5 Manfaat dan Cara Tepat Creambath Rambut, untuk Rambut Indah dan Sehat

0
667

Manfaat dan Cara Tepat Creambath Rambut

Anda ingin relaksasi melepas penat di tengah aktivitas yang padat sembari menutrisi dan merawat rambut? Full Spa Body Massage + Creambath Rambut dari Pijat Panggilan Bekasi bisa jadi solusi. Ini merupakan salah satu layanan dari Halo Massage untuk Anda yang berada di wiilayah Bekasi dan sekitarnya.

Paket layanan tersebut mengkombinasikan creambath rambut dengan terapi pijat premium. Dengan begitu Anda tidak hanya merawat kecantikan rambut dan menutrisi kulit kepala, tapi juga mendapatkan relaksasi secara menyeluruh, dari kepala hingga ujung kaki.

Menariknya lagi, istilah creambath hanya Anda temui di dalam negeri. Mereka yang tinggal di luar negeri lebih familiar dengan hair mask. Padahal keduanya hampir serupa. Mengapa demikian? Apa saja fungsi dan manfaat lainnya dari treatment creambath secara teratur? 

Dalam artikel  ini Hallo Massage akan mengulasnya lebih jauh untuk Anda. Jadi, simak artikel ini hingga tuntas! 

Apa itu Creambath Rambut?

Creambath merupakan salah satu jenis perawatan rambut dan kulit  kepala yang telah lama popular dan berasal dari Indonesia. Karena itu, saat Anda bepergian ke luar negeri, Anda tidak akan pernah mendengar istilah creambath dari masyarakat setempat. Mereka lebih familiar dengan hair mask. 

Rudy Hadisuwarno pertama kali mempopulerkan perawatan rambut ini pada tahun 1970.  Sebagai seorang penata rambut profesional, Rudy berusaha membuat krim rambut yang bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan rambut untuk rambut tetapi tidak lengket saat dibilas. 

Rambut dilindungi dari kerusakan dengan menutrisi, melembutkan, dan mengembalikan kelembapannya. Creambath tidak hanya dapat dilakukan di salon, tetapi juga dapat dilakukan di rumah.

Proses Creambath Rambut, Begini Caranya

Proses Creambath Rambut

Karena lebih praktis dan mudah, creambath biasanya dilakukan di salon. Sebelum mulai, keramaslah untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori kulit kepala. 

Setelah rambut setengah kering, oleskan krim creambath secara merata pada kulit kepala dan rambut sambil dipijat dengan lembut selama beberapa menit. Pijatan ini tidak hanya membuat Anda lebih santai, tetapi juga membantu nutrisi meresap ke dalam kulit kepala dan akar rambut.

Setelah itu, tutup rambut Anda dengan handuk panas atau hair steamer selama 10 – 15  menit untuk memaksimalkan penyerapan krim. Terakhir, bilas  rambut Anda.

Langkah-Langkah Creambath Rambut Sendiri di Rumah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebagian besar orang lebih suka melakukan creambath rambut di salon karena beberapa alasan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencobanya sendiri di rumah. Bagaimana caranya?

Ini dia langkah-langkahnya:

  • Siapkan Semua Peralatan dan Bahan yang Anda Butuhkan

Siapkan tempat krim, sisir aplikator, dua handuk kecil, air panas untuk steaming, shower cap, dan jepit rambut. Untuk menjamin keamanan dan hasil yang optimal, gunakan krim yang sesuai dengan jenis rambut Anda dan telah memiliki ijin edar dari BPOM.

  • Keramas Hingga Bersih

Ini sangat penting untuk membersihkan kotoran,  sebum,  dan,  tumpukan sel kulit mati dari kulit kepala dan rambut. Beragam nutrisi dan zat penting yang terkandung dalam krim dapat meresap lebih baik saat kulit kepala dan rambut dalam kondisi bersih. Karena itu juga, , jangan gunakan kondisioner setelah keramas jika  Anda ingin melakukan creambath

  • Rambut Dibagi Menjadi Beberapa Bagian

Membagi rambut menjadi beberapa bagian selama menjalani perawatan ini, terbukti  efektif meningkatkan penyerapan nutrisi  dan kandungan lainnya yang penting untuk kesehatan dan keindahan rambut. 

