Mau Coba Cuci AC Sendiri? Berikut Langkah-langkah nya

0
1083
Jasa Cuci AC Depok

Jasa Cuci AC DepokSobat berjasa pernah berfikir untuk mencuci AC sendiri ngga sih? Disaat pandemi yang masih marak seperti ini, banyak orang jadi memiliki hobi baru. Mulai dari bersepeda, hingga berkebun. Sebagian lagi kini jadi lebih kreatif dengan mengerjakan pekerjaan yang biasanya ditugaskan pada ahli. Seperti mereparasi mesin cuci, hingga mencuci AC. Jika sebelum pandemi kita lebih mempercayakan layanan jasa pembersihan cuci AC seperti melalui halo fix, kini  kamu bisa lho mencoba sendiri membersihkan AC kamu agar selalu bersih.

Kenapa mencuci AC sendiri? Sebagian orang merasa membawa orang kedalam rumah di masa seperti ini bisa berbahaya. Sebagian lagi mengisi waktu luang mereka dirumah dengan membersihkan seisi rumah, termasuk AC. Pada dasar nya, mencuci AC bisa kamu lakukan kok, memakai jasa cuci AC bisa memberikan kamu opsi, mengerjakan lebih cepat dan di tangan orang yang sudah paham dengan peralatan yang lengkap.

Namun, kalau kamu mau mencoba membersihkan sendiri. Ada baik nya kamu membaca info mengenai unit AC kamu di buku manual ya, agar kamu paham komponen nya. berikut adalah langkah-langkah dan peralatan yang harus kamu siapkan sebelum memulai:

Jasa Cuci AC Depok (2)

Nah, setelah peralatan sudah tersedia semua, yuk kita tahapan mencuci AC sendiri.

Membersihkan AC Indoor (Dalam Ruangan)

1.     Cabut Semua Kabel Sumber Listrik

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah mencabut sumber listrik AC ya. Biasanya, saklar berada persis di samping unit AC. Namun, jika kamu mau lebih aman, mematikan listrik secara keseluruhan pun diperbolehkan. Ini karena nanti nya, pembersihan unit AC akan terbagi menjadi dua, yakni pembersihan indoor dan outdoor. Kedua pembersihan ini juga akan melibatkan air, sehingga akan sangat penting sebelum memulai, untuk memastikan tidak ada aliran listrik menuju AC.

2.     Bersihkan Cover Luar AC

Setelah listrik di matikan, langkah pertama adalah membersihkan cover bagian luar AC indoor kamu. untuk membersihkan nya, kamu bisa mulai dengan menggunakan lap kering terlebih dahulu, untuk membersihkan debu yang terlihat, setelah itu, gunakan kanebo untuk membersihkan debu kecil yang tak kasat mata. Pastikan kanebo dalam kondisi basah ya, agar debu terangkat dan terbawa bersama kanebo. Selesaikan dengan mengelap kembali seluruh bagian AC dengan lap kering.

3.     Bersihkan Filter Udara AC

Sebelum melepas filter AC dari tempat nya, ada baik nya kamu membaca buku panduan terlebih dahulu. Atau kamu juga bisa cek Youtube terkait komponen unit AC kamu. Karena filter AC tidak bisa asal tarik, ada pengait tertentu yang perlu dilepas sebelum filter terpisah dari AC. Jika sudah, bersihkan filter AC terlebih dahulu menggunakan kuas, pastikan debu yang masih bisa dibersihkan, dibersihkan terlebih dahulu.

Jika sudah, bersihkan filter secara perlahan menggunakan sikat, kamu juga bisa tambahkan sabun untuk memastikan filter AC benar-benar bersih. Ini karena filter bertugas sebagai penyaring udara sebelum dihembuskan menjadi udara dingin. Setelah dibersihkan dan di cuci. Akhiri dengan mengeringkan nya secara menyeluruh.

