Tips Memilih Catering Untuk Event

0
2790
Tips Memilih Catering

Tips Memilih Catering – Merencanakan sebuah acara pesta ulang tahun, arisan, ataupun pernikahan merupakan hal yang kompleks. Anda dituntut untuk menyediakan semuanya dari awal, mulai dari gedung, undangan, pakaian, hingga makanan. Makanan merupakan hal yang paling kursial dalam perencanaan sebuah acara. Anda harus benar-benar menghitung berapa jumlah tamu yang datang, kelebihan tamu, dengan makanan yang akan disiapkan. Terlebih lagi jika dalam acara tersebut mengalami lonjakan tamu yang tidak disangka hadir dalam acara. Pastinya akan ada tambahan dalam jumlah makanan. Untuk itu, Anda harus benar-benar memperhatikannya.

Akan tetapi, tidak hanya dalam jumlah saja yang harus diperhatikan, jenis makanan, rasa makanan, hingga kualitas harus diperhatikan agar tidak mengecewakan tamu yang hadir. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan menu makanan apa saja yang akan disediakan, kini banyak jasa katering event yang tersebar luas yang dapat membantu Anda dalam acara-acara penting tersebut. Lantas apa saja yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk memilih jasa katering tersbut? Simak berikut ulasannya.

Perhatikan Anggaran

Hal ini adalah hal paling utama dicatat dalam perencanaan acara. Sebelumnya Anda harus mengetahui berapa tamu yang diundang, berapa tamu yang kira-kira mengajak kolega dan keluarganya (artinya lebih dari kuota undangan). Dengan begitu Anda dapat mengira-ngira berapa persen makanan yang harus dipesan sehingga tidak kurang saat acara berlangsung.

Bagi Anda yang ingin mengundang banyak tamu, disarankan untuk mencari jasa katering yang memiliki harga yang cukup terjangkau, setidaknya hal ini dapat menghemat biaya pengeluaran Anda. Dan biaya yang tersisa tersebut dapat Anda sisihkan untuk kepenting yang lain.

Dan hal yang paling penting lainnya adalah, Anda harus menyediakan makanan tambahan untuk tamu VIP seperti keluarga, ataupun kerabat dekat. Hal ini untuk mencegah jika mereka datang terlambat ataupun mereka sibuk dengan menjadi panitia sehingga tidak sempat makan di dalam pesta tersebut.

Bentuk Panitia

Panitia di sini merupakan panitia yang hanya bertugas untuk mengurus bagian konsumsi. Jika memang ini merupakan pesta pernikahan, hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan. Memang biasanya jasa katering event selalu menyiapkan beberapa orang yang stand by saat acara berlangsung, namun untuk berjaga-jaga supaya lebih teratur dan terkontrol, ada baiknya Anda membentuk panitia dari sanak keluarga untuk ikut membantu mengatur di bagian konsumsi.

Hal ini bertujuan untuk terus memantau apa saja makanan yang sudah habis stoknya kemudian sang panitia dapat menginformasikan ke karyawan jasa katering tersebut untuk langsung menambah atau mengeluarkan makanan yang baru. Sangat membantu bukan?

Survei terlebih dahulu

Sebelum menentukan jasa katering yang dipilih, ada baiknya Anda melakukan survei secara langsung ke perusahaan katering tersebut. Apakah mereka memang memiliki kuaitas yang baik, kebersihan yang terjaga, dan poin penting lainnya.

Tentukan Jenis Makanan

Jika Anda ingin acara Anda dihiasi dengan konsep tradisional, Anda dapat memilih jenis katering yang menyediakan menu tradisional. Ataupun jika Anda ingin memiliki konsep modern, Anda dapat memilih jasa katering yang menyediakan makanan yang modern. Atau mungkin Anda ingin memiliki konsep acara tradisional berbalut modern? Mengapa tidak, Anda dapat memilih jasa katering yang memiliki menu lengkap yakni tradisional dan modern. Jadi, tentukan pilihan Anda sejak awal ya.

Fasilitas

Setiap paket yang dipilih dalam jasa katering event ini memiliki sebuah perbedaan, misalnya ketika Anda memilih paket A, akan disediakan sendok, garpu, panci, taplak, sedangkan paket B tidak disediakan taplak. Untuk tu, Aanda harus lebih cermat paket dan fasilitas apa saja yang didapat dalam paket tersebut. Jangan sampai salah pilih dan baru mengetahui pada H-5 acara, karena tidak memungkinkan untuk mengganti jenis paket ataupun mengganti jasa katering.

Lokasi Jasa Katering

Pilih lokasi jasa katering yang sekiranya terjangkau oleh rumah ataupun gedung tempat acara yang akan diselenggarakan. Setidaknya hal ini dapat menimilasir keterlambatan datang ataupun saat keadaan emergency sekalipun.

Facebook Comments
love
Senang
33%
haha
Terinspirasi
33%
wow
Netral
33%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%