Anda bisa saja melakukan creambath pada rambut tanpa menggunakan teknik ini. Anda bisa langsung mengoleskan krim ke rambut dan kulit kepala, tapi cara ini membuat kandungan nutrisi dalam krim tidak dapat meresap dengan baik. Ada kemungkinan bagian-bagian tertentu pada rambut dan kulit kepala tidak terolesi dengan baik, sehingga manfaat yang didapat pun tidak maksimal

Selama perawatan ini, bahwa membagi rambut menjadi beberapa bagian terbukti efektif bagian meningkatkan penyerapan nutrisi dan kandungan lainnya yang diperlukan untuk kesehatan dan keindahan rambut. 

Anda dapat menggunakan krim langsung pada rambut dan kulit kepala tanpa metode di atas, tetapi ini akan menyulitkan nutrisi meresap ke dalam  kulit kepala dan rambut. Bagi rambut panjang Anda menjadi empat hingga enam bagian. Bila  rambut Anda pendek, belah rambut menjadi dua atau tiga bagian. 

Selain itu, pastikan juga semua penjepit rambut berada pada jarak yang sama. Dengan begitu pengaplikasian krim bisa lebih merata dan meresap dengan maksimal 

  • Aplikasikan Krim pada  Rambut

Tempatkan krim creambath di wadah yang sesuai untuk diterapkan pada rambut. Dengan menggunakan sisir aplikator, oleskan krim pada kulit kepala, pangkal, dan ujung rambut secara merata. Jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa menggunakan telapak tangan, jadi pastikan tangan Anda bersih sebelum memulai perawatan ini.

  • Lakukan Pijat Ringan pada Kepala Anda 

Setelah mengoleskan krim dengan rata pada kepala Anda, pijat kepala dengan lembut agar krim lebih mudah meresap. Pijatan lembut ini meningkatkan aliran darah dan memberikan nutrisi pada rambut.

Selain itu, disarankan untuk menikmati pijatan secara santai. Dengan melakukan ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan nutrisi dan perawatan untuk rambut Anda, tetapi Anda juga akan memiliki kesempatan untuk me time. Setelah pijatan selama beberapa menit, gabungkan rambut Anda sebelum menggolongkannya ke atas.

  • Melakukan Hair Steaming

Handuk panas dapat digunakan sebagai pengganti hair steamer salon. Bagaimana cara terbaik untuk menyiapkannya?

Masukkan dua handuk kecil bersih ke dalam air mendidih. Tunggu sebentar, lalu angkat dan peras. Tutup rambut Anda dengan handuk panas setelah Anda selesai. Pastikan handuk tidak lepas.

Setelah itu, tutup rambut Anda dengan shower cap. Metode ini digunakan untuk mencegah air menetes selama proses steaming. Diamkan rambut selama sepuluh hingga lima belas menit.

  • Bilas Rambut dengan Air Dingin

Setelah mencuci rambut, bilas rambut dengan air dingin hingga bersih. Air dingin  tersebut untuk memperkecil pori-pori yang terbuka saat mencuci rambut. Creambath harus dilakukan satu atau dua kali sebulan untuk rambut berminyak, dan  sekali seminggu untuk rambut kering serta rapuh.

Baca Juga  6 Pilihan Salon Refleksi Terbaik di Bogor untuk Memanjakan Tubuh!

Apa Perbedaan Creambath Rambut, Hair Mask, dan Hair Spa?
Perbedaan Creambath Rambut, Hair Mask, dan Hair Spa

Baik creambath maupun hair mask  dan hair spa menggunakan krim khusus untuk merawat rambut.  Namun, tahapan dan tujuan dari masing-masing perawatan tersebut  berbeda.  Apa yang membedakan ketiganya  dan mana yang paling cocok untuk Anda?

