Cara Menghilangkan Noda Aspal Pada Velg Mobil Aman Tanpa Efek Samping

0
1507
Halojasa Cara menghilangkan noda aspal pada velg mobil

Cara menghilangkan noda aspal pada velg mobil – Buruk tidaknya kualitas aspal secara tak langsung bisa mempengaruhi keadaan pada kendaraan termasuk mobil Anda. Noda aspal bisa saja menempel dan memberi dampak kurang baik pada bagian velg mobil. Setiap saat velg mobil selalu bersentuhan dengan bagian atas aspal dan jika aspal yang masih basah bisa menempel di velg dan akhirnya menyebabkan masalah jika tak segera dibersihkan.

Sementara itu, noda aspal pada velg tidak disarankan unuk menggosok terlalu keras sebab bisa menyebabkan kerusakan permanen sehingga mengurangi keindahan velg. Pemilik kendaraan disarankan untuk rajin mencuci dan menggunakan bahan remove khsus untuk mengankat nodanya. Dengan melakukan proses yang benar, maka bisa bantu mengangkat noda aspal tanpa harus merusak lapisan cat mobil.

Bukan hanya itu, pemilik mobil juga harus mengetahui langkah mencegah body kendaraan apabila mengalami pengelupasan secara tidak disengaja akibat dari penggunaan bahan pengangkat noda di velg. Anda bisa gunakan minyak tanah atau tar remove tetapi janga sekali-kali gunaka tiner atau cairan kimia yang dicampur. Untuk lebih membantu Anda tentang cara menghilangkan noda aspal pada velg mobil, berikut langkah-langkahnya.

Cara Menghilangkan Noda Aspal Pada Velg Mobil

Persiapan awal sebelum melakukan pengangkatan noda aspal di velg adalah dengan menyiapkan peralatan pembersih. Beberapa peralatan tersebut meliputi kain halus, kuas, tar remover atau bisa juga menggantinya dengan minyak tanah.

  1. Persiapan pembersihan dimulai dari membersihkan bintik-bintik halus atau noda aspal yang menempel di bagian velg atau body mobil. Bersihkan noda tersebut dengan menggunakan air. Selanjutnya keringkan velg dan body dengan mengelap bagian yang basah menggunakan kaih halus. Lap secara perlahan dan sahakan tidak menggosoknya agar tidak menggores bagian body.
  2. Ambil tar remove atau minyak tanah lalu oles pada bagian velg dan body mobil yang terkena noda aspal. Tar remove bisa membantu mengankat noda dan bisa Anda dapatkan dengan membelinya di toko atau diler kendaraan yang menjualnya.
  3. Setelah melapisi velg dan body mobil dengan tar remove, biarkan selama 5 menit supaya cairan bisa bekerja kuat. Tar remove yang sudah disemprotkan pada bagian body mobil akan membuat noda aspal yang sudah mongering menjadi lebih lunak sehingga mudah untuk dibersihkan.
  4. Setelah noda aspal dirasa lunak, maka ambil kain halus lalu usap noda aspa yang lunak tadi. Ulangi langkah sama pada perckan noda aspal yang terdapat beberapa sudut bagian body mobil sampai bersih.
  5. Terakhir, setelah dirasa semua noda aspal terangkat, maka cucilah kendaraan dengan sabun dan air hingga kinclon lalu keringkan menggunakan kain halus yang bersih.

Cara Merawat velg Mobil Agar Awet dan Tak Kusam

Setelah sukses membuat noda aspal yang menempel pada velg dan body mobil terangkat, maka saatnya Anda merawat komponen tersebut supaya tetap awet dan tidak kusam. Caranya sangat sederhana, dan berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Hanya gunakan cairan khusus saja

Saat mencuci bagian velg mobil usahakan tidak sembarangan dalam menggunakan cairan pembersih. Cairan khusus pembersih velg sudah banyak tersedia di toko dengan harga bervariasi. Tetapi jangan menggunakan detergen untuk membersihkan atau mencuci velg sebab dapat menyebabkan kusam paa velg mobil. Sisa sabun akibat kurang sempurna mencuci akan meninggalkan noda dan bekas sabun.

  1. Keringkan dengan kain halus

Setiap kali usai mencuci kendaraan usahakan untuk mengeringkan kembali dengan kain halus. Kain halus bisa Anda pilih yang memiliki daya serap tinggi terhadap air misalnya berbahan cotton atau kain khusus mobil. Jangan sampa ada sisa air yang menempel di velg sebab saat kering justru bisa menimbulkan bercak air. Ingatlah untuk menggunakan kain khusus untuk membersihkan velg dan jangan mencampurkan dengan kain untuk membersihkan komponen lainnya, termasuk bagian yang sering terpapar cairan atau minyak. Memisahkan kain khsus untuk velg akan menghindari goresan karena perpindahan kotoran.

  1. Gunakan sikat halus

Bagian velg memang merupakan bagian yang cukup rumit untuk dibersihkan. Hal itu karena velg memiliki banyak celah akibat adanya palang yang berbentuk jari-jari. Untuk membersihkan bagian tersebut, Anda membutuhkan sikat dengan bulu halus. Memilih sikat berbulu halus akan bantu menghindari goresan di velg yang membuat tampilannya kurang menarik. Selain itu, menyikat bagian velg yang sulit dijangkau oleh jari bisa mengangakat kotoran yang tersembunyi. Namun jika kotoran berupa caian seperti oli, lumpur atau aspal maka gunakan cairan khusus lalu lap dengan caik halus.

  1. Bersihkan kendaraan secara berkala

Sangat disayangkan jika Anda kurang rajin dalam membersihkan mobil selepas digunakan selama berhari-hari. Terlebih di musim hujan, kendaraan yang sering digunakan tentunya akan sering terkena cipratan lumpur dan asmal yang basah. Langkah paling baik dilakukan adalah dengan membersihkan mobil secara berkala dan teratur. Anda bisa melepas bagian velg lalu bersihkan bagian dalam dan luarnya. Akan tetapi jika tidak bisa melepaskan velg, maka bersihkan hanya pada bagian luarnya saja.

  1. Gunakan jasa mekanik body repair

Apabila tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan dan merawat keindahan velg, Anda bisa gunakan jasa mekanik body repair yang sudah berpengalaman. Pembersihan dan perawatan dapat dilakukan secara teratur setiap 6 bulan sekali. Merawat body kendaraan adalah kebutuhan utama supaya mobil senantiasa indah dan awet. Untuk itu, pilih jasa mekanik body mobil yang sudah terpecaya, tercepat dan profesional.

Demikian tips dan langkah ampuh menghilangkan noda aspal pada velg mobil. Semoga tips ini bisa membantu Anda. Selamat mencoba!

Baca juga: Tips Mencuci Mobil Yang Benar Agar Cat Awet dan Tidak Pudar

love
Senang
50%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
50%