tiap ruang dalam rumah Anda. Untuk itu, Anda harus mengetahui trik dalam pemilihan keramik untuk berbagai ruang di rumah.

Karena keramik memiliki jenis dan motif yang sangat beragam. Jika Anda salah pilih jenisnya dan motifnya hasilnya tidak akan sempurna. Oleh karena itu, kali ini kami akan berikan beberapa tips memilih keramik untuk berbagai ruangan di dalam rumah.

Ruang Tamu atau Ruang Keluarga

Lazimnya, untuk ruang tamu atau ruang keluarga kebanyakan orang memakai keramik berglazur dengan finishing mengkilat (glossy) atau satin yang tidak mudah kotor, dan juga tidak mudah tergores. Tekstur keramik ini berbeda dengan tekstur keramik lainnya, yakni paling mudah dibersihkan. Sehingga tampilan ruang tamu selalu bersih dan elegan. Jika terkena noda atau kotoran, untuk membersihkannya Anda hanya perlu membersihkannya dengan kain pel atau lap basah saja. Karena tekstur keramiknya yang glossy tidak akan meninggalkan noda saat tertumpah bahan apapun.

Pemilihan Motif

Untuk pemilihan motif keramik lantai, Anda dapat menyesuaikan tema dengan ruangan Anda. Misalnya Anda memiliki rumah dengan gaya modern minimalis, Anda dapat memilih motif batu marmer dengan memainkan berbagai warna. Teksturnya yang mengkilap dapat memberikan kesan yang lebih elegan. Jika Anda memiliki rumah dengan gaya klasik, Anda dapat memilih motif batik atau batu alam.

Keramik lantai dan dinding tentu jelas berbeda, dari penggunaannya tekstur dan ukuran. Jika Anda ingin menambahkan kesan artistik pada ruang tamu atau ruang keluarga Anda, Anda dapat mengaplikasikan keramik dinding dengan motif batu alam, motif bamboo, atau mozaik. Namun untuk pengaplikasian keramik dinding ini, tidak perlu pada keselurhan dinding, cukup satu area saja, misalnya di belakang televisi pun di belakang sofa.

Ukuran

Kini produsen keramik menawarkan berbagai jenis ukuran keramik. Untuk keramik bagian ruang tamu atau ruang keluarga ini, Anda dapat mengaplikasikan ukuran keramik besar misalnya ukuran 40 x 40 cm atau bahkan 60 x 60 cm. Hal ini dapat membuat tampilan ruang tamu atau ruang keluarga Anda lebih besar. Sehingga ruangan tersebut dapat memberikan kesan elegan dan lebih mewah.

Ruang Kamar

Untuk ruangan kamar ini, Anda dapat mengaplikasikan keramik motif polos namun dapat memainkan warna. Mengapa polos? Karena di dalam kamar pastinya akan terdapat barang yang langsung diletakkan ke lantai, misalnya dipan tempat tidur, lemari, dan lain-lain. Dan permainan motif keramik ini tidak dapat terlihat seluruhnya jika memang diletakkan di dalam kamar. Untuk teksturnya, Anda dapat milih tekstur doff (kasar) untuk menghindari goresan tertalu banyak yang berasal dari benda-benda yang ada di dalam kamar Anda.

Ukuran

Untuk ukuran keramik lantai, Anda dapat memilih ukuran yang tidak terlalu besar, yakni 30 x 30 cm atau 40 x 40 cm. Untuk bagian dinding, jika Anda ingin menambahkan keramik dinding, susun keramik dinding secara vertikal di satu bagian sisi saja, dapat di belakang tempat tidur. Namun untuk menghemat biaya, pada kamar tidur tidak perlu menggunakan keramik dinding. Anda bisa menggantinya dengan menggunakan wallpaper.

Kamar Anak

Anak identik dengan segala hal yang lucu dan menggemaskan. Untuk pemilihan motif keramik lantai anak, dapat dipilih motif polos namun bermain dengan warna. Jika Anda ingin lebih memperlihatkan sisi estetikanya Anda dapat memainkan motif pada keramik dinding. Untuk kamar anak, Anda dapat mengaplikasikan motif flora jika anak Anda perempuan, atau motif fauna, atau motif kendaraan seperti pesawat, mobil dan lain-lain. Ataupun bisa dengan permainan warna juga, seperti biru, pink, kuning, dan lain-lain. Anda dapat mengombinasikan warna sesuai keinginan Anda.

Ukuran

Untuk ukuran, pilih keramik lantai dengan ukuran biasa saja, yakni 30 x 30 cm dengan tekstur yang doff. Jika untuk keramik dinding, Anda dapat memilih tekstur doff ataupun glossy.

Dapur

Untuk dapur, Anda dapat memilih motif mozaik ataupun batu alam pada keramik lantai. Namun untuk lebih menampilkan sisi dekoratifnya, Anda dapat mengaplikasikan keramik dinding dengan motif mozaik juga. Akan tetapi perlu diingat jangan mengaplikasikan seluruh dinding di bagian dapur. Pilihlah salah satu sisi dinding.

Ukuran

Anda dapat memilih keramik lantai dengan ukuran biasa saja yakni 30 x 30 cm karena pastinya dapur tidak memiliki tempat yang luas. Untuk keramik dinding, Anda dapat menggunakan ukuran 20 x 40 cm.

Carport atau Garasi

Untuk pemilihan keramik lantai di garasi ini, Anda dapat memilih keramik dengan motif batu alam, sehingga terlihat lebih natural. Namun jangan pilih keramik yang bertekstur glossy, hal ini akan membuat goresan yang terlalu banyak, karena di dalam garasi ini banyak aktivitas yang menimbulkan banyak goresan. Pilihlah keramik yang bertekstur doff (kasar) sehingga tidak masalah jika banyak kegiatan yang menimbulkan goresan.

Ukuran

Untuk bagian garasi, pilihlah ukuran keramik yang sedang yakni 30 x 30 cm. Namun jika Anda ingin lebih menghemat waktu, Anda dapat memilih keramik dengan ukuran lebih besar yakni 60 x 60 cm.

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih keramik pada beberapa ruangan di hunian Anda. Jika Anda masih bingung, Anda dapat mengonsultasikan dengan desainer interior agar mendapat inspirasi menarik lainnya. Selamat mencoba!

Baca juga: Bingung Memilih Tekstur Karpet Lantai? 5 Tips Ini Akan Membantu Anda!

Facebook Comments
love
Senang
20%
haha
Terinspirasi
20%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
20%
angry
Marah
40%