Menurut Allthingshair.com, perbedaan antara Creambath, Hair Mask, dan Hair Spa adalah sebagai berikut:

Creambath Rambut, Menutrisi dan Melembapkan Rambut

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, creambath merupakan perawatan rambut asli Indonesia yang  diciptakan dan dipopulerkan oleh pakar rambut terkenal Rudy Hadisuwarno pada sekitar tahun 70-an. Rudy mengembangkan krim rambut yang dapat mengembalikan kelembapan dan kesehatan  rambut tanpa membuat rambut jadi lengket. .

Fungsi Creambath

Perawatan rambut yang satu ini  selalu ada di setiap salon kecantikan, lalu apa saja fungsi sebenarnya dari creambath rambut ini?

  • Memberikan Efek Relaksasi

Salah satu treatment dalam perawatan ini adalah  pijatan pada pada kepala lehet dan bahu. Pijatan  tersebut, khususnya di bagian kepala,  tidak hanya memaksimalkan penyerapan nutrisi tetapi juga memberikan efek relaksasi. Otomatis ini bisa meningkatkan suasana hati.

  • Melembutkan Rambut

Krim untuk creambath terbuat dari bahan-bahan yang mengandung vitamin, mineral dan dan memiliki kemampuan untuk melembabkan, di antaranya  beberapa jenis buah-buahan dan  sayuran, susu, serta  yogurt. Berkat kandungan tersebut perawatan ini sangat membantu rambut yang rusak, kering dan kasar. 

Untuk memberikan nutrisi langsung ke akar rambut, perawatan ini berkonsentrasi pada kulit kepala karena disinilah folikel rambut berada. Sederhananya ya folikel rambut merupakan tempat tumbuhnya rambut. 

Nutrisi dari produk perawatan rambut, dalam hal ini krim creambath akan meresap ke dalam kulit kepala kemudian didistribusikan kepada rambut melalui folikel rambut. Untuk meningkatkan kesehatan akar rambut, krim creambath menggabungkan berbagai nutrisi dan vitamin. 

Selain itu, pijatan di kulit kepala saat sesi perawaan juga dapat memperlancar aliran darah di folikel atau akar rambut, sehingga membuat rambut lebih kuat dan sehat.

Masker Rambut, Efektif Mengatasi Rambut, Kering, Rusak, dan Rontok

Seperti halnya  creambath, masker rambut (Hair Mask) menjadi salah satu jenis perawatan rambut favorit di salon. Sama dengan creambath, sebelum melakukan treatment hair mask , Anda juga mesti keramas terlebih dahulu. Setelah itu, baru mengaplikasikan krim masker rambut. 

Berbeda dengan  Creambath, pada Hair Mask, setelah selesai mengaplikasikan krim, tidak menggunakan hair steamer. Rambut yang telah diolesi krim masker rambut dibiarkan begitu saja selama 15 – 30 menit. Pada tahapan ini juga tidak ada pijatan pada kepala. Setelah itu, rambut dibilas hingga bersih. 

Kandungan nutrisi  dalam masker rambut membantu mengatasi masalah rambut kering, rusak, dan rontok. Perawatan batang rambut membutuhkan perhatian khusus, sehingga  pada treatment ini tidak dilakukan pijatan pada kulit kepala. Ini untuk mencegah kerontokan lebih lanjut dan melindungi batang rambut yang rentan rapuh.

Biasanya krim masker rambut diaplikasikan pada seluruh rambut dan kulit kepala, tapi jika rambut Anda tipe berminyak dan mudah lepek, sebaiknya gunakan krim masker rambut hanya di batang rambut.

Fungsi Masker Rambut (Hair Mask)

Tak jauh beda dengan creambath, perawatan dengan masker rambut juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Anda tinggal menyiapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan, lalu melakukan treatment tersebut di kala  luang. Apa saja manfaat penggunaan masker rambut secara teratur? 

Berikut sejumlah fungsi peting masker rambut:

  • Merawat Rambut Kering dan Kusut

Hair spa membantu mengatasi masalah rambut kering, kusam, dan mudah kusut. Kandungan vitamin dan serum dalam krimnya juga terbukti efektif dalam mengatasi rambut bercabang.

