Cara Menyajikan Finger Food Yang Istimewa Untuk Jamuan

0
2502
Halojasa Halojasa Cara Menyajikan Finger Food

Biar tamu bisa lebih puas saat diundang, kenali cara menyajikan finger food istimewa untuk jamuan. Finger food alias camilan adalah makanan ringan yang sering disuguhkan diatas nampan khusus. Camilan ini jika Anda tengok saat berada di sebuah restoran mewah sering disajikan oleh pramusaji. Camilan sering disajikan dalam ukuran kecil dan menarik untuk dicicipi. Finger food yang berukuran mini itu biasanya memiliki rasa asin berpadu dengan manisan dan butuh satu suapan untuk melahapnya. Itu sebabnya mengapa saat menyantap makanan ini Anda hanya membutuhkan dua jari tanpa memerlukan bantuan alat makan seperti sendok, garpu atau pisau.

Halojasa Cara Menyajikan Finger Food

Finger food pertama kali popular di daerah barat. Citarasanya makanan pembuka ini ada yang asin gurih seperti samosa, sandwich, lumpia, atau canapé. Sedangkan citarasa manis bisa berupa camilan cake, cookies, pudding atau es krim. Di Indonesia, finger food sering disajikan sebagai makanan penutup dan sering disajikan dalam satu meja agar lebih praktis. Tamu nantikan bisa memilih sendiri camilan yang ia sukai.

Tak hanya menarik saat disajikan di atas meja tamu, finger food juga harus memiliki citarasa yang lezat supaya tamu bisa puas menyantapnya. Anda tak harus menyiapkan budget sangat besar untuk menyiapkan beberapa jenis finger food. Anda hanya membutuhkan beberapa tampilan dengan kreasi suapay makanan tampil lebih istimewa dan mengoda untuk dimakan. Finger food dapat disajakan untuk banyak acara dan pesta seperti pesta pernikahan, arisan, acara ulang tahun dan masih banyak lainnya. Penataan finger food yang rapi juga bisa membantu para tamu tertarik mencobanya. Dan berikut ini beberapa hal yang mesti Anda pertimbangkan sebelum menyajikan finger food untuk acara atau pesta istimewa.

  1. Pemilihan bahan finger food

Harga memang tak menipu. Jika Anda memilih bahan untuk mengolah finger food, seharusnya pilih yang berkualitas supaya hasil makanan bisa enak dicicipi. Bukankah tamu itu raja? Jadi selain menu utama, menu camilan atau pelengkap juga harus bercitarasa enak. Pemilihan bahan memang menjadi prioritas supaya rasa bisa lebih nikmat. Jika Anda memilih makanan tradisional pastikan pilih bahan yang berkualitas dan segar. Seperti memilih ikan, telur, daging atau bahan lain yang benar-benar dalam keadaan segar dan prima. Bukan hanya bahan utama yang harus segar, bahan yang siap jadi seperti roti, biscuit, kulit lumpia dan sebagainya juga harus baik dan enak. Ukurannya yang kecil memungkinkan finger food dibuat dalam jumlah banyak. Jadi Anda bisa membuat daftar bahan untuk membuat finger food dan jumlah yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah tamu undangan.

  1. Makanan bercita rasa tinggi

Cita rasa makanan menentukan segalanya. Begitulah kata ahli masak. Meskipun tampilan makanan yang disajikan itu menarik, tetapi jika rasanya tidak enak membuat orang bosan memakannya. Finger food biasanya dibuat dengan rasa manis atau asin. Jadi alangkah baiknya untuk menyajikan finger food dengan rasa yang tidak terlalu tajam dan cocok dengan lidah para tamu. Agar lebih bervariasi, coba sajikan finger food dengan citarasa khas misalnya makanan yang berasal dari daerah lain seperti makanan turkey, Thailand, italia dan sebagianya. Suguhkan finger food yang sesuai dengan lidah dan selera para tamu dengan menambah rasa pedas, guris atau manis. Tetapi Anda juga bisa sesuaikan cita rasa yang tidak terlalu manis atau asin bagi para tamu yang ingin menghindari makanan terlalu manis atau terlau pedas karena alasan kesehatan.

  1. Cara penyajian yang luar biasa

Finger food merupakan sajian yang biasa dipakai untuk acara istimewa, untuk itu dukunglah dengan cara penyajian yang menarik. Misalnya Anda bisa menggunakan sentuhan lain ketika menyajikan finger food seperti menyiapkan tusuk satai mini atau cocktail stik untuk beberapa makanan basah. Cara ini akan membantu tamu untuk memakannya lebih mudah sebab tak membutuhkan jari. Siapkan juga mangkuk kertas atau paper cup untuk finger food agar bisa disantap lebih mudah. Atau bisa disajikan diatas nampan yang dibawa oleh pramusaji dengan tatanan yang menarik. Jika Anda tak berniat mengedarkan makanan menggunakan pramusaji, bisa letakkan makanan diatas meja dan tata rapi sesuai jenis rasa dan hidangannya. Cara ini juga akan membantu memudahkan pramusaji mengisi ulang camilan jika telah habis.

  1. Pilih penyedia jasa catering baker yang profesional

Bagi Anda yang tak ingin repot-repot menyiapkan sendiri bahan untuk membuat finger food, percayakan saja pada ahlinya. Kini ada banyak sekali penyedia jasa catering khusus baker yang siap membantu. Bagi Anda yang berencana menyiapkan pesta atau acara, catering baker bisa jadi solusinya. Karena ketika akan membuat acara atau pesta, menyiapkan camilan sendiri bisa sangat membantu memangkas dana tetapi butuh banyak persiapan, waktu, bahan bahkan ide. Sementara menyewa jasa catering dapat menghemat banyak waktu, sementara Anda dapat mempersiapkan kebutuhan pesta lainnya. Apabila anggaran Anda terbatas, menu catering canapés atau finger food bisa dipilih. Menyajikan finger food bisa jadi keputusan yang tepat karena kini banyak orang memiliki selera rasa yang berbeda. Selain itu finger food juga tidak akan terbuang sia-sia dan cara praktis untuk disantap. Meski praktis dan sederhana menu finger food juga tak butuh banyak makanan.

Itu dia langkah mudah menyajikan finger food untuk acara istimewa Anda. Menikmati sebuah pesta yang Anda buat dengan mempercayakan pada jasa catering baker bisa dipilih.

Baca juga: Pertimbangkan Tips Menghitung Jumlah Porsi Catering Yang Tepat Pada Resepsi Pernikahan

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%