Mengapa Remedial Massage Layak Dicoba? Jawabannya Ada di Sini!

0
304
Prinsip, Teknik, dan Mnafaat Remedial Massage

 

Alasan Remedial Massage Layak Dicoba
Sumber; Freepik

Nyeri atau bahkan cedera otot,  tak jarang  mewarnai keseharian kita. Remedial massage  hadir sebagai solusi menyeluruh dan terbukti efektif mengatasi masalah ini. Apa sebenarnya pijat remedial dan bagaimana ia dapat merubah paradigma perawatan tubuh? Pijat Panggilan Bekasi akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Otot yang nyeri dan tegang dapat menurunkan kualitas hidup kita karena menghambat aktivitas sehari-hari, dan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Kehadiran pijat remedial sebagai solusi,  menjadi  langkah penting untuk mendapatkan  kesehatan optimal.

Itu karena pijat remedial ini tidak hanya merupakan perawatan sementara melainkan salah satu cara tubuh dalam menyembuhkan dirinya sendiri. Penasaran? Baca artikel ini hingga akhir untuk menemukan  informasi menarik yang Anda butuhkan!

Remedial Massage, Apa itu? 

Remedial massage adalah jenis pijat khusus yang dirancang untuk mengatasi masalah otot. Tujuannya adalah untuk mengurangi nyeri, meningkatkan gerak tubuh, dan fungsi fisik secara keseluruhan. Tujuan dari proses ini bukan hanya memberikan bantuan sementara, tetapi juga juga bertujuan untuk menemukan dan mengatasi masalah dasar klien.

Penting untuk dipahami bahwa pijat remedial dirancang untuk merawat kedalaman jaringan lunak dan permukaan tubuh. Dengan keahlian terapis, teknik pijat yang beragam digunakan untuk mencapai tujuan tertentu, seperti menghilangkan rasa sakit dan mengembalikan kondisi normal jaringan dan otot.

Namun, perlu diingat bahwa pijat remedial tidak boleh digunakan sebagai pengganti perawatan medis yang mungkin diberikan oleh dokter untuk masalah otot, tendon, dan tulang. Tetapi metode pijat ini merupakan perawatan pelengkap yang mendukung perawatan medis yang sedang berjalan. Dengan begitu hasilnya akan lebih optimal. 

Pijat remedial dapat membantu proses penyembuhan alami tubuh sekaligus merawat otot yang rusak, tegang, atau kusut. Intensitas tekanan yang diterapkan dapat diubah tergantung pada jenis cedera atau hasil yang diinginkan. Tekanan tersebut bisa berupa tekanan dalam dan kuat atau tekanan lebih lembut dan dangkal.

Prinsip-Prinsip Remedial Massage 

Prinsip-Prinsip Pijat Remedial
Sumber: Freepik

Pijat remedial didasarkan pada keyakinan bahwa tubuh dapat menyembuhkan dirinya sendiri. Dengan memanipulasi jaringan lunak seperti otot, tendon, dan ligamen, terapis pijat remedial yang berpengalaman dapat membantu merangsang proses penyembuhan alami tubuh.

Pijat remedial mengakui hubungan erat antara struktur dan fungsi tubuh. Metode ini menyadari bahwa ketidakseimbangan dan disfungsi di satu bagian tubuh dapat berdampak pada seluruh tubuh. 

Dengan menangani ketidakseimbangan dan disfungsi tersebut, terapi ini bertujuan untuk  mengembalikan keseimbangan secara keseluruhan, fisik dan psikologis, serta  meningkatkan kesehatan secara optimal.

Teknik yang Digunakan dalam Remedial Massage 

Dalam perawatan pijat remedial, ada berbagai macam teknik pijat yang digunakan. Menurut Physio.co.uk  teknik pijat remedial yang paling umum adalah, Effleurage, pijatan dalam (Deep Strokes), kompresi (Compression), meremas (Wringing), menggulung kulit (Skin Rolling)

Effleurage

Teknik pijatan  yang menyentuh berbagai bagian tubuh dengan jari-jari dan tangan secara merata dikenal sebagai teknik effleurage. Teknik ini bermanfaat karena meredakan stres, mengurangi ketegangan, dan meningkatkan sirkulasi darah, yang menguntungkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain berfokus pada relaksasi tubuh dan peningkatan sirkulasi darah, teknik pijat ini juga berfokus pada peningkatan sirkulasi getah bening. Teknik effleurage ini  meningkatkan sirkulasi darah dengan memanaskan otot dan mempersiapkannya untuk teknik pijat yang lebih intens. 

