Kenali 7 Titik Saraf Kaki Serta Manfaat Pijatannya untuk Tubuh

0
38
titik saraf kaki

Saat kram dan kesemutan datang, secara naluriah kita langsung memijat bagian kaki tersebut untuk meredakan rasa yang kurang nyaman. Tetapi, apakah Anda tahu bahwa melakukan refleksi tepat di titik saraf kaki memiliki banyak manfaat? Bukan hanya meredakan pegal linu namun memberikan efek penyembuhan lainnya. 

Anda bisa menikmati pijatan kaki di tempat pijat yang menawarkan akupresur ataupun full body massage. Untuk mendapatkan sentuhan intens bisa dipastikan terlebih dulu dengan terapis agar mendapatkan perawatan mendalam pada kaki saja. Nah untuk memahami saraf titik refleksi kaki dan manfaatnya, simak artikel berikut ini!

saraf titik refleksi kaki

Apa Itu Refleksi Kaki? 

Refleksi kaki merupakan pengobatan tradisional yang berasal dari Cina. Dipercaya  dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh melalui pijatan di beberapa titik refleksi saraf kaki. Reflexology memerlukan terapis yang sangat paham tentang refleksi agar dapat memaksimalkan manfaatnya. 

Dilansir dari laman Webmd, pijat refleksi mampu memberikan pengaruh terhadap bagian tubuh atau organ dengan memberikan rangsangan pada sistem saraf. Kemudian melalui stimulus ini dikirim ke saraf pusat. Alhasil tubuh akan lebih rileks. Serta dapat membantu memperlancar aliran darah, meningkatkan imunitas tubuh, dan saluran pernapasan. 

Menurut pengobatan kuno, titik refleksi dapat mewakili kondisi anggota tubuh maupun organ tertentu. Misalnya, pada bagian ujung jempol kaki sebagai penghubung pada kepala dan bagian jempol tengah kaki turut diposisikan sebagai organ pencernaan.

Fungsi Refleksi di Titik Saraf Kaki 

Pijatan pada kaki memiliki tujuan untuk menimbulkan respons positif tubuh, sehingga bisa meningkatkan proses penyembuhan serta mendukung kesehatan. Meskipun terlihat mudah, aktivitas ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Agar mendapatkan hasil yang optimal Anda perlu penanganan terapis berpengalaman. Dibawah ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dari reflexology: 

1. Menghilangkan Pegal-pegal di Kaki 

Tubuh memiliki ribuan saraf yang terletak pada telapak kaki dan saling terhubung ke sistem saraf pusat. Melakukan pijat refleksi di area tersebut bisa membantu memperbaiki fungsi dan keseimbangan sistem dalam tubuh. Alhasil, tubuh jadi lebih rileks, sehingga pegal dan nyeri di kaki dapat hilang. 

Pada studi Iranian Red Crescent Medical Journal menyatakan, refleksologi merupakan teknik kuno yang ringan dan menenangkan yang sudah dipraktekan secara luas sebagai metode menghilangkan rasa sakit. 

2. Melancarkan Aliran Darah 

Beberapa gerakan pijat di titik saraf refleksi kaki dapat membuka simpul yang ada di pembuluh darah, sehingga vena dan nadi dapat bekerja lebih optimal saat mengalirkan darah. Aliran darah berfungsi membawa oksigen dan nutrisi berbagai sel-sel serta mampu membersihkan toksin dalam tubuh.  

Namun, sirkulasi darah bisa terhambat oleh beberapa faktor termasuk karena stres. Melalui refleksi, tubuh akan memberikan tempat bagi otot-otot agar bisa mendistribusikan nutrisi pentingnya ke anggota badan secara menyeluruh.

3. Mengatasi Insomnia 

Sulit tidur menjadi hal yang sangat merepotkan bahkan memicu timbulnya berbagai penyakit lain. Dengan memperlancar aliran chi dalam tubuh masalah seperti ketegangan otot, mengurangi kecemasan, serta dapat mengurangi nyeri akan membuat tubuh menjadi rileks. Hal inilah yang bisa meningkatkan hormon melatonin meningkat sehingga Anda mudah merasa kantuk selepas pijat. 

4. Atasi Nyeri Punggung

Refleksi kaki juga bermanfaat mengatasi nyeri punggung, caranya dengan menekan titik lengkung dari telapak kaki menggunakan ibu jari dan digerakkan keatas kebawah. Anda juga bisa menekan-nekan area mata kaki untuk meredakan nyeri punggung pada bagian bawah. 

Umumnya, refleksi kaki tergolong aman. Namun, hal yang perlu Anda ingat, refleksi kaki tidak dapat menggantikan pengobatan secara medis. Selain itu, jangan lakukan pijat refleksi apabila memiliki masalah asam urat, gangguan pembekuan darah, dan peredaran darah.

5. Meredakan Sakit Kepala

Jika Anda sedang mengalami sakit kepala, melakukan pijat di titik saraf kaki antara jari kelingking dan jari manis dapat memberikan stimulasi mengurangi migrain. Bagian ini sering juga disebut sebagai zona Zulinqi atau GB41. Berdasarkan penelitian, hampir 25% orang yang rutin pijat refleksi tidak merasakan lagi migrain.

