Pola Hidup Sehat Selama Puasa Ala Rasulullah

148 Tampilan . 18/04/2022 .

Menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap muslim. Tubuh sehat akan memudahkan diri melakukan ibadah pada saat bulan Ramadhan. Cara memiliki tubuh sehat yaitu dengan mengikuti pola hidup sehat ala Rasulullah sudah seharusnya menjadi panduan.

 

Begadang

Begadang adalah perbuatan yang tidak dianjurkan Rasullah shalallahu alaihi wa salam. Waktu yang dianjurkan adalah setelah isya agar bisa menghidupkan malam dengan beribadah disepertiga malam terakhir.

Menjaga pola tidur akan meningkatkan imunitas tubuh, jika kekurangan istirahat akan rentan sakit sehingga tidak bisa maksimal melakukan ibadah dibulan suci Ramadhan.

 

Jaga Kebersihan

“Sesungguhnya Allah itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia maha bersih yang menyukai kebersihan, Dia maha mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (H.R Tirmidzi)

Pentingnya menjaga kebersihan adalah salah satu anjuran Rasulullah shallalhu alaihi wa salam sehingga meminimalisir datangnya penyakit yang merugikan kita selama bulan Ramadhan.

 

Jaga Pola Makan

Makanan sahur yang dianjurkan adalah makanan yang mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi. Konsumsi buah dan makanan yang mengandung banyak air sehingga badan tidak mudah lemas.

Jadwal minum air putih selama puasa yang disarankan agar cairan efektif diserap tubuh adalah setelah bangun tidur, sebelum makan sahur, setelah makan sahur, saat berbuka, sebelum makan berbuka puasa, setelah makan malam, setelah isya/tarawih, 1 jam sebelum tidur. Tidak disarankan minum air berwarna saat sahur karena memicu buang air berlebihan setelah sahur

Banyak yang salah kaprah saat memilih makanan takjil. Hindari makan makanan berat Ketika berbuka puasa karena akan memicu masalah pencernaan. Baiknya makan kurma atau buah lainnya yang mengandung mineral dan serat supaya badan kembali segar.

Setelah berbuka dengan takjil, biasakan memberikan jeda untuk makan makanan berat agar tubuh tidak kaget saat memproses pencernaan. Nabi Shallalahu alaihi wa salam menyarankan makan secukupnya agar tidak menimbulkan sifat malas. Makanan pun harus mengandung gizi seimbang yang dibutuhkan tubuh.

 

Rutin  Olahraga

Olahraga adalah salah satu bentuk ikthiar menjaga kebugaran tubuh sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Rasulullah shallalahu alaihi wa salam menganjurkan umatnya untuk rutin melakukan olahraga. Olahraga dibulan Ramadhan dapat dilakukan selama waktu dan durasi tetap disesuaikan.

Setelah sahur: Lakukan Gerakan olahraga yang ringan karena olahraga diwaktu ini dapat menjaga kebugaran tubuh saat puasa.

Sebelum berbuka puasa: waktu yang paling baik karena cukup aman untuk olahraga dengan intensitas sedang. Setelah olahraga bisa langsung berbuka dan memenuhi cairan tubuh yang hilang

Setelah berbuka puasa: Dianjurkan  minimal dua jam setelah berbuka puasa karena tubuh membutuhkan waktu mencerna makanan dulu. Diwaktu ini bisa dilakukan olahraga dengan itensitas sedang hingga tinggi sesuai kemampuan tubuh.

 

Dengan mengetahui pola hidup sehat ala Rasulullah tersebut semoga dapat menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan dengan lancar.