Effleurage umum digunakan pada awal dan akhir sesi pijat. Untuk mendukung aliran balik vena dan limfatik tubuh, gerakan effleurage dilakukan menuju kelenjar limfatik dan jantung.

Tak cukup sampai di situ, teknik ini juga merangsang pertukaran sel dalam jaringan dan sistem limfatik, yang membantu tubuh mengeluarkan limbah, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Effleurage dilakukan dengan tekanan ringan secara merata dengan tangan dan jari-jari. Effleurage dengan gerakan panjang mampu merangsang sistem limfatik dengan meningkatkan suhu jaringan lunak dan sirkulasi darah menuju jantung.

Sebagai bagian dari sistem peredaran darah, sistem limfatik membawa cairan getah bening ke seluruh tubuh. Effleurage mengikuti aliran ke bgaian atas tubuh menuju kelenjar getah bening, yang kemudian menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh limfatik. Dengan demikian, effleurage membantu sistem limfatik bekerja lebih baik 

Pijatan Dalam (Deep Strokes)

Salah satu teknik pijat yang telah terbukti efektif untuk meningkatkan kesehatan tubuh adalah pijatan dalam. Metode ini diterapkan di sepanjang arah serat otot dan dapat digunakan pada berbagai bagian tubuh untuk meningkatkan elastisitas dan relaksasi jaringan.

Pijatan dalam merupakan teknik tekanan yang digunakan pada otot untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membuatnya lebih kencang. Teknik ini dapat digunakan sebagai terapi, bukan hanya untuk merawat kondisi otot. 

Pijat jaringan dalam, dan pijat Swedia adalah beberapa jenis pijatan yang dapat digabungkan dengan teknik pijatan remedial. Teknik pijatan dalam  pada dasarnya dilakukan dengan mengarahkan telapak tangan dan lengan bawah ke serat otot dengan tekanan yang cukup untuk mencapai otot yang lebih dalam.

Penting untuk diingat bahwa teknik pijatan dalam adalah metode yang sangat baik untuk merawat tubuh dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan karena memanfaatkan sirkulasi darah, kekencangan otot, dan arah serat otot. 

Tujuan utama dari teknik pijatan dalam adalah untuk meningkatkan mobilitas sekaligus meningkatkan fungsi sendi. Pijat remedial yang berfokus pada pijatan dalam dapat membantu Anda lebih baik jika Anda sedang mencari metode profesional untuk merawat tubuh Anda.

Kompresi (Compression)

Metode pijat kompresi, bekerja dengan baik pada area otot yang lebih luas. Pada dasarnya, kompresi melibatkan penempatan tekanan pada otot, kemudian melepaskannya, dan ini dilakukan berulang kali. Berbagai jenis pijatan, termasuk pijatan Swedia, terapeutik, dan jaringan dalam,  kerap menggunakan teknik ini.

Penggunaan kompresi bertujuan untuk meningkatkan aliran darah pada suatu area otot, yang dikenal sebagai hiperemia. Otot yang hangat lebih siap  untuk  menjalani terapi pijat yang lebih mendalam dan memberikan efek merilekskan otot yang kaku. 

Baca Juga  Mau Totok Wajah Mandiri? Ini 7 Titik Totok Wajah yang Harus Diketahui

Dalam sesi pijat kompresi, tangan diletakkan di area otot yang bermasalah  dan  melakukan penekanan  secara perlahan. Kemudian, tangan diangkat dan dipindahkan ke area yang berbeda,  lalu mengulang kembali proses ini. Begitu seterusnya hingga bagian tubuh yang terasa nyeri berangsur membaik.  

