Tips Memperbaiki Mesin Cuci yang Tidak Mau Berputar

1
108696
Mesin Cuci yang Tidak Mau berputar

Mesin cuci yang rusak bisa terjadi pada siapa saja. Namun, tidak semua kerusakan mesin cuci tergolong parah. Sebagian kerusakan sederhana masih bisa dilihat dan dicoba diperbaiki sendiri, seperti Mesin Cuci yang Tidak Mau berputar. Kerusakan ini masih tergolong sederhana, dan Anda mungkin masih bisa mengatasinya. Bagaimana caranya?

Mesin cuci pakaian yang tidak bisa berputar adalah satu masalah yang cukup sering dijumpai pada saat Anda mencoba mencuci menggunakan mesin cuci. Masalah ini cukup sering juga muncul, baik itu pada mesin cuci 1 tabung maupun terjadi pada mesin cuci 2 tabung.

Sebenarnya ada banyak penyebab masalah mengapa mesin cuci yang sedang Anda miliki saat ini di rumah tidak bisa berputar. Ataupun jika berputar, putarannya terasa lemah. Salah satu alasan yang sering terjadi pada mesin cuci yang tak berputar adalah beban load mesin cuci terlalu besar atau melebihi kapasitas maksimum yang mampu dihandle oleh mesin cuci.

Apabila mesin cuci tidak mau berputar karena disebabkan hal ini, maka matikan dulu mesin cuci Anda, buka cover mesin cuci, dan segera kurangi pakaian dari dalam tabung.

Namun jika Anda sudah berupaya mengurangi jumlah muatan pakaian yang sedang hendak Anda cuci, tetapi ternyata mesin cuci kepunyaan Anda tetap tidak bisa atau susah berputar, maka dapat dibilang sedang ada masalah serius yang sedang terjadi pada mesin cuci Anda.

Masalah mesin cuci tidak bisa berputar dapat terjadi karena berbagai hal. Nah, sebagai berikut akan diterangkan apa saja penyebab dan teknik memperbaiki mesin cuci yang tidak dapat berputar atau putarannya lemah:

1. Karet vanbelt yang sudah usang dan longgar

Salah satu penyebab mesin cuci tidak dapat berputar atau putaran dari mesin cuci lemah tidak jarang disebabkan oleh karet vanbelt yang ternyata sudah usang ataupun sudah longgar. Anda dapat periksa langsung karet vanbelt pada bagian mesin, andaikata memang longgar maka lakukanlah penyetelan ulang dengan cara menggeser dinamo.

Namun andaikata vanbelt telah terlalu longgar upayakan untuk meng ganti saja dengan yang baru. Anda bisa memiliki vanbelt ini dengan harga yang lumayan terjangkau.

Namun wajib Anda ingat, tidak boleh terlalu menyetel vanbelt terlampau kencang. Hal ini disebabkan karena vanbelt yang terlampau kencang dapat merusak gearbox.

2. Timer yang sudah rusak

Penyebab mesin cuci tidak dapat berputar yang lainnya ialah timer atau sistem pengaturan waktu pada mesin cuci Anda sudah rusak. Biasanya timer mesin cuci bila rusak, tandanya adalah mesin cuci tidak berputar atau hanya berputar ke satu arah saja.

Kerusakan pada timer ini dapat disebabkan oleh putusnya kabel. Oleh karena itu, andai mesin cuci tidak berputar atau melulu berputar satu arah saja, periksa switch selector pada mesin tersebut, untuk mengetahui apakah ada kabel yang putus atau tidak.

3. As macet

Mesin cuci yang tidak dapat berputar juga dapat disebabkan oleh as yang macet. As dapat dikatakan juga sebagai salah satu komponen yang paling penting di mesin cuci Anda. Biasanya, mesin cuci yang tidak berputar diakibatkan oleh kerusakan pada dinamo. Kerusakan ringan yang sering dialami pada mesin dinamo adalah kotor atau tersumbat.

Jika permasalahan ini terjadi, maka sebaiknya segera bersihkan dinamo. Namun andai sudah disingkirkan debunya tetapi tetap tidak berputar, barangkali terdapat kapasitor yang putus dan perlu disambung. Mesin cuci tidak bisa berputar bisa disebabkan oleh berbagai hal. Anda perlu mengenali penyebab dan teknik memperbaikinya. Dengan demikian, andai terjadi masalah sederhana pada mesin cuci masih bisa Anda tangani sendiri tanpa perlu mengundang teknisi mesin cuci.

Selain mesin yang tidak bisa berputar, masalah lain yang sering terjadi pada mesin cuci juga oleh saluran air yang tidak mampu keluar. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya periksalah selang pembuangannya,  barangkali saja terdapat kotoran yang menyumbat.

Agar tetap tahan lama dan maksimal masa gunanya, pastikan semua perlengkapan rumah tangga yang ada di rumah Anda memiliki perawatan yang baik. Tak terkecuali mesin cuci. Apakah dibutuhkan keahlian tertentu untuk melakukan perawatan pada mesin cuci? Tidak selalu.

Perawatan harian dapat Ibu kerjakan sendiri. Caranya juga tidak sulit.

1. Bersihkan laci atau lokasi memasukkan deterjen pada mesin cuci. Termasuk slot untuk menuangkan pelembut atau pemutih. Bila diperlukan, lepas slot deterjen Anda dan bersihkan sendiri dengan memakai sikat gigi bekas. Tempat-tempat ini berpotensi sebagai lokasi berkembangbiaknya bakteri dan jamur, maka pembersihan adalah hal yang wajib.

2. Tempat lainnya yang menjadi lokasi bakteri berkumpul dan berkembang biak dengan leluasa ialah filter atau saringan kotoran. Kosongkan secara rutin dan buang kotoran yang terkumpul di dalamnya.

3. Bersihkan tabung mesin cuci. Penampilan tabung yang terlihat bersih bisa mengecoh, sebab kotoran dan bakteri dapat terselip di celah-celah kecil pada tabung mesin Anda. Cara terampuh untuk mencuci tabung mesin cuci ialah dengan menyalakan mesin cuci dan memutarnya, namun tanpa terdapat cucian apapun di dalam tangki pengisian pakaian. Air panas yang mengalir dan menyemprot akan efektif membersihkan tabung mesin cuci.

4. Untuk menangkal bau tak sedap pada mesin cuci Anda, sebaiknya biarkan pintu mesin cuci terbuka sedikit saja, sehingga udara bisa bersirkulasi di dalam tabung. Cara ini pun efektif membantu menangkal pertumbuhan bakteri.

5. Gunakan deterjen yang berkualitas baik. Sisa dari deterjen atau pelembut kualitas rendah dapat menjadi sumber jamur, dan juga menyebabkan bau tak sedap pada mesin cuci.

Nah, demikian tadi beberapa tips yang dapat kami berikan perihal mesin cuci yang tidak bisa ataupun terasa berat saat berputar. Semoga bermanfaat untuk Anda. Namun apabila kerusakan mesin cuci ini tidak sanggup Anda perbaiki sendiri, mungkin sudah waktunya Anda menghubungi layanan service mesin cuci.

love
Senang
28%
haha
Terinspirasi
49%
wow
Netral
10%
sad
Sedih
5%
angry
Marah
6%