Pertimbangkan Tips Menghitung Jumlah Porsi Catering Yang Tepat Pada Resepsi Pernikahan

0
40156
Halojasa Tips menghitung jumlah porsi catering

Tips menghitung jumlah porsi catering pernikahan – Acara pernikahan merupakan pesta paling ditunggu-tunggu bagi setiap pasangan baru. Dan untuk menjadikan pesta pernikahan penuh makna dan berkesan memang butuh perjuangan. Salah satunya adalah menyiapkan menu untuk para tamu undangan. Tentu bukan hal yang sederhana menyiapkan kuliner. Jangan sampai nantinya menu yang dipersiapkan jutru kurang sehingga ada tamu lain yang belum sempat mencicipi makanan khas pesta pernikahan. Pastinya membuat keluarga yang punya acara jadi malu bukan?

Halojasa Tips menghitung jumlah porsi catering

Tak ingin hal ini menimpa Anda, maka persiapkan dengan sebaik mungkin. Rencanakan dengan matang dan catat jumlah tamu undangan beserta tamu tambahannya. Cara ini cukup membantu akan tetapi belum pas rasanya jika tidak berkonsultasi dengan jasa catering event yang Anda tunjuk. Jasa catering akan membantu mengurus semua keperluan konsumsi pesta pernikahan. Disini Anda dapat menentukan berapa jumlah porsi makanan yang dipesan. Sangat disayangkan jika memesan porsi banyak akan tetapi jumlah tamu yang diundang ada yang tidak hadir. Sementara itu memesan porsi yang terlalu pas juga dikhawatirkan akan membuat tamu undangan tidak kebagian. Hal ini sangat dihindari, untuk itu ketahui langkah mudah menentukan porsi makanan yang pas untuk pesta pernikahan.

  1. Hitung jumlah undangan di kali dua

Ketika menjamu tamu undangan tentunya harus menyesuaikan jumlah porsi dengan jumlah tamu yang diundang. Patikan bahwa Anda memsan makanan yang cukup untuk semua tamu yang hadir. Ada kemungkinan juga tamu yang tidak hadir, akan tetapi jangan berfikir bahwa Anda harus mengurangi jumlah porsi. Mengurangi jumlah porsi karena berfikir bahwa ada tamu yang tak hadir sangat tidak lazim. Jadi untuk menentukan jumlah dan jenis makanan yang dipesan Anda bisa mengasumsikan total tamu undangan. Misalnya mengundang tamu beserta pasangannya maka porsi makanan untuk setiap undangan dikalikan 2. Meskipun ada juga yang membawa keluarga tetapi mengalikan porsi makanan ini dirasa paling ideal dilakukan.

  1. Tambah jumlah keluarga dan panitia

Jangan sampai Anda melupakan jumlah keluarga dan panitia yang ikut mengurusi acara pernikahan. Anda dapat merinci berapa jumlah anggota keluarga besar termasuk keluarga dari pasangan. Kemudian jumlah panitia. Perkirakan jumlah porsi keluarga yang diundang beserta pasangan dan anak-anaknya. Misalnya keluarga besar dari ibu dan ayah serta keluarga besan.

  1. Kurangi 10% untuk faktor ketidak hadiran

Saat kartu undangan sudah Anda sebar maka tidak menjamin semua tamu undangan akan hadir. Beberapa tamu kemungkinan tidak dapat hadir karena memiliki acara lain terlebih jika tamu tersebut adalah orang penting. Jadi Anda dapat mengurangi 10% dari total porsi awal yang sudah dirinci. Atau Anda bisa mengurangi berapa presentasi sesuai kebutuhan. Jika Anda menyebar undangan online bisa jadi tamu undangan akan bertambah sehingga membuat Anda harus menambah jumlah porsi bukan justru mengurangi.

Cara menghitungnya adalah jika undangan yang Anda buat sejumlah 500 undangan lalu kalikan 10% faktor ketidak hadiran maka 500 undangan di kali 2 orang (pasangan) jumlahnya 1000 paket porsi. Kalikan dengan 10% (10×1000) maka hasilnya 100 paket porsi. Hasilnya jumlah tamu (1000 pax) dikurangi 100 pax maka total paket porsi adalah 900 pax. Jadi Anda bisa memesan jumlah porsi sebanyak 900 pax.

  1. Bandingkan Buffet dan Stall (60:40 dan 50:50)

Lebih baik bijak dalam membagi porsi buffet (menu utama) dan stall (camilan) untuk acara pernikahan. Gambarannya adalah menggunakan perbandingan rasio sebanyak 60 : 40 untuk acara pesta di siang hari. Artinya untuk 60% poris buffet dan 40% untuk porsi stall. Jika jumlah undangan 1000 maka buffetnya adalah 60% dikali 1000 maka sebanyak 600 porsi buffet. Akan tetapi jika acara dilakukan di malam hari Anda bisa menggunakan perbandingan 50 : 50. Mengapa berbeda, karena biasanya tamu akan memilih menu makanan yang ringan (stall) ketimbang menu berat (buffet).

  1. Lakukan perbandingan 1 porsi buffet sama dengan 5 porsi stall

Khusus untuk acara pernikahan yang menhidangan menu prasmanan biasanya ada banyak pilihan menu makanan. Tamu undangan terkadang hanya memilih satu porsi makanan stall padahal masih banyak menu stall lainnya. Padahal beberapa menu dipersiapkan dan tamu undangan boleh berkeliling untuk mencicipi hidangan lainnya. Jadi cara hitungnya adalah dengan mengalikan jumlah porsi stall. Cara menghitungnya adalah jumlah buffet 60% dikali 1000 tamu maka menghasilkan 600 porsi. Sementara jumlah porsi stall adalah 40% dikali 1000 tamu dan dikali 5 maka menghasilkan 2000 porsi.

Akan tetapi, jika Anda memilih menu stall yang lebih banyak ketimbang buffet bisa jadi malah mubazhir. Lebih baik gunakan porsi sedang-besar. Jika masih belum paham Anda bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa catering yang sudah memberi penawaran tentang beragam menu stall.

Contoh estimasi pesanan porsi menu untuk tamu undangan

Di bawah ini salah satu contoh tentang cara merinci berapa porsi yang bisa Anda siapkan. Jika Anda menyebar 500 undangan hitung juga julah tamu keluarga dan tamu tanpa undangan kartu misalnya berjumlah 50 orang sehingga totalnya 550.

Rumus secara teori:

Total undangan                 : 550 x 2 = 1100 pax

Faktor tak hadir                : 10% x 1100 pax = 110 pax

Jumlah porsi                     : 1100 – 110 = 990 pax (Anda bisa bulatkan menjadi 1000)

Porsi buffet                       : 60% x 1000 pax = 600 porsi

Porsi stall                          : 40% x 1000 pax = 400 porsi x 5 = 2000 porsi

Demikian langkah mudah mengatur jumlah porsi undangan untuk acara pernikahan. Anda dapat berkonsultasi seputar berapa jumlah porsi untuk acara pada ahli atau jasa catering event yang tentunya sudah berpengalaman dalam hal ini.

Baca juga: Tips Catering Agar Tamu Makin Puas

Facebook Comments
love
Senang
24%
haha
Terinspirasi
64%
wow
Netral
12%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%