Cara Merawat Ban Mobil Baru Agar Awet

0
802
Halojasa Cara Merawat Ban Mobil Baru

Cara Merawat Ban Mobil Baru – Senangnya mobil baru sudah datang. Tapi jika Anda baru pertama kali memiliki mobil tentu sangat membingungkan bukan? Anda tidak tahu cara untuk merawat mobil baik untuk bagian interior, mesin atau eksteriornya. Sementara kelebihan membeli mobil baru adalah bonus perawatan dari dealer tempat pembelian mobil. Tapi untuk bagian ban mobil tentunya Anda juga harus merawat sendiri.

Ban mobil sering diremehkan karena kecuali tidak kempes maka biasanya orang tidak akan memperhatikan. Baru setelah dikendarai dan ban mobil kempes maka akan bingung mencari tempat tambal ban mobil. Daripada mengalami hal itu, maka lakukan saja cara merawat ban mobil baru agar awet seperti dibawah ini.

  1. Jangan ganti ban dulu

Biasanya banyak orang yang memiliki mobil baru dan terburu-buru untuk mengganti ban mobil. Kebiasaan ini sangat buruk karena pada dasarnya mobil baru sudah dibekali dengan ban yang berukuran standar. Modifikasi ban pada mobil baru sering menyebabkan masalah untuk performa mobil ketika dikendari. Terlebih jika Anda juga merubah dan mengganti ukuran velg yang tidak standar. Jadi cara yang pertama adalah cobalah untuk menggunakan ban mobil bawaan yang paling standar. Rasakan dan uji coba dulu ban mobil Anda untuk menghadapi beberapa medan jalan yang berbeda.

  1. Tukar ban pada jarak tertentu

Karena mobil Anda masih baru maka biasanya jarak penggunaan mobil juga masih belum terlalu jauh. Tapi jika Anda memang selalu beraktifitas dengan mobil tentunya jarak tempuh mobil bisa bertambah dengan cepat. Karena itu Anda harus mengganti ban atau tukar ban dengan bagian yang lain. Jarak ideal untuk tukar ban adalah sekitar 7000 sampai 8000 Km. Tehnik ini sangat baik untuk mobil baru karena ban akan menjadi lebih awet dan tidak mudah halus pada salah satu bagian ban mobil saja. Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa mengganti ban maka cukup ke tukang ganti ban saja.

  1. Perhatikan tekanan angin ban

Sebagai pemilik mobil baru maka jangan asal langsung tancap gas saja. Ketika Anda ingin bepergian maka pastikan bahwa Anda memeriksa tekanan angin. Tekanan angin ban harus sesuai sehingga ketika dikendari mobil bisa menjadi lebih nyaman dan sangat aman. Cara ini juga bisa mencegah ban agar tidak mudah rusak sehingga bisa digunakan untuk waktu yang lama. Ketika tekanan angin sangat rendah maka ban tidak nyaman dan terlihat kempes. Kemudian ini juga bisa merusak velg dan ban itu sendiri. Jadi cobalah untuk meluangkan waktu memeriksa tekanan angin ban ketika akan bepergian dengan mobil baru Anda.

  1. Jangan terjang lubang dalam

Saat berkendara maka Anda juga harus memperhatikan kondisi jalan. Banyak orang yang menggunakan mobil tinggi seperti model SUV untuk menerjang jalan berlubang yang dalam. Kebiasaan ini tidak baik untuk ban karena bisa merusak ban dan velg ban. Ketika Anda melewati daerah jalan dengan lubang yang dalam dan banyak maka lebih baik untuk mengendarai dengan pelan. Perhatikan rem mobil Anda dan kendarai mobil dengan kecepatan yang rendah. Ini juga sangat baik untuk membantu agar mesin mobil terhindar dari beberapa kerusakan akibat terbentur permukaan jalan yang tidak rata.

  1. Jangan lupa jadwal spooring dan balancing

Apakah Anda sudah pernah melakukan spooring dan balancing ban mobil. Umumnya ban mobil baru memang tidak membutuhkan perawatan ini. Namun ketika Anda sudah mengendarai mobil dengan jarak lebih dari 10 ribu Km maka lebih baik untuk melakukan perawatan ini. Pastikan Anda juga melakukan perawatan ini di tempat yang tepat. Manfaat spooring dan balancing adalah untuk membantu agar posisi ban tetap standar dan ketika dikendarai maka arah ban akan stabil sehingga memang sangat aman untuk pengguna.

  1. Lihat waktu ganti ban

Meskipun ban mobil baru memang sangat standar dan umumnya tidak perlu diganti dalam waktu yang cepat tapi Anda juga harus memperhatikan kapan waktu untuk mengganti ban mobil. Anda bisa melihat tanda pada bagian ban kemudian tahu kapan harus ganti ban. Ketika pemakaian ban sudah melebihi dari waktu yang ditetapkan maka bisa membahayakan diri Anda. Ban bisa saja rusak saat digunakan dan memicu terjadinya kecelakaan. Jadi pastikan bahwa Anda sudah melihat batas waktu pemakaian ban.

  1. Periksa tutup pentil ban

Terkadang saat digunakan tutup pentil ban bisa lepas atau loncat. Dan jika Anda tidak sering memeriksanya maka tidak tahu apakah ban masih aman atau tidak. Jadi pastikan bahwa Anda selalu memeriksa tutup pentil ban. Ban yang tidak memiliki tutup pentil maka biasanya udara dalam ban akan bocor dan cepat habis. Akibatnya ban cepat kempes dan bisa rusak. Ini juga bisa menyebabkan resiko kecelakaan terutama ketika ban dalam kondisi yang berbahaya dan tidak diperhatikan saat dikendarai.

  1. Lihat kapasitas mobil Anda

Jika Anda perhatikan maka setiap mobil memang sudah memiliki kapasitas angkut yang berbeda-beda. Semua itu sangat tergantung dengan jenis mobil yang Anda miliki. Jika mobil digunakan melebihi batas kapasitas maka ban mobil akan cepat rusak. Tidak hanya itu saja karena bagian shockbreaker juga cepat aus. Hal ini terjadi karena ban mendapatkan tekanan yang sangat tinggi sehingga gesekan dengan jalan juga akan lebih berat. Bahkan ini bisa menyebabkan kecelakaan ketika beban yang berat menyebabkan mobil sulit berjalan dengan seimbang dan akhirnya bisa oling atau keluar dari jalur jalan.

Ternyata inilah semua cara untuk merawat ban mobil baru. Pastikan Anda melakukan semua tips ini dan jika ingin merawat lebih baik lagi maka bisa melibatkan salon mobil yang memang sudah berpengalaman.

love
Senang
50%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%