Tekanan yang digunakan dalam sesi pijat kompresi berkisar dari ringan hingga sangat dalam, tergantung pada kebutuhan. Selama kompresi, terapis juga mengimbanginnya dengan gerakan menggoyang. Teknik ini dapat merangsang sistem saraf parasimpatis dan meningkatkan tingkat relaksasi.

Dengan metode ini, terapis  dapat meningkatkan aliran darah, mempersiapkan otot untuk teknik pijat yang lebih mendalam, dan mencapai efek pelunakan di bagain tubuh yang mengalami kekakuan atau ketegangan otot. Dengan demikian, upaya ini mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meremas (Wringing)

Meremas adalah teknik pijat khusus yang digunakan untuk jaringan otot, tendon, atau ligamen yang lebih dekat dengan permukaan. Teknik ini melibatkan pemadatkan, mengangkat, meremas, dan melepaskan jaringan lunak secara berulang untuk meningkatkan kelenturan jaringan di antaranya. Teknik ini dapat meredakan ketegangan otot dan membantu Anda menjadi lebih rileks.

Meremas pada dasarnya melibatkan gerakan maju dan mundur yang difokuskan pada otot yang lebih besar. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, tingkat tekanan yang diterapkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

Teknik meremas, jika dilakukan dengan lembut, dapat digunakan sebagai bagian dari sesi pijat relaksasi untuk memperbaiki kondisi otot dan meningkatkan elastisitas jaringan.

Memadatkan jaringan lunak dengan gerakan sisi ke sisi adalah bagian dari proses meremas. Kemudian, jaringan yang terangkat diperlakukan dengan lembut menggunakan tangan dan jari, terutama ibu jari, untuk memandunya kembali ke posisi semula. 

Teknik ini tidak hanya memberikan  stimulasi pada kulit, tetapi juga meningkatkan pembuangan limbah dari jaringan dan membuat jaringan lebih elastis. Karena itulah, metode pijat meremas ini dapat menjadi pilihan yang bagus untuk meningkatkan fleksibilitas dan merelaksasi tubuh Anda

Menggulung Kulit (Skin Rolling)

Menggulung kulit, atau yang dikenal sebagai teknik “Skin Rolling,” adalah cara pijat yang menggunakan jari dan ibu jari untuk membersihkan jaringan kulit dari hambatan karena peredaran darah yang tidak lancar. Teknik ini bisa diaplikasikan di berbagai bagian tubuh seperti lengan, punggung, dan kaki.

Tujuan dari menggulung kulit adalah untuk merilekskan kulit, mengurangi ketegangan otot, dan memberikan efek terapeutik yang bermanfaat. Penerapan teknik ini dapat membantu mengurangi rasa sakit, meningkatkan fleksibilitas, serta mengatasi sensasi sesak pada tubuh.

Proses menggulung kulit melibatkan langkah-langkah seperti melonggarkan kulit, merawat ketegangan otot, dan melepaskan hambatan dalam jaringan lunak. Dengan menggunakan gerakan ibu jari dan jari-jari, kulit ditarik dari jaringan dan digulung ke depan secara berkesinambungan 

Teknik ini dapat diaplikasikan di sekitar area jaringan parut dengan tujuan membantu memecahnya. Tidak hanya itu, teknik ini juga memiliki potensi efek terapeutik yang dapat menurunkan tingkat stres.

Mengapa  Remedial Massage Begitu Efektif?

Alasan Pijat Remedial Begitu Efektif

Karena memiliki dasar ilmiah yang kuat, pijat remedial dianggap sangat efektif. Beberapa alasan utama yang mendukung asumsi  ini termasuk pendidikan, penilaian holistik, dan penekanan pada pemulihan:

Dasar Ilmiah yang Kuat

Pijat remedial memiliki dasar ilmiah yang kokoh. Berbeda dengan banyak terapi pijat lainnya, pendekatan ini secara khusus dirancang untuk menangani cedera dan masalah fisik pada tubuh. 

Terapis pijat remedial belajar lebih banyak tentang standar praktik, anatomi, dan patofisiologi, berbeda dengan banyak terapi pijat lainnya. Pelatihan formal memungkinkan mereka untuk menargetkan cedera pasien dengan lebih tepat dan melakukan rehabilitasi dengan optimal.

