Cara Pijat Refleksi Ini Ampuh untuk Redakan Sakit Kepala, Yuk, Simak!

0
116
pijat refleksi redakan sakit kepala

Sobat pijat refleksi, kali ini Anda sedang mencari tahu cara yang tepat untuk mengatasi sakit kepala? baik nyeri dalam taraf ringan atau parah, sakit kepala adalah salah satu rasa sakit yang bisa memecah konsentrasi bahkan bisa mengganggu produktivitas harian kita. Sakit kepala menjadi salah satu sakit yang umum terjadi serta bisa datang kapan saja dan secara tiba-tiba tanpa pandang waktu tempat atau pun situasi kita. 

Apabila saat ini Anda sedang merasakan sakit kepala, maka artikel berikut ini cocok untuk disimak lebih lanjut. Artikel ini akan membahas seputar apa itu sakit kepala, jenis dan gejala, hingga pijat refleksi yang dapat dilakukan secara mandiri untuk Anda. yuk, simak lebih lanjut seputar info kesehatan bersama berikut ini.

pijat refleksi redakan sakit kepala
Sakit kepala dapat mengganggu aktivitas – pexel.com

Apa Itu Sakit Kepala?

Sebenarnya, apa sih sakit kepala itu? mengutip dari laman halodoc dijelaskan bahwa sakit kepala merupakan kondisi timbulnya rasa tidak nyaman dan sakit pada anggota tubuh bagian kepala, kulit kepala, serta leher. Sederhananya, sakit kepala merupakan sensasi tidak nyaman yang terlokalisasi di area kepala kita.

Meski deskripsi dari sakitnya terkesan simpel, sakit kepala menjadi salah satu penyakit yang memiliki kompleksitas tinggi dengan mencakup berbagai jenis sebab, sehingga faktor pemicu yang mempengaruhinya.

Penyakit yang cukup umum dan setidaknya pernah dirasakan oleh hampir setiap orang di dunia ini memiliki tingkatannya sendiri. Ada jenis sakit kepala ringan yang dapat menghilang denga begitu saja dengan waktu sesaat dan tanpa butuh perawatan medis apa pun. Di samping itu, ada juga yang membutuhkan terapi pijat refleksi untuk menghilangkan sakit kepalanya. 

Di samping itu, ada juga sakit kepala yang memiliki tingkat ketegangan nyeri akut, hingga membutuhkan terapi untuk proses penyembuhannya. Setiap rasa sakit yang timbul pada kepala tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing.

Nah, jika Anda mendapati sakit kepala yang seringkali muncul hingga mengganggu aktivitas harian, ada baiknya untuk memberi perhatian lebih lanjut dan tidak mengabaikan rasa sakit yang ada begitu saja.

Tingkat sakit pada kepala yang parah dan memiliki intensitas kemunculan nyeri yang tinggi, bisa membahayakan nyawa seseorang. Untuk memahami sakit kepala dengan lebih baik, yuk kenali lebih lanjut penyebab serta faktor risiko dari sakit yang satu ini.

Jenis dan Penyebab Sakit Kepala

Ketika mengenali kompleksitas dari sakit kepala, tentu saja memahami sebab yang menjadi faktor dari penyakit tersebut bisa menjadi langkah awal yang penting untuk kita cari tahu. Penyebab sakit kepala bisa sangat bervariasi. Mulai dari faktor fisik seperti ketegangan yang terjadi pada otot dan gangguan pada pembuluh darah.

Selain itu ada juga faktor lain adanya tekanan psikologis seperti stres atau gangguan kecemasan yang kronis. Ada juga beberapa kondisi kesehatan khusus yang bisa memicu sakitnya kepala, seperti sinusitis, gangguan neurologis, atau adanya ketidakseimbangan hormon pada tubuh kita.

Dengan memiliki kompleksitas faktor penyebab yang banyak tersebut, tak jarang sebagian orang yang mengalami sakit kepala disebabkan oleh kombinasi faktor kesehatan. Berikut bahasan singkat mengenai jenis sakit kepala yang dapat kamu simak.

a. Sakit Kepala Primer

Sakit kepala primer merupakan jenis sakit yang disebabkan oleh rasa sakit itu sendiri, bukan disebabkan adanya gejala dari kondisi medis lainnya. Dengan kata lain, sakit ini tidak memiliki penyebab atau faktor lain di baliknya. Singkatnya, sakit kepala primer murni disebabkan oleh adanya masalah di kepala kita.

Di antara berbagai variasi dari sakit kepala satu ini, migrain menjadi salah satu jenis sakit yang umum. Migrain seringkali memunculkan serangan sakit yang menusuk dan intens, serta dapat memunculkan gejala lainnya seperti mual, muntah, serta sensitivitas terhadap cahaya atau suara.

