Trik Menyenangkan Belajar Sejarah Agar Lebih Bermakna

0
4702
Halojasa Trik menyenangkan belajar sejarah

Trik menyenangkan belajar sejarah – Pengetahuan sejarah sama-sama pentingnya dengan pengetahuan sejarah karena keduanya bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sayangnya, beberapa orang menganggap bahwa belajar sejarah cenderung membosankan dan monoton. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Salah satu faktor yang membuat belajar sejarah membosankan ialah materi yang diberikan hanya itu-itu saja dan diberikan dengan cara yang sama. Karena itu, diperlukan trik-trik khusus agar proses belajar sejarah menjadi aktifitas yang menyenangkan sehingga materi tersebut terserap dengan baik dan lebih bermakna. Setiap orang pastinya juga memiliki trik sendiri dalam mempelajari materi sejarah. Namun, apakah trik yang Anda lakukan sudah tepat dan materi yang Anda pelajari terserap dengan baik? Berikut adalah beberapa trik yang menyenangkan dalam belajar sejarah agar nantinya lebih bermakna.

  1. Belajar Dari Film Sejarah

Salah satu trik terbaik yang bisa Anda lakukan bila ingin belajar sejarah ialah dengan menonton film sejarah. Salah satu konsep yang harus dipahami sebelum belajar sejarah ialah bahwa belajar sejarah tidak hanya tentang menghafal tanggal-tanggal bersejarah, nama pahlawan dan cerita bersejarah. Dengan menonton film bersejarah, kitaakan lebih memahami materi sejarah bahkan cerita sejarah. Film sendiri bisa disebut sebagai penggambaran dari sebuah peristiwa. Begitu pula beragam film yang menyajikan kisah masa lalu. Meski beberapa film terdapat unsur fiksi yang sengaja ditambahkan akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena tim pembuat film pastinya memiliki riset yang bisa dipertanggung jawabkan mengenai peristiwa sejarah yang ditampilkan dalam film tersebut. Beberapa film yang mengandung unsur sejarah diantaranya Dunkirk, Schindler’s List, 300 Troy, 12 Years A Slave hingga Hotel Rwanda. Selain sejumlah film tersebut di tanah air juga banyak film sejarah yang bisa ditonton. Belajar sejarah dengan cara menonton film sejarah adalah salah satu yang tepat dilakukan para pembelajar masa kini. Bila belajar dengan hanya membaca buku terasa membosankan, barangkali menonton film sejarah bisa menjadi cara alternatif yang bisa Anda lakukan.

  1. Belajar Dari Buku Autobiografi

Salah satu trik lain belajar sejarah ialah dengan membaca autobiografi. Belajar autobiografi ternyata sangat menguntungkan. Meski pada umumnya membaca adalah aktifitas yang menurut beberapa orang membosankan. Namun, perlu Anda ketahui minat baca di tanah air sebenarnya tidak terlalu rendah lho. Banyak anak muda yang tergerak menyebar luaskan kebiasaan membaca kepada anak-anak. Karena itu, Anda tidak perlu ragu untuk sering-sering membaca. Salah satu rekomendasi buku yang sebaiknya Anda baca agar lebih mudah belajar sejarah ialah buku autobiografi. Beberapa buku autobiografi yang bisa Anda baca diantaranya Mahatma Gandhi, Maya Angelou, Che Geuvara, Soekarno hingga Chairil Anwar. Salah satu manfaat membaca buku autobiografi ialah kita bisa belajar sejarah kehidupan dari para tokoh-tokoh yang ada di dalam buku tersebut. Bahkan kita bisa memahami pengalaman-pengalaman pribadi tokoh yang ada di dalam buku. Bila kita menyukai kisah perjalanan hidup tokoh dalam buku, maka materi yang ada di dalamnya akan mudah kita serap sehingga kelak materi sejarah tersebut lebih bermakna. Keuntungan lainnya ialah belajar sejarah dengan membaca buku autobiografi ialah meningkatkan semangat kita dalam menjalani kehidupan. Beberapa pengalaman tokoh berangkali bisa menstimulasi diri kita untuk bangkit dan semangat dalam menjalani banyak hal. Apalagi bila tokoh tersebut adalah tokoh favorit Anda dan menginspirasi banyak orang. Belajar dari autobiografi tokoh bersejarah juga membuat kita lebih mudah dalam mengambil langkah saat mengalami permasalahan lho. Jadi, masih malas membaca buku autobiografi?

  1. Belajar Dengan Mengunjungi Spot Bersejarah

Selain menonton film dan membaca buku autobiografi, trik lain yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengunjungi spot atau tempat bersejarah. Trik ini menjadi salah satu cara yang paling tepat bagi mereka yang memiliki hobi jalan-jalan. Jangan biarkan hobi jalan-jalan Anda terbuang sia-sia. Anda bisa menjadikan tempat-tempat bersejarah sebagai tujuan utama selain tempat wisata alam. Tempat wisata alam maupun tempat wisata bersejarah sama-sama memberikan keuntungan bagi setiap orang. Terlebih Indonesia memiliki berbagai macam tempat bersejarah yang unik, menenangkan dan bersejarah. Pergi ke tempat wisata alam membuat pikiran lebih segar sementara itu berkunjung ke tempat bersejarah dapat membuat wawasan kita menjadi lebih luas. Anda tidak perlu jauh dalam mengunjungi tempat bersejarah. Kunjungilah beberapa spot bersejarah yang ada di kota Anda. Setiap kota pastinya memiliki sejarah dan cerita yang  berbeda. Mengunjung museum juga bisa menjadi cara yang efektif agar wawasan dan pengetahuan sejarah Anda makin luas. Di Indonesia terdapat beragam museum yang bisa kita kunjungi. Perhatikan informasi-informasi yang terdapat di dalam museum. Bila perlu potretlah penjelasan yang Anda baca di museum atau tempat bersejarah lainnya. Hal ini akan memudahkan Anda memahami kembali setiap informasi yang ada di museum. Selain museum, spot bersejarah seperti peninggalan zaman dulu bisa menjadi spot yang bisa Anda kunjungi dalam rangka belajar pengetahuan sejarah. Misalnya saja berkunjung ke kawasan bersejarah candi Borobudur atau candi-candi lainnya. Saat berkunjung ke setiap tempat bersejarah, galilah informasi sebanyak-banyaknya sehingga wawasan informasi Anda tidak sebatas letak dan kapan didirikannya candi tersebut.

Nah, itulah beberapa trik menyenangkan belajar sejarah. Banyak manfaat mempelajari pengetahuan sejarah salah satunya kita menjadi lebih menghargai peninggalan sejarah dan menghargai para pejuang. Lebih dari itu, peran guru sejarah menjadi poin penting dalam kehidupan sejarah. Selain membantu para pembelajar dalam mempelajari materi sejarah, belajar bersama guru sejarah yang tepat ternyata menyenangkan lho. Hal ini mengingat umumnya guru sejarah memiliki pengetahuan sejarah yang sangat luas.

Baca juga: Tehnik Belajar Matematika Dasar Paling Populer

Facebook Comments
love
Senang
36%
haha
Terinspirasi
9%
wow
Netral
18%
sad
Sedih
18%
angry
Marah
18%