Penilaian Seluruh Tubuh

Sesi pijat remedial dimulai dengan evaluasi seluruh tubuh. Terapis memeriksa pasien secara menyeluruh, termasuk posturnya, kondisi otot, persendian, tendon, dan riwayat cedera. Penilaian ini memberikan gambaran menyeluruh tentang kelemahan dan ketidakseimbangan yang dialami pasien dalam sistem muskuloskeletal mereka. 

Dengan menggunakan informasi tersebut  sebagai dasar pengobatan, terapis dapat menyesuaikan rutinitas pijat mereka untuk menyelesaikan masalah pasien.

Fokus pada Pemulihan, Bukan Relaksasi

Pijat remedial berfungsi untuk membantu mempercepat proses pemulihan, bukan hanya untuk menghilangkan stres. Setiap sesi pijat remedial dirancang untuk mempercepat penyembuhan jaringan yang rusak dan terluka. Karena itu,  pendekatan yang dilakukan  sangat terkait dengan pemulihan fisik. 

Fokus terapi ini adalah untuk mengobati rasa sakit, sesak, dan cedera yang mungkin menghalangi pasien untuk bergerak dan beraktivitas  normal.

Selain itu, pijat remedial diberikan oleh fisioterapis atau terapis pijat yang terlatih dan berlisensi, berbeda dengan terapi pijat umum. Pijakan terapeutik, dalam hal ini pijar remedial, terkadang  dapat menyebabkan rasa sakit. Namun, pijatan ini memiliki banyak manfaat penyembuhan dan merupakan komponen penting dari banyak program fisioterapi.

Begini Tahapan Terapi Remedial Massage
Begini Tahapan Pijat Remedial

Melansir dari Physio Inq.com.au, umumnya terapi pijat remedial  terdiri dari beberapa tahapan, yakni: 

Mengidentifikasi Riwayat Kesehatan Klien

Sebelum memuli terapi, terapis Anda akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda dan faktor apa saja yang dapat mendorong Anda untuk mendapatkan pijatan yang lebih baik yang dapat mempercepat proses pemulihan.  

Tak cukup sampai di situ, terapis juga akan memeriksa rutinitas Anda, gejala yang mungkin Anda alami, jenis perawatan tambahan yang Anda ambil, dan alergi atau masalah apa pun yang perlu mereka perhatikan.

Observasi   

Pijat remedial berperan penting dalam mendorong peningkatan elastisitas jaringan dengan mengatasi adhesi dan meningkatkan suhu jaringan lunak. Kondisi tersebut dapat dicapai melalui stimulasi gesekan pada kulit, yang meningkatkan suhu dan membantu jaringan lunak merelaksasi sepenuhnya dan meningkatkan rentang gerak. 

Tak hanya itu, pijat ini juga membantu memecahkan adhesi dan meregangkan otot dengan menggunakan metode khusus. Hal ini sangat penting untuk menjaga fungsi otot tetap baik dan mengurangi risiko cedera.

Tes Rentang Gerak dan Sendi

Terapis akan melakukan tes rentang gerak pada sendi Anda untuk mengevaluasi kekuatan, fleksibilitas, atau masalah lain yang mungkin muncul saat Anda mencari pengobatan untuk cedera atau mengatasi ketidaknyamanan tertentu.

Tes Ortopedi dan Saraf

Pada tahapan ini Anda akan menjalani sejumlah tes tambahan untuk mengetahui lebih lanjut tentang gejala yang Anda alami. Dalam kebanyakan kasus, pemeriksaan awal ini dapat diselesaikan dalam beberapa menit.

Perawatan dalam Pijat Remedial

Pada tahapan ini terapis akan menggunakan teknik pijat remedial yang dianggap paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini bertujuan  tujuan untuk memberikan perawatan yang efektif dan sesuai dengan kondisi Anda.

Pada terapi pijat ini, terapis mungkin juga menggunakan krim atau minyak untuk  membantu melemaskan otot-otot yang tegang, meringankan rasa nyeri dan meningkatkan efek relaksasi. Jadi, jika Anda memiliki alergi atau sensitivitas terhadap komponen minyak atau krim tertentu, pastikan untuk memberi tahu terapis Anda terlebih dahulu.