Selain itu ada juga nyeri kepala tegang yang menjadi jenis dari sakit kepala primer. Sakit ini biasanya dipicu oleh kelelahan tubuh, stres, atau postur tubuh yang buruk. Macam sakit lainnya ada juga sakit kepala cluster, yakni sakit yang muncul secara berulang dengan siklus tertentu.

Ada banyak faktor yang bisa memicu munculnya sakit di kepala, seperti gangguan pada otot bagian kepala, masalah pada pembuluh darah atau saraf, hingga masalah aktivitas kimia yang ada pada otak. Untuk memahami lebih dalam dan lanjut mengenai jenis penyakit satu ini, kuncinya ada pada bagaimana cara mengelola gejala yang dirasa oleh tubuh kita dengan lebih efektif.

Jika kita dapat mengelola gejala yang ada, maka tentu saja kita bisa menghindari gangguan serta ketidaknyamanan yang berulang dari rasa sakit kepala yang ada. Sebagai terapi, kita bahkan bisa memasukkan opsional pijat refleksi untuk meredakan jenis sakit kepala berikut ini.

b. Sakit Kepala Sekunder

Jenis sakit kepala selanjutnya adalah sekunder. Berbeda dengan sakit kepala primer yang sumbernya merupakan penyakit itu sendiri. Jenis berikut ini disebabkan oleh gejala dari kondisi medis lainnya sebagai faktor timbulnya.

Sakit kepala sekunder bisa disebabkan oleh adanya permasalahan dari aktifnya saraf sakit yang ada di bagian kepala akibat suatu penyakit. Dalam penyakit ini ada beberapa penyebab umum hingga jarang yang dapat memicunya.

Kondisi medis seperti flu, infeksi sinusitis, trauma kepala, tekanan darah tinggi, masalah gigi, mengkonsumsi MSG berlebihan, mengonsumsi makanan atau minuman dingin secara mendadak, hingga menggunakan penutup kepala yang terlalu menekan mampu menjadi pemicu dari sakit kepala sekunder.

Di samping itu, ada juga faktor yang jarang namun ada dan menjadi penyebab dari sakit kepala sekunder, seperti gegar otak, gangguan neurologis, keracunan karbon monoksida, penyumbatan pembuluh darah, atau radang otak adalah sebab lainnya.

Pada varian sakit satu ini, mengidentifikasi hingga menangani akar dari sebabnya menjadi perihal yang utama. Hal tersebut menjadi dasar agar penanganan sakit tertuju pada kondisi medis yang mendasarinya.

Oleh karena itu, memahami bahwa sakit kepala varian ini merupakan sebuah respon terhadap adanya ketidakseimbangan atau masalah kesehatan yang lebih besar dapat membantu individu untuk mencari penanganan dan perawatan yang sesuai. Apabila Anda merasakan sakit kepala berikut ini, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan pada ahli medis ya!

Gejala Sakit Kepala

Sebelumnya, sobat sehat sudah mengetahui informasi tentang adanya variasi mengenai sakit kepala dari yang ringan dan dapat diatasi dengan pijat refleksi, hingga sakit kepala berat yang membutuhkan perhatian medis lebih lanjut. nah, berikut ini beberapa gejala sakit kepala yang dapat kamu telusuri dan kenali:

1. Rasa Sakit atau Tidak Nyaman di Kepala

Saat mencari tahu gejala dari sakit kepala, maka tanda yang paling banyak dirasa adanya sensasi tidak nyaman atau rasa sakit hingga nyeri yang bersumber di area kepala kita. Rasa sakit ini memiliki sensasi yang beragam, seperti rasa ditekan, hingga rasa sakit seperti dipukul atau ditembak.

2. Pusing atau Vertigo

Gejala dari sakit selanjutnya adalah sensasi pusing atau vertigo. Ketika mengalami gejala ini, kita akan merasakan sensasi berputar atau bergerak di lingkungan sekitar. Apabila gejala ini terjadi, baiknya istirahatkan tubuh karena pusing atau vertigo dapat menyebabkan ketidakseimbangan tubuh kita.  

3. Mual dan Muntah

Pertanda sakit kepala selanjutnya ditandai dengan adanya masalah pada lambung (gastrointestinal) yang menyebabkan mual, jika parah pun bisa muntah. Kedua gejala ini seringkali menyertai sakit kepala yang parah, seperti migrain.

4. Sensitivitas Terhadap Cahaya atau Bunyi

Saat sakit kepala menyerang, tak jarang juga menimbulkan gejala sensitivitas terhadap cahaya atau bunyi. Cahaya yang terang atau suara yang keras dapat memperburuk rasa sakit kepala atau bahkan dapat memicu munculnya sakit kepala yang baru.

