Tips Catering Agar Tamu Makin Puas

0
1597
Halojasa Tips Catering Agar Tamu Makin Puas

Tips catering agar tamu makin puas – Memilih berbagi kebahagiaan merupakan hal wajib yang bisa dilakukan.  Cara berbagi kebahagiaan salah satunya ketika tengah melangsungkan pernikahan. Resepsi pernikahan merukahan hal yang bisa membawa banyak kebahagiaan, bukan hanya kedua mempelai tetapi juga keluarga besar dan para tamu undangan. Resepsi juga menjadi ajang berkumpulnya para keluarga, kerabat dan sahabat untuk memberikan doa dan harapan bagi kedua mempelai.

Merencanakan dan mempersiapkan segala kebutuhan pernikahan dengan sangat matang memang perlu. Anda tentunya harus menyiapkan konsep, tempat, acara hingga makanan yang akan disajikan untuk para tamu undangan. Berbagai cara persiapan tersebut merupakan upaya supaya nanti banyak tamu undangan yang hadir dan merasakan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan. Sementara itu, makanan adalah elemen penting yang harus disiapkan sebaik mungkin agar banyak tamu merasa puas.

Jamuan makan untuk tamu undangan bisa disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Tak perlu beragam makanan mewan tetapi tidak sesuai dengan selera lidah masyarakat Indonesia. Tetapi jangan juga menjamu tamu dengan menu yang sangat sederhana. Makanan yang pas disajikan saat pesta pernikahan tak mesti harus mahal dan mewan melainkan memiliki citara baik, menjaga kebersihan, dan pastinya sesuai dengan selera para tamu. Berikut ini disajikan cara memuaskan para tamu undangan pada resepsi pernikahan ala catering baker;

  1. Tentukan Konsep Penyajian Makanan Yang Akan Dipilih

Memiliki konsep penyajian makanan adalah kebutuhan dasar yang harus disediakan untuk para tamu undangan. Anda bisa berfikir apa saja konsep makanan yang akan disajikan, entah apakah itu berupa piring terbang, prasmanan, atau gubukan. Pemilihan konsep penyajian makanan juga bisa disesuaikan dengan jumlah tamu undangan, tema dan biaya.

Contoh sederhana adalah ketika Anda ingin membuat pesta pernikahan dengan sesuai yang sederhana, fleksibel dan standing party bisa pilih model prasmanan yang membuat tamu undangan lebih bisa leluasa memilih menu makanan. Atau Anda bisa juga pilih model gubukan atau angkringan. Namun perlu diperhatikan apabila Anda menggunakan model angkringan tentu membutuhkan dana cukup besar karena model ini umumnya berkonsep mewah dan harus menyediakan tempat khusus untuk menikmati hidangan.

Berbeda dengan tema prasmanan, dimana tamu undangan bisa leluasa menikmati sajian dengan berdiri ataupun duduk di meja tamu. Bukan hanya itu, konsep ini dinilai lebih simple dan praktis juga lebih efisiensi waktu. Meskipun konsep prasmanan tak butuh banyak pilihan menu bagi para tamu, pastikan Anda memilihkan menu makanan terbaik.

  1. Sesuaikan Menu dan Tema Pernikahan

Hal tak kalah penting ketika menyajikan menu makanan adalah disesuaikan dengan tema pesta pernikahan.  Jangan sampai nanti Anda menyiapkan tema pernikahan bertajuk western tetapi menu yang disajikan berupa makanan tradisional jawa, pasti hal tersebut terlihat aneh bukan. Demi kepuasan para tamu, menu makanan bisa disajikan berupa barbeque atau aneka seafood. Soal rasa, Anda bisa membahas bersama ahli catering baker. Pastikan juga rasa makanan harus disesuaikan dengan selera para tamu undangan. Bila memutuskan mengkonsep tema pernikahan ala barat, citarasa makanan bisa disesuaikan dengan lidah orang Indonesa, baik itu rasa pedasnya ataupun asin yang pas. Kenali juga kerabat atau teman mana yang akan Anda undang. Intinya, jangan sampai ada tamu undangan yang tidak bisa mencicipin selezat apapu menu yang disajikan karena semua serba pedas sementara tamu undangan tidak menyukainya.

  1. Sajikan Menu Utama Yang Umum

Pemilihan menu makanan di pesta pernikahan sebenarnya bukan hal yang mudah dan sederhana. Sebab banyak tamu undangan yang akan dijamu sehingga penting mengetahui selera kesukaan mereka. Cara paling aman adalah dengan memilihkan menu yang sudah biasa disajikan di pesta pernikaan. Anda bisa mencari refrensi dengan mencari banyak pengalaman pergi ke pesta pernikahan teman atau kerabat. Contohnya memilih menu sate gule yang paling laris diserbu masyarakat jawa timur. Bisa juga menyiapkan menu sup lidah, soto, bakso atau makanan khas dan unik yang paling umum. Jangan sampai tamu undangan tidak mau mengambil makanan hanya karena terlihat baru dan aneh. Meskipun rasanya enak belum tentu sesuai selera tamu.

  1. Seimbangkan Menu Makanan

Tambahkan juga menu untuk menyeimbangkan menu yang lainnya. Misal menu untuk makanan pembuka dan penutup. Makanan pembuka bisa berupa makanan yang sederhana dan ringan seperti steak atau bakso. Kemudian dilanjutkan dengan menu makanan utama berupan nasi dan lauk. Terakhir, biar lebih memuaskan tamu undangan bisa tambahkan dengan menu penutup berupa salad atau buah-buahan segar. Misa juga berupa kue atau camilan ringan. Jika sudah, jangan sampai tamu undangan merasa kehausan. Anda dapat menyediakan dua minuman missal air putih dengan es buah. Ingin variasi lain, coba kolak atau es krim yang lembut dilidah. Untuk menyediakan menu seimbang pastikan Anda menyediakan cukup waktu untuk merencanakan mana menu pembuka dan penutup yang akan disajikan.

  1. Hindari Menu Makanan Yang Ribet Di Makan

Anda dapat memilihkan banyak menu makanan namun bukan menu makanan yang ribet ketika dimakan. Misalnya, jangan memberikan menu ikan yang utuh ketika disajikan karena proses makannya yang susah dan lama. Terlebih jika konsep pestanya standing party, menu makanan yang ribet tidak direkomendaskan. Jika And aingin memilih menu dengan ikan, bisa gunakan fillet tanpa tulang atau irisan ikan sehingga mempermudah tamu memakannya.

Terakhir, lakukan test food disetiap menu makanan yang disajikan. Cara ini merupakan salah satu langkah terbaik dalam mencari refrensi jasa catering baker terbaik dan berkualitas. Selain kualitas makanan, harga juga mempengaruhi tema pernikahan. Untuk itu berhati-hati dalam memilih jasa catering memang sangat membantu. Itulah sedikit tips memilih menu makanan untuk pesta pernikahan. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Tips Memilih Catering Murah Berkualitas

love
Senang
100%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%