Baca Juga  15 Rekomendasi Pijat Online Terdekat dan Terbaik di Jakarta tahun 2024

Apa Saja Efek Fisiologis dari Remedial Massage?

4 4

Pijat remedial yang dilakukan memberikan sejumlah  efek fisiologis. Efek fisiologis tersebut mencakup beberapa aspek yang sangat positif, antara lain:

Peningkatan Aliran Balik Vena

Pijat remedial meningkatkan aliran balik vena, yang merupakan jumlah darah yang kembali ke jantung. Aliran balik vena yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, di antaranya wasir, kram kaki, pembengkakan kaki, dan gagal jantung.

Karena itu, meningkatnya aliran balik vena merupakan bagian penting dari menjaga kesehatan jantung. Berbagai teknik pijat remedial dirancang khusus untuk meningkatkan aliran balik vena agar lebih efektif. 

Memecah Adhesi Kolagen

Pijat remedial memecahkan adhesi kolagen yang terjadi karena stres, trauma, atau penggunaan berlebihan serat kolagen. Pijat remedial menggunakan teknik pemijatan yang lebih dalam untuk memecahkan adhesi kolagen.

Adhesi kolagen adalah jaringan parut yang terbentuk di antara serat kolagen. Ini dapat terjadi karena banyak hal, seperti stres, trauma, atau penggunaan serat kolagen yang berlebihan.

Adhesi kolagen dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti rasa nyeri,  kaku, dan gangguan sirkulasi dalam tubuh. Rasa nyeri berasal dari adhesi kolagen yang menekan saraf. Sementara otot yang kaku terjadi akibat dari adhesi kolagen yang membatasi mobilitas dan kelenturan.

Selain itu, adhesi kolagen juga dapat mengganggu sirkulasi darah dan limfatik.Serangkaian teknik yang digunakan dalam pijat remedial  dapat memecah jaringan parut yang terbentuk di antara serat kolagen, sehingga mengembalikan mobilitas dan kelenturan jaringan lunak

Peningkatan Endorfin, Serotonin, dan Dopamin

Pijat remedial merelaksasi sistem saraf pusat dan merangsang pelepasan hormon-hormon ini dari otak. Ini adalah salah satu efek fisiologis positif dari pijat remedial. Hormon-hormon ini mempengaruhi emosi dan perasaan seseorang sehingga mereka merasa tenang, puas, dan bahagia.

Penurunan Kortisol

Pijat remedial membantu mengurangi pelepasan hormon stres, salah satunya kortisol. Kadar kortisol yang tinggi dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan depresi.  Terapi pijat remedial menurunkan tingkat kortisol sambil mengeluarkan hormon positif.

Pijat remedial dapat meredakan stres dan mendukung kesehatan mental yang paling baik dengan memicu pelepasan hormon yang membuat Anda merasa senang, menggantikan efek kortisol.

Ini Manfaat Utama Remedial Massage
Manfaat Utama Pijat Remedial

Pijat Remedial menawarkan sejumlah manfaat utama yang signifikan, khususnya dalam proses pemulihan setelah cedera otot, di antaranya:

Relaksasi Mendalam

Salah satu manfaat menerima pijatan remedial adalah efek relaksasi yang mendalam. Pijat remedial dapat diadaptasi dengan menggunakan banyak teknik pijat terapeutik untuk mendorong relaksasi fisik dan mental. Relaksasi fisik memungkinkan otot untuk lebih rileks dan mengurangi ketegangan. 

Otot yang rileks mengurangi rasa sakit dan memungkinkan fungsi otot jadi lebih baik. Pijat terapeutik juga menenangkan pikiran dengan merangsang hormon perasaan baik dari otak. Hormon dilepaskan untuk meningkatkan emosi ketenangan dan kebahagiaan.

Pijat remedial membuat Anda merasa lebih baik secara keseluruhan. Sesi pijat ini menggunakan teknik pijat yang disesuaikan untuk meredakan nyeri, ketegangan, dan rasa sakit otot. Ini juga meningkatkan fungsi otot. 

