Cara Bangun Iklan Lewat Jingle Agar Lebih Profesional

0
1660
Halojasa Cara Bangun Iklan Lewat Jingle

Cara Bangun Iklan Lewat Jingle – Jingle biasanya sering dipakai didalam bidang pekerjaan yang berurusan dengan radio, televisi, supermarket atau tempat komersial lainnya. Yah, jingle bisa berarti pesan yang disampaikan secara singkat, padat serta memikat. Jingle merupakan bagian dari periklanan yang penting sebab dapat membantu meningkatkan nama produk suapay lebih banyak dikenal orang. Jingle tidak harus berdurasi lama, maksimal 2 menit saja untuk dikenali. Jingle juga sangat memperhatikan grafis yang menarik dan kata-kata singat padat dan jelas supaya dapat menarik perhatian calon pembeli atau pengguna jasa.

Dalam membuat jingle yang menarik tentu dibutuhkan para creator yang ahli di bidangnya. Anda yang memiliki bidang usaha dang berkeinginan memiliki iklan jingle untuk menambah daya tarik produk atau perusahaan maka dibutuhkan jasa musik production yang alhi dalam bidang pembuatan jingle iklan. Karena ada begitu banyak jenis jingle baik untuk produk, usaha atau event promosi maka cara membuatnya tidaklah mudah. Tentu jingle harus memiliki komposisi yang pas di bagian syair, melodi yang sederhana dan mudah diingat serta kalimat iklan yang tepat.

Ada bermacam jenis jingle, bisa untuk produk, perusahaan, maupun event promosional. Untuk proses pembuatannya berikut langkah yang harus dikuasi seorang creator jingle;

  • Menguasai Vocabulary atau Bahasa

Singkat kata, jingle adalah mengarang sebuah lagu berdurasi pendek dan bukan mengarang lagu seperti kebanyakan musisi. Durasi umum jingle maksimal hanya 2 menit bahkan ada yang hanya 30 detik saja. Karena jingle lebih mengarah kepada iklan maka tentu jika durasinya terlalu lama sangat tidak disukai oleh pembaca. Jadi supaya iklan jingle lebih pas, menarik dan tepa sasaran unsur pertama yang harus dikuasai ada paham tentang bahasa atau vocabulary terutama bahasa periklanan. Pemilihan vocab yang sederhana namun tidak pasaran juga jadi pertimbangan penting. Syair tidak lebih dari 2 baik serta hanya sekali refren. Perhatikan pula tema jingle dan lebih baik sesuaikan dengan tema. Bisa juga memasukkan bahasa puisi dengan rima yang baik atau pantun yang menghibur.

  • Melodi sederhana dan bisa diingat

Setelah rangkaian syair atau kalimat iklan telah dibuat saatnya membuat melodi lagu sebab merupakan bagian penting. Sama halnya dengan syair, melodi akan membantu daya tarik orang yang menontonnya. Usahakan untuk membuat nada yang pas serta mudah dinyanyiakn oleh siapa saja. Trik dari para creator salah satunya adalah memakai melodi melankah, maksudnya nada tidak harus melompat bari dari do ke si dan sebagainya. Akan tetapi melodi lagu yang dimaksud adalah peduli dengan orang yang medengarkannya. Dengan begitu jingle iklan akan mudah dikenali dan familiar.

  • Tes jingle

Syair dan nada lagu telah selesai dibuat, berikutnya coba lakukan tes sederhana dengan menyanyikan sendiri jinge. Proses tes ini bisa menggunakan bantuan instrument atau alat musik misalnya gitar atau instrument musik apa saja. Tes nada dan syair jingle dengan menyanyikan langsung ke orang lain apakah melodi sudah pas dan bagus untuk didengar. Alangkah baiknya jika menyanyikan melodi dihadapat teman yang memiliki pengalaman soal musik supaya mudah mendapat perbaikan dan saran.

  • Mulai buat aransemen

Mengaransemen adalah tahapan berikutnya sebelum jingle benar-benar layak dipublish ke publik. Untuk melakukan aransemen tentu membutuhkan kejelian, kepekaan, dan skill perasa yang bagus. Tentu saja dalam hal aransemen lagu, setiap orang memiliki kemampuan berbeda. Jika Anda hanya memiliki kemampuan pada penulis lagu, coba gunakan jasa orang lain untuk membantu mengaransemen. Aransemen lebih bagus jika menggunakan musik bernuansa segar, nyaman didengar, membuat orang bersemangat serta memiliki elemen musik yang sederhana. Missal memilih jinge dengan musik pop, sederhana dan mudah dinyanyikan. Aransemen bisa dihasilkan oleh alat musik atau dibantu dengan alat digital. Yang paling penting adalah krator aransemen harus pahan benar soal teknik ini.

  • Mulai merekam

Saatnya melakukan tahapan perekaman. Tahap ini sangat penting mengingat seluruh unsur pembuatan jingle belum sempurna jika belum ada perekaman. Tentu ketika proses ini dilakukan, Anda butuh penyanyi yang memiliki karakter suara yang baik sehingga indah ketika didengarkan. Sesuaikan jingle dengan jenis suara yang akan dinyanyikan. Jingle dapat dinyanyikan oleh penyanyi pria ataupun wanita, bahkan anak-anak.

  • Perhatikan kualitas audio

Saat proses perekaman, perhatikan selalu kualitas audio. Kualitas audio yang bisa dapat dilihat dari banyak cara seperti proses imput, proses editing, proses mixing, mastering dan proses lainnya. Setelah jingle selesai dibuat tentu nantinya akan didengar oleh banyak orang. Sehingga jika kualitas audionya sangat bagus maka hasil jingle yang didapat juga baik. Jingle akan tampak lebih profesional karena dibuat sesuai standar kualitas dan tidak asal saat proses pembuatan.

  • Gunakan jasa pembuat jingle profesional

Setelah semua pembahasan tentang bagaimana cara membuat produk jingle untuk iklan, tentu paling menariknya lagi adalah memilih jenis jingle yang sesuai dengan pasar produk. Jenis pasaran produk bisa berupa musik, tagline atau slogan dan kata-kata yang gampang dan mudah diingat namun tetap unik. Seperti yang sudah dijelaskan, jingle bisa berupa gambaran dari iklan yang direalisasikan dalam bentuk musik. Sehingga didalamnya hanya berupa makna atau pesan yang terkait dengan iklan atau produk yang dipromosikan.

Sayangnya masih banyak orang yang menganggap remeh akan manfaat jinge yang justru tanpa sadar jingle sangat berpengaruh pada minat oarng terhadap produk tersebut. Di samping itu masih sedikit orang yang memanfaatkan jingle untuk ajang promosi padahal itu sangat penting. Mengingat pentingnya jingle untuk sebuah produk iklan maka jasa music production adalah pilihan tepat untuk Anda.

love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%