  • Memberikan Efek Relaksasi dan Meredakan  Stres

Proses hair spa, serupa dengan creambath, tidak hanya merawat rambut tetapi juga memberikan efek relaksasi melalui pijatan pada kulit kepala. Ini menjadi solusi bagi mereka yang mencari momen relaksasi sekaligus  self-love dan perawatan rambut,

  • Mengontrol Produksi Sebum Berlebih

Sebum merupakan  zat alami yang diproduksi oleh kulit, termasuk kuli kepala.  Zat alami ini  punya peran penting dalam menjaga kesehatan bagian terluar tubuh. Salah satu fungsi menjaga kelembaban alami kulit sehingga kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Hair spa efektif untuk mengatasi rambut berminyak. Krim pada hair spa membantu mengatur produksi sebum di kulit kepala. Meski kebanyakan  salon  tidak menyertakan terapi pijat pada treatment  hair spa, Anda bisa meminta layanan ini pada terapis Anda saat treatment hair mask tersebut.

Pijatan yang dilakukan memudahkan nutrisi dari krim hair mask meresap ke dalam pori-pori kulit kepala hingga akhirnya sampai ke folikel rambut. Dengan begitu. Rambut jadi lebih kuat dan berbagai masalah rambut pun bisa teratasi. 

  • Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Hair spa diakui sebagai solusi untuk masalah rambut rontok. Melalui kombinasi pijatan dan steaming yang dilakukan membantu mem, sirkulasi darah di kulit kepala ditingkatkan, mengoptimalkan penyerapan krim rambut dan memberikan nutrisi pada folikel rambut untuk pertumbuhan yang lebih baik.

  • Mengatasi Ketombe

Salah satu manfaat hair spa adalah mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala, membantu melawan pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

  • Melembutkan  Rambut

Rambut yang kehilangan kelembapan alaminya menjadi kering,  Keadaan ini kerusakan pada  pada lapisan kutikula, lapisan terluar rambut yang berfungsi mengunci kelembapan. Perawatan teratur dengan cara ini membuat rambut  halus, lembut, dan mudah diatur. Masker rambut melembapkan rambut dari dalam secara alami.

  • Merawat Rambut Rusak

Kandungan nutrisi pada masker rambut untuk merawat sekaligus menutrisi rambut yang telah mengalami kerusakan. Penggunaan alat-alat hair styling  dan pewarnaan rambut yang tidak dibarengi dengan perawatan yang cukup atau dapat mengakibatkan rambut kehilangan kelembapan alaminya. 

Selain karena efek samping perawatan dan stayling rambut yang kurang tepat, krusakan rambut  juga dipicu paparan sinar matahari serta pencemaran udara, 

  • Mengatasi Rambut Kusut dan Mengembang

Jika rambutmu mudah kusut dan tampak mengembang, itu tanda  rambutmu membutuhkan perawatan ekstra. Penyebab utama masalah ini adalah  kutikula yang mengalami kerusakan.

Gesekan pada batang rambut dengan kutikula yang rusak, dapat membuat rambut saling terkait dan menjadi kusut. Selain itu kondisi rambut yang mengembang disebabkan oleh hilangkan kelembapan rambut, sehingga membuatnya  kering dan terasa ringan.

  • Membantu Mengatasi Kerontokan Rambut

Ada banyak faktor yang menyebabkan kerontokan rambut secara signifikan, seperti paparan sinar UV berlebihan, proses pewarnaan dan bleaching rambut, kekurangan nutrisi pada batang rambut, infeksi jamur dan bakteri, serta penggunaan berlebihan alat–alat hair styling, seperti catokan atau pengering rambut.

Baca Juga  Memangnya Boleh Pijat Bayi Baru Lahir? Ini Penjelasannya!

Penggunaan masker rambut secara teratur dapat membantu mengatasi masalah kerontokan akibat rambut yang kering dan kekurangan nutrisi.

 Hair Spa, Versi Premium dari Creambath

Secara konseptual, hair spa dapat dianggap sebagai versi premium dari creambath. Proses perawatan hair spa hampir sama dengan creambath. Perbedaan utamanya terdapat pada krim yang digunakan. 