Dengan mengurangi hormon kortisol dan meningkatkan kadar serotonin dan dopamin, pijat remedial juga membantu mengurangi stres. Dengan begitu, suasana tenang dan menyenangkan tercipta.

Ini menciptakan suasana yang membantu menjaga keseimbangan emosi dan mental. Pijat remedial adalah metode pengobatan holistik yang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan selain pijat fisik.

Mengurangi  Ketegangan Otot

Fokus terapi ini adalah untuk mengurangi tekanan berlebihan pada otot. Ini akan memungkinkan otot untuk kembali fleksibel dan elastis. Terapi pijat remedial juga dapat meningkatkan suhu di sekitar otot yang sakit. Ini tidak hanya menghangatkan otot, tetapi juga membuat otot menjadi lebih rileks. 

Pijat remedial juga melibatkan teknik khusus untuk mengatasi area otot yang mungkin lebih tegang ketimbang yang lain. Untuk meredakan ketegangan otot tersebut, biasanya menggunakan teknik seperti “Trigger Point (titik pemicu)” dan peregangan. 

Area kecil dari otot yang berkontraksi dan terasa nyeri saat disentuh disebut trigger point. Titik pemicu dapat menyebabkan rasa sakit di area tersebut dan area lain yang terhubung melalui fasia. 

Fasia adalah jaringan ikat yang menghubungkan otot, tulang, dan organ tubuh. Fasia memainkan peran penting dalam mempertahankan struktur dan fungsi tubuh serta membantu pergerakan tubuh. Fasia dapat meregang karena sifatnya yang elastis. Namun, jika fasia tertekan atau trauma akan menjadi titik pemicu. 

Peningkatan Elastisitas Jaringan

Pijat remedial mendorong peningkatan elastisitas jaringan dengan mengatasi adhesi dan meningkatkan suhu jaringan lunak. Proses ini dicapai melalui stimulasi gesekan pada kulit, yang meningkatkan suhu dan membantu jaringan lunak merelaksasi sepenuhnya dan meningkatkan rentang gerak.

Pijat remedial juga membantu memecahkan adhesi dan peregangan otot dengan menggunakan metode khusus. Hal ini sangat penting untuk menjaga fungsi otot tetap baik dan mengurangi risiko cedera. Manfaat  luar biasa  Remedial Massage dapat membantu Anda kembali menjalani kehidupan yang sehat dan bugar setelah mengalami cedera otot.

Dengan terapi pijat yang telah terbukti mengurangi  rasa nyeri pada otot, meningkatkan gerak tubuh, dan memulihkan kesehatan secara menyeluruh, Anda dapat merasakan perubahan signifikan  dalam kualitas hidup Anda.

Kesimpulan

Nah, itulah tadi ulasan lengkap mengenai pengertian, prinsip, teknik, dan  manfaat Remedial Massage. Berbeda dengan terapi pijat lainnya, pijat remedial adalah proses terapi holistik yang membantu Anda lebih cepat pulih dari masalah otot dan mendapatkan kesehatan yang optimal.

Bila Anda membutuhkan berbagai layanan pijat panggilan terbaik, termasuk  pijat remedial, Pijat Panggilan Bekasi menawarkan layanan Halo Massage. Layanan ini merupakan layanan pijat panggilan berbasis aplikasi dan llengkap, yang bisa Anda akses dari mana saja dan kapan saja.

Halo Massage hadir sebagai  layanan 24 jam dengan harga affordable. Harga yang Anda bayarkan sesuai dengan fasilitas dan value yang Anda dapatkan. Untuk mendapatkan layanan premium kami,  Anda cukup memesannya melalui aplikasi resmi kami di ponsel Anda atau melalui layanan pelanggan di website resmi kami.

Tunggu apa lagi?  Dapatkan hidup yang lebih berkualitas bersama beragam layanan terapi pijat terbaik dari Halo Massage

Referensi: 

Physio.co.uk;  Remedial Massage

Wphphysio.com.au; 8 Reasons Why Remedial Massage Is Good For You

Inclinehealth.com.au; What Makes Remedial Massage so Effective?

Physioinq.com.au;  What is Remedial Massage Therapy