5. Gangguan pada Penglihatan

Beberapa orang akan mengalami gejala gangguan pada penglihatan mereka saat sakit kepala menyerang. Gangguan ini bisa terjadi dengan tanda, seperti adanya kilatan cahaya, pandangan buram dan gelap, serta pandangan menjadi berbayang atau ganda.

6. Ketegangan Otot

Sakit kepala tegang seringkali disertai dengan ketegangan otot yang terasa di area sekitar leher, kepala, dan menjalar hingga bahu. Rasa tegang ini dapat meningkat seiring dengan intensitas sakit kepala yang menyerang.

Pijat Refleksi untuk Meredakan Sakit Kepala

pijat refleksi sakit kepala
Pijat refleksi alternatif saat sakit kepala – pexels.com

Setelah mengetahui informasi mengenai sakit kepala, berikut sebuah tips yang dapat Anda praktekkan melalui pijat refleksi. Pijat menjadi salah satu terapi yang telah dikenal luas dan sudah banyak dipraktikkan di berbagai belahan dunia selama berabad lamanya.

Salah satu praktik kesehatan ini, menjadi alternatif yang dapat kita coba untuk mengelola serangan rasa sakit kepala. Dalam praktiknya, Anda bisa mencoba terapi pijat untuk merilekskan ketegangan yang ada pada bagian kepala.

Apabila sakit kepala yang Anda rasa tergolong ringan, maka tak jarang dengan pijat refleksi ini dapat mengurangi bahkan menghilangkan sakit yang dirasa. Sentuhan lembut pada titik yang tepat akan merangsang refleksi kita, sehingga ketegangan otot atau nyeri yang terjadi di tubuh bisa berkurang.

Selain mampu meredakan rasa sakit kepala, pijat refleksi juga membantu meningkatkan sirkulasi darah serta meredakan stres, yang seringkali menjadi pemicu. Ketika titik-titik refleksi ditekan, energi yang terhambat di dalam tubuh akan terlepas dan memungkinkan badan kita secara otomatis pulih dan menjadi lebih seimbang. yuk, ketahui apa saja sih manfaat pijat refleksi sakit kepala yang bisa kita dapatkan berikut ini:

Manfaat Pijat Refleksi pada Sakit Kepala

  1. Meredakan Ketegangan Otot
  2. Meningkatkan Sirkulasi Darah
  3. Mengurangi Stres dan Kecemasan
  4. Mengaktifkan Sistem Saraf Otonom
  5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita rasakan setelah melakukan alternatif pijat untuk mengatasi rasa sakit pada kepala atau anggota tubuh lainnya. Perlu kita ketahui bahwa manfaat tersebut bisa didapatkan berkaitan dengan praktik pemijatan yang dilakukan terhadap bagian tubuh yang sakit dengan tepat. Oleh karena itu agar lebih memahami bagian titik mana saja yang dapat dipijat, simak informasi selanjutnya.

Titik Pijat Refleksi untuk Sakit Kepala

Dalam dunia pijat untuk menentukan titik tekan pada tubuh, dilakukan oleh seorang terapis profesional dengan tidak sembarangan. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan kesembuhan untuk para pelanggan agar mendapatkan kebugaran yang diinginkan.

Namun kali ini, sobat sehat bisa mempraktekkan beberapa titik konsentrasi pijat refleksi sakit kepala. Beberapa titik di bawah ini tertuju pada lokasi refleksi tertentu yang akan membantu kita mengurangi rasa sakit atau nyeri kepala. Dengan mengetahui titik pijat di kepala, maka teknik akupresur yang kita lakukan dapat bekerja secara tepat untuk hasil yang optimal.

Pijatan Meredakan Sakit Kepala
Rilekskan otot tegang dengan pijat refleksi – pexel.com

1. Titik Hegu (LI 4)

Titik pijat refleksi pertama yang dapat kamu tekan untuk mengurangi sakit kepala adalah titik antara ibu jari dan telunjuk tangan. Saat menekan titik titik hegu atau large intestine 4 ini, Anda bisa memberikan stimulan yang dapat membantu mengurangi sakit kepala akibat tegang. Selain itu, titik ini juga bisa membantu meningkatkan aliran energi dalam tubuh.

2. Titik Pericardium (PC 6)

Nama lain untuk titik pijat ini adalah nei guan. Dalam dunia akupuntur, titik ini terletak di dalam pergelangan tangan pada bagian palmaris (permukaan telapak tangan) di antara dua tendon di bagian tengah pergelangan tangan, sekitar tiga jari di bawah lipatan pergelangan tangan.