Krim hair spa diperkaya dengan vitamin atau serum tambahan yang berfungsi untuk  untuk melembutkan, memperkuat akar, dan mengembalikan kilau alami rambut. Penggunaan minyak esensial selain memberikan manfaat yang lebih, juga memberikan aroma yang lebih intens.
Hair spa cocok untuk mengatasi masalah rambut kusam, kering, dan berminyak. Setelah menjalani perawatan hair spa, biasanya rambut akan terasa lebih lembut dan bervolume (bouncy). Ini bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang menginginkan perawatan creambath yang lebih lebih eksklusif . 

Tentu harga yang mesti Anda bayar untuk mendapatkan perawatan eksklusif ini sedikit lebih mahal, tapi sebanding dengan manfaat dan pengalaman yang Anda dapatkan. Lalu, apa sebenarnya fungsi SPA rambut (hair spa)?

Fungsi Spa Rambut (Hair SPA)

Meski menawarkan harga yang lebih tinggi daripada dua perawatan rambut sebelumnya, tapi sebanding dengan fungsi perlindungan maksimal terhadap rambut yang ditawarkan. Berikut beberapa fungsi penting Spa Rambut yang mesti Anda tahu:

  • Merawat Rambut Kering dan Kusut

Tanda-tanda kerusakan pada rambut adalah kekeringan, kekusaman, dan mudah kusut. Dengan berbagai manfaatnya, hair spa dibuat untuk mengatasi masalah ini. Krim hair spa dengan serum dan vitamin membantu mengatasi masalah rambut bercabang.

  • Memberikan Efek Relaksasi dan Meredakan Stres

Metode pijatan dalam hair spa membantu rambut menjadi lebih baik dan membuat Anda juga  merasa lebih baik. Terlebih lagi jika pengobatan ini dikombinasikan dengan aromaterapi. Bagi mereka yang ingin meluangkan waktu untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut mereka sekaligus, perawatan  ini layak dipertimbangkan. .. 

  • Mengatasi  Produksi Sebum yang Berlebihan

Perawatan rambut spa tidak hanya dapat mengatasi kekeringan rambut, tetapi juga dapat membantu mengatasi masalah rambut berminyak. Formulanya mengurangi produksi sebum alami (minyak rambut) tanpa mengeringkan rambut.

  • Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Perawatan rambut spa secara teratur dipercaya dapat mengurangi masalah rambut rontok dan juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Meskipun belum ada bukti ilmiah yang secara tegas mengkonfirmasi manfaat ini, melakukan perawatan rambut spa secara teratur membuat rambut lebih sehat dan sirkulasi darah lebih lancar, yang memumgkinakn  rambut tumbuh lebih cepat. 

  • Mengatasi Ketombe

Ketombe muncul karena terjadi kerusakan pada sel-sel kulit kepala, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi jamur hingga kekurangan nutrisi. Hair spa dapat membantu mengatasi ketombe dengan memberikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala sehingga kerusakan dapat diperbaiki sepenuhnya.


Dengan memahami perbedaan antara creambath, hair mask, dan hair spa, pilihan terbaik tergantung pada kebutuhan rambutmu. Creambath cocok sebagai perawatan dasar, hair mask baik untuk rambut yang sering terekspos catokan atau pewarnaan, sementara hair spa menjadi pilihan tepat untuk rambut kering, kusam, dan berminyak. Sebagai penutup, semua perawatan ini memiliki keunggulan masing-masing sesuai dengan karakteristik rambut yang ingin kamu atasi.

Mengenal Beragam Manfaat Creambath Rambut

Manfaat Creambath Rambut

Manfaat creambath rambut bervariasi tergantung pada apa yang ada di dalamnya, tetapi beberapa di antaranya adalah:

  • Melembutkan Rambut

Rambut kusut dan sulit diatur dapat menyebabkan mood yang buruk. Ini terutama berlaku jika Anda telah mencoba berbagai metode untuk menata dan merapikan rambut Anda tetapi tidak berhasil.