4.     Bersihkan Evaporator AC

Evaporator pada AC split berfungsi sebagai alat untuk menampung uap dingin yang dihasilkan oleh gas freon. Ketika evaporator kotor, maka udara yang dihasilkan pun tidak maksimal dan dingin nya tidak akan terlalu terasa. Sebelum membersihkan evaporator, pastikan bagian lantai tempat AC berada dalam keadaan kosong. Atau kamu juga bisa memberikan alas agar air tak langsung jatuh ke lantai. Ini karena pembersihan bagian evaporator akan melibatkan air dengan semprotan yang cukup kencang.

Fungsi nya, agar debu yang menempel pada evaporator bisa terbawa oleh air dan keluar dari AC. Kamu juga bisa menambahkan sabun pada air yang akan digunakan untuk menyemprot. Saat ini, sudah banyak diperjualbelikan cairan pembersih AC yang bisa kamu temukan secara online. Jika sudah, semprotkan evaporator dengan air secara menyeluruh. Bagian evaporator tak bisa di lepas seperti filter AC, para teknisi jasa cuci AC Depok dan sekitar nya, umum nya memiliki semprotan khusus bertekanan tinggi. Kamu sendiri bisa gunakan semprotan air untuk melakukan pembersihan ini.

Cuci AC Depok

Membersihkan AC Outdoor (Luar Ruangan)

Setelah AC bagian dalam dibersihkan, maka langkah selanjut nya adalah membersihkan AC outdoor. AC ini berada pada bagian luar ruangan, yang berbentuk kotak dan memiliki kipas di dalam nya. Nah, berikut adalah tahapan pembersihan nya:

1.     Bersihkan Bagian Luar (Casing)

AC outdoor dirancang untuk bertahan pada segala macam cuaca, itulah alasan mengapa ia disebut outdoor. Karena AC ini berada di luar, maka tentu akan sangat rentan kotor. Kamu bisa mulai bersihkan bagian luar casing ini dengan menyiram air dan melakukan pengelapan secara menyeluruh. Kamu juga bisa gunakan sabun untuk memastikan debu-debu terangkat. Namun pastikan kamu mengelap nya hingga benar-benar kering ya. Karena jika tidak, maka sisa sabun bisa membuat casing berkarat.

2.     Bersihkan Bagian Dalam

Berbeda dengan AC indoor yang harus di buka, pembersihan AC outdoor terbilang lebih sederhana. Kamu tak perlu membuka bagian apapun, karena jika sudah terbuka, maka casing tidak akan kokoh lagi dan kemungkinan akan termasuki air pada bagian vital. Kamu bisa menyiram bagian samping, belakang, dan depan unit casing menggunakan air bertekanan tinggi. Ini berguna untuk mendorong debu yang menempel pada lokasi sulit. Sehingga debu mudah terangkat dan kita tinggal melakukan pembersihan final saja menggunakan lap. Kamu juga bisa sikat bagian jaring-jaring besi yang ada pada bagian samping atau belakang casing.

3.     Bersihkan Kipas

AC outdoor memiliki kipas yang berguna untuk mengeluarkan hawa panas. Kamu bisa bersihkan kipas ini dengan menyemprotkan air dari luar casing. Pastikan kipas di dalam nya bisa berputar sempurna, dan debu yang menempel pada kipas bersih. Jangan mencoba untuk melepas cover kipas dan mengeluarkan nya dari dudukan nya ya. Kamu cukup bersihkan dari luar saja.

Cuci AC Depok (2)

Tak sulit bukan membersihakan AC sendiri? Tentu, karena kamu bukan ahli nya, wajar jika akan sedikit kesulitan di awal. Pastikan untuk melakukan pengecekan unit melalui buku manual telebih dahulu ya. AC yang bermasalah mungkin akan tetap tidak dingin ketika selesai di bersihkan. Kamu bisa manfaatkan cuci AC terdekat dan servis dari halo fix untuk mengatasi hal ini. Vendor halojasa sudah memiliki kualifikasi dan peralatan yang ter-standarisasi. Yuk manfaatkan jasa cuci AC Depok dan daerah lain di Jakarta, Tangerang, serta Bekasi.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%