Jenis-Jenis Saraf Titik Refleksi Kaki 

titik refleksi telapak kaki

Pijat refleksi memang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, menurut pengobatan tradisional Tiongkok atau Traditional Chinese Medicine (TCM), titik-titik refleksi telapak kaki saling berhubungan dengan anggota tubuh yang berbeda-beda.  

Pijat refleksi memiliki banyak manfaat baik fisik maupun psikologis. Melalui pijatan di zona kaki inilah yang membuat penyembuhan semakin bisa dirasakan. Berikut titik-titik refleksi kak: 

1. Pangkal Jempol Kaki 

Lokasi titik refleksi saraf kaki pertama yakni pangkal jempol yang lokasinya berada di sekitar pangkal ibu jari. Refleksi tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah. Maka dari itu, Anda bisa menekan bagian tersebut dengan tenaga yang cukup kuat selama 15 detik, selanjutnya dilepaskan kurang lebih selama 5 detik. 

Ulangilah gerakannya selama 2 menit untuk mendapatkan hasilnya secara optimal. Selain itu, refleksi di pangkal jempol kaki berguna dalam meredakan rasa nyeri pada gusi, rahang, dan juga gigi. 

2. Ujung Jempol Kaki 

Kemudian saraf yang dipercaya dapat mengurangi kecemasan, stres, serta pusing yang diakibatkan tekanan berlebihan letaknya ada di ujung jempol kaki. Bagian anggota tubuh ini berhubungan langsung dengan kelenjar yang ada di otak, seperti kelenjar pineal, pituitari, hipotalamus, serta tiroid. Manfaat lain dari refleksi tersebut adalah menyeimbangkan hormon tubuh. 

3. Tumit Kaki 

Lokasi pemijatan di tumit kaki merupakan metode refleksi yang digunakan untuk meredakan rasa nyeri dan pegal-pegal pada bagian betis. Lakukan gerakan menekan secara lembut menggunakan ibu jari secara berulang untuk bisa mendapatkan manfaatnya. Hal ini juga dapat meningkatkan relaksasi pada tubuh. 

4. Antara Jempol dan Jari Telunjuk 

Titik saraf kaki diantara jempol dan jari telunjuk kaki merupakan bagian yang menghubungkan langsung dengan area wajah dan kepala. Teknik refleksi ini dapat meringankan rasa nyeri sekitar dagu, wajah, dan sinus. Kemudian manfaat di bagian kepala bisa meredakan gejala cemas, stres, hingga insomnia. 

5. Antara Jari Manis dan Jari Kelingking

Sebagian jari di kaki memiliki saraf titik refleksinya termasuk dengan pijatan diantara jari manis dan jari kelingking. Dengan menekan area ini Anda dapat mengatasi nyeri kepala seperti migrain atau pusing mendadak. Anda bisa melakukannya dengan memijat area antara jari manis dan jari kelingking, kemudian tarik area tersebut  ke belakang dengan jarak sekitar 2 ruas jari.

6. Pergelangan Kaki Belakang 

Titik saraf kaki refleksi pada area pergelangan kaki belakang dapat membantu mengurangi tekanan di bagian tendon achilles. Perlu Anda tahu, bahwa Tendon achilles merupakan tendon atau urat yang terhubung langsung dengan otot-otot betis dengan tumit. 

7. Telapak Kaki

Area titik refleksi telapak kaki bagian tengah terhubung dengan organ yang ada di dalam pencernaan, seperti pankreas, usus halus, lambung, dan hati. Saat saraf titik refleksi ini ditekan, aliran darah yang membawa nutrisi serta oksigen ke pencernaan akan meningkat, sehingga bisa meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

Penutup

Apakah Anda termasuk orang yang sudah menerapkan refleksi di titik saraf kaki dengan tepat? Memijat pangkalan sekitar kaki dapat memberikan efek yang berbeda-beda lho. Namun harus dengan pengetahuan yang tepat agar bisa mendapatkan hasil yang optimal. Untuk lebih mudahnya Anda bisa menggunakan jasa tukang urut berpengalaman.

Terapis Halojasa terbukti dapat membantu mengatasi berbagai masalah dalam tubuh secara tradisional seperti refleksi, massage, dan spa. Dengan kemampuan terapis profesional selama bertahun-tahun reflexology bukan lagi hal yang baru. Anda bisa mempercayakan keluhan Anda ke Halo Massage saja melalui aplikasi yang dapat di unduh pada Playstore atau Appstore

Pemesanan pijat yang mudah serta bebas antrian membantu Anda menikmati relaksasi tanpa mengganggu kesibukan Anda karena kini Halojasa dapat dipesan kemanapun selama 24 jam. Fitur aplikasinya juga memfasilitasi seperti pemilihan terapis sendiri baik pria dan wanita sampai kolom konsultasi bersama terapis pilihan Anda. 

Sebagai penyedia massage lebih dari 5 tahun, Halo Massage sudah menjangkau seluruh kota di Indonesia. Agar terus mendapatkan informasi terbarunya Anda bisa kunjungi media sosial yang tertera berikut ini, IG Official, IG Halo Massage, X, Youtube, dan Tiktok.