Cara Merawat Kulkas Agar Tetap Bersih

0
2509
Cara Merawat Kulkas Agar Tetap Bersih

Lemari es atau Kulkas menjadi salah satu alat elektronik yang kini wajib dimiliki oleh masyarakat perkotaan. Selain dapat membuat makanan lebih segar, kulkas juga dapat menjadikan makanan, buah-buahan, dan sayuran lebih awet dan tahan lama. Fitur inilah yang dibutuhkan oleh beberapa masyarakat perkotaan. Karena pasalnya, mereka yang sibuk tidak sempat berbelanja bahan makanan dengan jangka waktu sering. Hal ini dapat membantu mereka dalam menyimpan berbagai jenis bahan makanan ini. Misalnya ketika seorang karyawan membeli bahan makanan yang cukup banyak di akhir bulan, pastinya ia tidak akan menyetok bahan makanan tersebut ke dalam kulkas. Maka dari itu, Anda harus mengetahui bagaimana Cara Merawat Kulkas Agar Tetap Bersih.

Seiring berkembangnya zaman, kini banyak produsen kulkas yang menyediakan berbagai fitur untuk lebih membantu masyarakat dalam menyimpan bahan makanan tersebut. Misalnya fitur anti bau, hemat listrik, hingga penyimpanan yang lebih besar. Jika kulkas menjadi sebuah produk elektronik yang selalu digunakan, sepatutnya Anda harus merawatnya dengan baik sehingga dapat bekerja secara sempurna. Berikut kami berikan ulasan mengenai tips membersihkan kulkas dan cara merawat makanan di dalam kulkas. Simak ulasannya.

Jangan Menyimpan Makanan Busuk

Karena terlalu sibuk dan jarang memperhatikan keadaan di dalam kulkas, terkadang seseorang lupa mengeluarkan makanan yang sudah busuk dari dalam kulkasnya. Hal ini memang terlihat sepele, namun makanan yang bususk akan mengeluarkan aroma tidak sedap dan bakteri yang akan menyebar ke semua makanan yang masih baik keadaaannya. Hak ini akan menyebabkan aroma tidak sedap keluar dari lemari es Anda ketika hendak dibuka. Dan makanan yang tadinya segar akan terpapar bakteri jahat sehingga ikut tidak sehat.

Menutup Kulkas Secara Sempurna

Terkadang Anda dan keluarga khususnya anak-anak tidak memperhatikan hal ini. Hal sepele ini ternyata juga berpenaruh dengan keadaan makanan di dalam kulkas. Lemari es atau kulkas tidak dirancang hanya untuk mendinginkan dan mengawetkan bahan makanan saja, namun di dalam kulkas ada sebuah proteksi yang menjaga bahan makanan tersebut tetap segar. Jika kulkas tidak ditutup secara sempurna, bakteri yang ada di luar kulkas akan masuk dan merusak semua bahan makanan yang masih baik keadaannya. Jadi, usahakan Anda selalu menutup kulkas secara sempurna.

Sering Menutup dan Mmebuka Kulkas

Sama halnya dengan menutup kulkas tidak sempurna, melakukan aksi menutuo dan membuka kulkas ini memberikan kesempatan untuk kuman dan bakteri bisa masuk dengan mudah. Sehingga menyebabkan makanan di dalam kulkas tidak segar lagi. Jangan terlalu sering menutup dan membuka kulkas dengan jangka waktu sering ya.

Menaruh Bahan Makanan Sesuai Letaknya

Letakkanlah bahan makanan sesuai dengan letak yang sudah ditentukan. Produsen kulkas tidak membuat tempat tersebut tanpa alasan tertentu. Jadi, letakkan telur di tempat telur, sayuran di tempat sayuran, daging di tempat daging, dan air minum di tempat botol air minum. Karena sesuai dengan fungsinya, jika daging diletakkan di tempat daging akan sesuai dengan temperatur suhunya sehingga daging tersebut dapat bertahan dengan baik. Hal tersebut sama halnya dengan bahan makanan lainnya. Untuk itu, hal ini harus sangat Anda perhatikan.

Perhatikan Daya Listrik

Ketika Anda memiliki produk elektronik, hal pertama yang Anda harus perhatikan adalah konsumsi listrik tersebut dan daya listrik rumah Anda. Apakah daya listrik rumah Anda kuat menahan konsumsi listrik produk tersebut? Karena jika sering terjadinya keadaan on off, cara kerja kulkas tidak akan maksimal. Jadi makanan yang di dalamnya pun tidak terjaminn kesegarannya. Misalnya ketika kulkas dalam keadaan hidup, tiba-tiba listrik mati, kulkas akan berhenti memberikan kesegaran pada makanan, kemudian makanan yang di dalamnya tidak akan segar. jika itu terjadi berulang, makanan di dalamnya tidak akan tersimpan secara sempurna. Disamping itu, kulkas akan cepat mengalami kerusakaan karena sering dalam keadaan on dan off.

Bersihkan Seminggu Sekali

Jangan anggap kulkas merupakan produk yang tertutup dan tidak harus dibersihkan secara menyeluruh. Sama halnya dengan produk lainnya, Anda harus sering membersihkan kulkas. Pembersihkan kulkas ini dilakukan agar bakteri dan kuman yang bersarang di dalamnya tidak semakin berkembang biak. Lantas darimana bakteri itu? Bakteri tersebut berasal dari tumpahan sirup, air, ataupun makanan atau bahan makanan yang lupa diangkat dan lama di dalam kulkas. Dan hal itu menyebabkan bakteri jahat berkembang biak di dalamnya. Untuk itu, perlu adanya pembersihan secara rutin agar bahan makanan Anda tetap segar dan terbebas dari bakteri dan juga kuman yang kotor.

Angkat makanan keluar semua

Ketika membersihkan kulkas, pastikan semua bahan makanan dan perabotan seperti botol minum terangkat keuar semua. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan pembersihan kulkas. Jika sudah dipindahkan semua, angkat semua bagian-bagian yang dapat dilepas, misalnya laci, dan rak.

Bersihkan Menggunakan Cairan Pembersih

Setelah diangkat semua, hal yang Anda harus lakukan selajutnya adalah menyiapkan sebuah ember atau wadah dan campurkan dengan bahan pembersih seperti sabun cuci piring dan juga air hangat. Hal ini untuk memberikan efek yang lebih bersih. Setelah itu, bersihkan rak dan laci kulkas tersebut dengan menggunakan lap yang sudah dicampurkan dengan bahan pembersih itu. Untuk bagian kulkas yang tidak bisa dilepas, Anda perlu menggosoknya dengan lap tersebut hingga bersih. Lap bisa diganti dengan spon cuci piring juga. Setelah selesai, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap kering, sehingga tidak menimbulkan bau sabun yang tertinggal.

Berikut beberapa ulasan terkait dengan bagaimana menyimpan makanan di dalam kulkas dengan baik dan juga beberapa tips untuk merawat kulkas Anda. Selamat mencoba!

Baca juga: Tips Merawat Mesin Cuci Agar Tidak Mudah Rusak

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
100%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%