Untuk menemukan titik PC 6 ini, Anda bisa meletakkan ibu jari di sepanjang bagian tengah pergelangan tangan lalu tempelkan jari telunjuk secara horizontal di atasnya. Titik PC 6 berada di bawah ujung jari telunjuk Anda. Ketika menekan titik pijat ini, bermanfaat untuk mengurangi keluhan mual dan nyeri yang menyerang saat sakit kepala datang.

3. Titik Fengchi (GB 20)

Lokasi pijat refleksi sakit kepala yang bisa ditekan berikutnya ini berada di leher bagian belakang. Titik pijat Fengchi atau yang dikenal sebagai titik Gallbladder 20 ini merupakan salah satu titik refleksi penting dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan pijat refleksi.

Jika ditekan titik yang ada di tengkuk ini mampu memberi manfaat meringankan keluhan sakit kepala yang terjadi akibat ketegangan otot leher. titik ini terletak tepat di bawah garis rambut, di kedua sisi tulang belakang leher. Untuk menemukan titik ini, Anda dapat meraba area belakang leher dan mencari titik yang terletak di antara dua otot yang terasa tegang atau nyeri saat ditekan.

4. Titik Taiyang (M HN 9)

Tanda Taiyang adalah salah satu titik refleksi yang terletak di bagian atas kepala (pelipis). Titik ini merupakan salah satu titik utama dalam terapi pijat refleksi yang digunakan untuk meredakan sakit kepala. Dalam praktiknya ketika ditekan dapat membantu meringankan rasa nyeri yang terjadi akibat sakit kepala tipikal migrain atau karena tegang.

Stimulasi pada titik ini dipercaya dapat membantu memulihkan keseimbangan energi dalam tubuh yang seringkali terganggu ketika kita sedang sakit kepala. Selain itu, titik Taiyang juga dianggap memiliki efek menenangkan pada sistem saraf, sehingga memijat titik ini juga bisa dilakukan untuk Anda yang sedang stres.

5. Titik Yintang (M Hn 3)

Titik pijat refleksi selanjutnya ini berada di tengah-tengah dahi, tepatnya di antara alis dan di atas hidung. Pijatan di titik ini dapat memberi manfaat untuk mengurangi gejala sakit kepala, terutama yang terkait dengan tekanan, stres, atau kecemasan.

Dalam dunia pijat, titik Yintang seringkali dianggap sebagai titik anti-stres karena stimulasi pada titik ini dapat membantu meredakan ketegangan pikiran dan fisik. Tak hanya itu saja, pijatan lembut pada titik ini juga memiliki manfaat lain untuk meningkatkan aliran energi dalam tubuh serta mengurangi ketegangan otot yang terasa di sekitar kepala dan dahi Anda.  

6. Titik Tai Chong (LV 3)

Pijatan selanjutnya bisa kamu tekankan pada titik Tai Chong (LV 3) yang letaknya ada di punggung kaki. Tepatnya berada di antara ibu jari dan jari telunjuk pada bagian dalam kaki. Untuk menemukan titik ini, Anda bisa meletakkan ibu jari di pangkal jari kaki Anda, lalu letakkan jari telunjuk di pangkal ibu jari. Titik ini berada tepat di bawah tempat di mana jari telunjuk dan ibu jari bertemu.

Jika menekan titik Tai Chong, dapat membantu meredakan sakit kepala yang disertai dengan rasa mual. Anda bisa melakukan pijatan ini dengan posisi duduk atau berbaring. Jangan lupa untuk mengatur nafas selagi melakukan sesi pijat agar tubuh tetap rileks. 

Itulah informasi mengenai pijat refleksi sakit kepala yang telah sobat sehat simak. Sakit kepala memang menjadi salah satu permasalahan yang bisa muncul tiba-tiba pada kita semua. Apabila sakit kepala terjadi pada Anda, cobalah untuk mempraktikkan titik pijat refleksi di atas tersebut. 

Namun apabila Anda ingin mendapatkan pijat refleksi untuk sakit kepala yang lebih memuaskan, cobalah jasa dari Halo Massage. Pijat dengan Halo Massage akan memberimu kenyamanan lebih banyak. Dengan tangan luwes para terapis profesional tentu saja akan sangat membantu membuat kepala dan tubuh Anda menjadi lebih rileks.  

Tak berhenti di sana saja, Halo Massage juga memiliki layanan pijat 24 jam yang bisa Anda akses dengan sangat mudah melalui ponsel Anda. Di mana lagi, bisa mendapatkan akses jasa pijat panggilan dengan keleluasaan waktu dan tempat yang dapat menjangkau keberadaanmu? yuk, coba dan nikmati hidup yang lebih berkualitas bersama Halo Jasa.

Referensi:

– Halodoc.com ; Sakit Kepala 

– Alodokter.com ; 6 Titik Pijat Sakit Kepala yang Dapat Ditekan untuk Redakan Nyeri