Salah satu manfaat creambath yang bisa Anda nikmati secara langsung adalah melembutkan rambut. Pilih krim yang mengandung silika untuk mendapatkan manfaat ini.

Pisang adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin menggunakan bahan alami. Pisang mengandung mineral dan silika yang dapat melembutkan dan membuat rambut lebih bercahaya.

  • Memperkuat Helaian Rambut

Creambath tidak hanya melembapkan rambut tetapi juga merawat batang dan akarnya, mengurangi kerontokan. Telur dan lidah buaya merupkan beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk memperkuat helaian rambut.

Kedua bahan alami tersebut berpotensi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, meningkatkan ketebalan, dan menjaga kekuatan rambut berkat nutrisi mereka, seperti vitamin A, vitamin E, protein, dan asam folat. Lidah buaya atau telur dapat dicampur dengan madu untuk memberikan kilau ekstra pada rambut Anda.

  • Mengatasi Rambut Kering

Masalah rambut kering seringkali disertai dengan kemungkinan rambut menjadi rapuh dan kusut. Krim yang biasanya digunakan untuk creambath mengandung minyak, yang dapat membantu  meningkatkan kelembapan rambut. Hair Spa Treatment lebih efektif menangani rambut kering daripada penggunaan kondisioner

  • Memberi Efek Relaksasi

Selain itu, pijatan yang dilakukan oleh terapis membantu mengendurkan otot-otot di sekitar leher, bahu, dan kepala. Suasana hati secara keseluruhan dapat ditingkatkan dengan merasakan kesegaran di kepala dan tubuh yang lebih rileks.

Pijatan pada  kulit kepala juga dapat memperlancar aliran dan membuat kulit kepala menjadi lebih sehat, sehingga rambut pun akan tumbuh lebih kuat dan indah, 

  • Memperbaiki Rambut yang Rusak

Rambut yang kerap menjalani proses hair styling, seperti meluruskan, mengeriting, mewarnai, atau mencatok, lebih rentan untuk rusak. Selain itu, paparan sinar matahari, polusi udara, dan perubahan iklim juga dapat menyebabkan masalah pada rambut dan kulit kepala.

Untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan pada rambut, gunakan masker rambut yang mengandung vitamin dan kolagen.

Hingga saat ini popularitas creambath rambut sebagai pilihan utama treatment  perawatan rambut, belum tergantikan meskipun telah hadir varian lain dari perawatan ini, yakni hair mask dan hair spa, Ini karena meski ketiganya sepintas serupa, tetapi memiliki fungsi yang berbeda dalam perawatan rambut. 

Menariknya lagi creambath juga bisa dipadukan dengan perawatan lainnya, salah satunya Full Spa Body Massage. Karena itulah, Halo Massage  menghadirkan Full Spa Body Massage + Creambath. Relaksasi pijatan tradisional dengan tambahan treatment rambut dan kulit kepala untuk melembapkan rambut yang kering,serta memberi nutrisi pada rambut. 

Halo Massage merupakan layanan pijat on demand berbasis aplikasi dari Halo Jasa. Layanan tersebut memungkinkan Anda untuk mendapatkan beragam terapi pijat terbaik, salah satunya home service massage untuk Full Spa Body Massage + Creambath di atas, hanya melalui aplikasi resmi Halo Jasa di ponsel Anda atau bisa juga melalui Customer Service Official Website Halo Jasa. 

Anda bisa memesan terapi pijat favorit kapan pun dan di mana pun tanpa antre.  Layanan Halo Massage tersedia 24 jam dengan harga affordable. Tunggu apa lagi?

Hidup yang lebih berkualitas kini ada dalam genggaman Anda. Halo Massage dari Halo Jasa. #KembaliBugarTanpaRepot

Referensi:

Alodokter.com/5-manfaat-creambath-untuk-kesehatan-rambut#
Dove.com/id/stories/tips-and-how-to/hair-care-tips-advice/di-rumah-aja-tetap-bisa-creambath-dengan-7-langkah-ini.html
Allthingshair.com/id-id/perawatan-rambut/perawatan-
rambut-khusus/hair-spa-creambath-hair-spa/#

Diakses 15 November 2023