Tahukah Kamu Pijat bisa Tingkatkan Rasa Bahagia?

0
136
Reflexology Massage

Pernah kah sobat bejasa berfikir, darimana asal rasa bahagia? Selain karena ada nya suatu hal yang membuat kita senang, darimana sih asal rasa bahagia di tubuh kita? Dari hati? Atau dari otak? Tahukah sobat berjasa, kalau rasa bahagia bisa timbul dan dapat kita jaga dengan beberapa aktivitas? Mulai dari bersantai dengan pasangan, hingga sekedar manjakan diri dengan Reflexology Massage.

Perasaan bahagia yang kita alami berasal dari hormon. Secara fungsi, terdapat empat hormon yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Hormon ini bertugas merangsang dan menimbulkan rasa bahagia atas suatu tindakan yang kita lakukan. Ke-empat hormon ini masing-masing harus selalu seimbang, agar suasana hati atau mood tetap dalam kondisi baik.

Sebelum membahas lebih dalam jenis aktivitas yang bisa menyeimbangkan dan membuat hormon dalam tubuh berfungsi lebih baik. Yuk kita bahas secara singkat, ke-empat jenis hormon dalam tubuh yang memegang peran penting dalam rasa bahagia kita.

Kerokan Badan

 

Jenis-Jenis Hormon Kebahagiaan

1.    Endorfin

Jika kamu lebih mengenal nama endorfin sebagai salah satu ingredients atau bahan baku sebuah obat, maka kamu perlu meluruskan persepsi tersebut. Endorfin adalah hormon yang secara alami sudah berada di dalam tubuh kita. Hormon ini berguna sebagai pereda rasa nyeri. Rasa nyeri yang dimaksud dalam hal ini bukan lah rasa sakit akibat luka fisik. Melainkan karena rasa cemas, depresi, dan stres. Tak hanya itu, endorfin juga berguna untuk meningkatkan rasa percaya diri kita. Maka jika kamu merasa kurang percaya diri, mungkin ada yang salah dengan sistem hormon endorfin kamu.

2.    Serotonin

Serotonin merupakan hormon dalam tubuh yang berfungsi untuk mengatur suasana hati kita. Mulai dari mengatur mood, mengatur siklus tidur, nafsu makan, kemampuan berfikir, sistem pencernaan, serta daya ingat. Memiliki kandungan hormorn serotonin yang ideal akan membuat kita memiliki mood yang lebih teratur. Ketika mood kita selalu terjaga dan dalam kondisi optimal, maka kita juga tak akan cepat lelah dari segi batin.

3.    Oksitosin

Jika dua hormon sebelumnya menghubungkan kita dengan diri sendiri, Oksitosin cenderung dipengaruhi oleh orang disekitar kita. Hormon oksitosin akan muncul ketika kita sedang memadu kasih dengan pasangan. Selain itu, hormon ini juga akan muncul ketika pasangan suami istri tengah berhubungan seks. Lalu, tak melulu dengan lawan jenis, hormon ini juga membantu proses penguatan ikatan batin antara ibu dan anak nya.

4.    Dopamin

Dopamin adalah hormon yang juga merupakan neurotransmitter (senyawa otak), berperan dalam rasa percaya diri, penghargaan diri seperti termotivasi. Hormon ini juga berpengaruh dalam mengatur rasa bahagia kita. Selain mengatur nya, dopamin juga akan membantu proses otak dalam melakukan penalaran, dan daya ingat.

Kerokan

 

Cara Meningkatkan Hormon Kebahagiaan

Penggunaan obat-obatan untuk meningkatkan hormon kebahagiaan perlu pengawasan dan konsultasi dokter terlebih dahulu. Daripada menggunakan obat, aktivitas dibawah ini bisa kamu lakukan nih sobat berjasa untuk meningkatkan kada hormon kebahagiaan kamu:

1.    Memiliki Pola Tidur Cukup

Kita tahu bahwa pola tidur yang berantakan juga akan berpengaruh pada kesehatan. Salah satu dampak dari pola tidur yang tak teratur adalah terganggu nya kadar dopamin dalam tubuh. Hasilnya, tubuh akan mudah lelah, rasa bahagia yang kamu rasakan pun tak akan se-exciting sebelum nya. Untuk menjamin kadar dopamin mu selalu dalam jumlah yang optimal, kamu bisa mulai dengan atur pola tidur kamu. istirahat selama 7-9 jam terbilang cukup untuk bantu kamu menjaga kadar dopamin dalam tubuh.

2.    Bermesraan dengan Pasangan

Hormon oksitosin bisa kamu jaga kadar nya dengan rutin bermesraan dengan pasangan kamu. Tak hanya itu, hubungan seks dan orgasme juga akan membantu hormon endorfin dan dopamin turut meningkat. Aktivitas bermesraan seperti memeluk pasangan, menghabiskan waktu berdua, bercengkrama satu sama lain, bisa membantu meningkatkan dan menjaga kadar hormon oksitosin dalam tubuh kamu.

3.    Tidak mengurung diri di rumah

Percaya atau tidak, ketika kamu menghabiskan waktu di luar rumah dengan menghirup udara segar dan beraktivitas, bisa meningkatkan kadar serotonin dan endorfin kamu. Paling tidak, kamu perlu menghabiskan 10-15 menit setiap hari dengan berada di luar rumah. Paparan sinar matahari dan udara di luar rumah bisa membantu kamu menaikkan hormon serotonin dan endorfin. Selain itu, dengan berada diluar rumah, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas, seperti bercengkrama dengan orang lain hingga berolahraga.

4.    Memesan Jasa Pijat

Meski terdengar sedikit klise, namun fakta nya dengan pijat, kadar hormorn serotonin dan dopamin kamu bisa bertambah. Dampak pijatan yang terasa oleh tubuh bisa berdampak positif pada kenaikan kedua hormon tersebut. Kamu bisa manfaatkan halo massage untuk reflexology massage, atau sekedar ingin Kerokan untuk hilangkan rasa masuk angin. Kamu bisa tingkatkan hormon oksitosin dan dopamin kamu dengan aktivitas ini.

Jadi, apakah ke-empat hormon kebahagiaan kamu berfungsi dengan baik? Jika kamu merasa kurang percaya diri, kamu bisa coba beberapa alternatif aktivitas di atas yang bisa kamu kerjakan untuk pastikan rasa bahagia kamu kembali optimal. Mau reflexology massage? Halo massage aja ya!

Facebook Comments
love
Senang
50%
haha
Terinspirasi
50%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%