Tips Hemat Biaya Listrik! Terapkan 5 Kebiasaan Ini

0
2231
Tips Hemat Biaya Listrik

Tips Hemat Biaya Listrik – Selain kebutuhan sandang dan papan, kebutuhan akan listrik memang tidak bisa dipungkiri lagi keberadaannya, karena memang hampir seluruh pekerjaan akan lebih mudah dengan bantuan listrik, dari penanak nasi sampai pendingin ruangan. Apalagi saat ini biaya listrik mengalami kenaikan yang signifikan. Ditambah ketergantungan akan listrik di negara tecinta, Indonesia juga sangat tinggi. Meskipun begitu ada empat trik yang bisa Anda terapkan untuk meminimalisir biaya tagihan listrik.

  • Peralatan elektronik sudah seharusnya digunakan dengan efisien

Melakukan penghematan merupakan suatu pilihan yang akan berdampak positif untuk dompet Anda. Tidak peduli Anda memiliki rumah berskala besar, rumah sederhana atau sebuah apartemen, Anda bisa menerapkan kebiasaan ini untuk hemat biaya listrik rumah. Kipas angin dan tevelevisi memang tidak memakan listrik sebesar AC sayangnya hal ini seringkali membuat Anda lupa untuk mencabut koneksi listrik ke saklar. Padahal ketika Anda membiarkan koneksi listrik tetap menancap meskipun tombol OFF sudah ditekan, listrik tetap menyala dan sedikit demi sedikit menumpuk biaya tagihan. Untuk itu pastikan koneksi listrik ke saklar juga terputus. Menekan tombol OFF pada saklak ketika tidak digunakan dan pastikan Anda juga mencabut kabel.

Selain itu, jika Anda memakai mesin cuci untuk membantu meringankan urusan mencuci, sebaiknya Anda mengumpulkan pakaian dan handuk yang dipakai selama 5 hari, 10 hari atau 1 minggu dahulu lalu memasukkannya ke dalam mesin cuci. Membuat jadwal untuk mencuci harus Anda lakukan. Hal ini lebih efisien untuk menghemat listrik daripada Anda harus menyalakan mesin cuci hnaya untuk dua pasang atau tiga pasang baju.

  • AC rumah harus diservice secara rutin

Tinggal di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya terkadang membuat Anda harus memiliki AC sebagai salah satu pilihan untuk mendinginkan ruangan. AC memang menjadi pilihan yang tepat karena cepat mendinginkan ruangan, meskipun begitu ada satu hal yang harus selalu Anda perhatikan yaitu melakukan service AC rumah secara rutin. Hal ini penting mengingat debu yang menempuk akan membuat filter AC menjadi kotor dan berpotensi mengurang kinerja AC itu sendiri. Ketika kinerja AC kurang maksimal maka AC akan memerlukan energi lebih besar yang mana hal ini akan meningkatkan tarif listrik rumah Anda. Untuk itu, minimal dua bulan sekali AC harus diservice, jika Anda terlalu sibuk dan mengalami kesulitan dalam menemukan tukang service AC maka anda bisa mencari melalui situs hallojasa.com yang mana disini ada banyak tukang service AC profesional yang siap membantu Anda. Ac yang diservice secara rutin akan berfungsi secara maksimal dan juga tidak akan membuat tgaihan listrik Anda membengkak.

  • Gunakan alternatif lain

AC memang menjadi pilihan sebagian besar orang ketikan merasa kegerahan. Sebenarnya selain AC, Anda bisa memakai alternatif lain untuk meminimalisir biaya tagihan. Selain AC, kipas angin juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi ketika suhu tidak terlalu panas maka kipas angin juga bisa menjadi alat pendingin ruangan yang efektif. Selain itu, keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memakai kipas angin, jendela rumah juga bisa dibuka agar udara pengap dalam ruangan digantikan dengan udara segar dari luar. Kipas angin gantung atau ceiling fan bisa menjadi pilihan yang tepat.

  • Gunakan water heater pada saat-saat tertentu

Menjadi bagian dari kota yang sibuk tentu membuat Anda sibuk dengan padatnya berbagai macam aktifitas. Belum lagi Anda yang memiliki banyak pekerjaan kantor dan sering lembur tentu membuat Anda pulang telat bahkan larut. Meskipun pulang malam, mandi menjadi salah satu agenda yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Itu sebabnya meskipun tinggal di Indonesia dengan cuaca panas maka tidak sedikit yang masih memakai water heater saat mandi. Memakai air panas saat mandi memang diperbolehkan, hanya saja alat satu ini termasuk dalan peralatan elektronik yang memiliki daya tinggi. Apalagi jika Anda memakainya terlalu sering, sudah pasti biaya tagihan listrik akan menguras dompet. Belum lagi ketika Anda lupa untuk mematikan water heater setelah mandi. Untuk meminimalisir biaya tagihan listrik maka Anda bisa memasang saklar pada water heater dan menyalakannya 15 menit sebelum digunakan, ketika selesai langsung matikan. Dengan begitu penggunaan listrk akan bisa diminimalisir. Jika Anda mengalami kesulitan melakukan instalasi pemanas air serta service pemanas air maka Anda bisa meminta hallojasa.com untuk melakukannya dan Anda terima beres.

  • Memeriksa Sirkuit Listrik dan Panel Listrik Secara Berkala

Meksipun sistem listrik merupakan benda mati, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian lebih dari Anda. Pada dasarnya sistem listrik mirip dengan sistem sirkulasi dalam tubuh Anda. Jika Anda memiliki jantung sebagai pemompa darah maka panel listrik merupakan jantung dari sistem listrik. Dan sirkuit listrik memiliki tugas untuk menyalurkan listrik ke colokan atau lampu. Sedangkan alat-alat elektronik di rumah seperti pembuluh darah. Penting memeriksa sirkuit listrik dan panel listrik seara berkala untuk menghindari masalah listrik yang menyebabkan kebakaran. Menganti sirkuit dan panel listrik yang sudah usang atau rusak merupakan pilihan yang tepat. Karena memang mencegah jauh lebih baik. Tentu saja jika Anda bukan ahli untuk urusan listrik maka Anda tidak perlu mengerjakannya sendiri. Anda bisa meminta bantuan dari hallojasa.com disini Anda akan menemukan orang yang ahli dibidangnya dan bisa bekerja secara profesional.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%