Bagi yang Mau Pijat Wajib Tahu: 10 Teknik Massage untuk Mengurangi Nyeri Tubuh!

0
44
teknik massage untuk mengurangi nyeri

Banyak teknik massage untuk mengurangi nyeri dan peradangan otot. Bahkan sebagian dikhususkan untuk menyembuhkan penyakit dan mengeluarkan toksin dalam tubuh. Massage membantu meningkatkan endorfin yaitu hormon kebahagiaan. Maka dari itu, melakukan relaksasi bisa menghilangkan stres. 

Namun, terapi bisa bermanfaat secara maksimal apabila dilakukan oleh terapis profesional. Hal ini disebabkan pada setiap bagian tubuh memerlukan tekanan dan cara pijat yang berbeda. Supaya massage bisa menghilangkan pegal linu, Anda harus mengetahui gerakan-gerakannya yang akan dibahas pada artikel kali ini. 

pijat online

10 Teknik Massage untuk Mengurangi Nyeri dan Rasa Pegal

Melakukan kegiatan seharian membuat tubuh jadi kurang bersemangat. Menyempatkan diri mendatangi tempat refleksi sangat berguna mengembalikan kesegaran seperti sedia kala. Ketika melihat daftar layanan massage ada beragam teknik pijatan yang dapat mengurangi rasa lelah. 

Nah, apabila Anda masih kebingungan memesan perawatan yang tepat untuk mengatasi keluhan yang sedang dialami, gaya pijat dibawah ini bisa dipertimbangkan. 

1. Effleurage

Metode effleurage merupakan gaya massage yang menggunakan tangan untuk menekan bagian kulit. Pada teknik ini, tangan terapis dalam posisi rata ketika meluncur di atas tubuh yang sudah diberikan minyak massage atau lotion. Effleurage biasanya dipakai pada sesi awal dan akhir pijatan. 

Gaya Effleurage paling banyak ditemui pada berbagai jenis massage, contohnya pijat Swedia. Manfaat gerakan teknik ini yaitu meningkatkan meningkatkan sirkulasi darah serta mempercepat proses penyembuhan. 

Cara kerjanya, dimulai dari sapuan ringan ke tubuh. Kemudian, gerakan melingkar yang berguna memijat kulit secara lembut sampai tingkatan tertentu. Barulah terapis memberikan tekanan lebih untuk menghilangkan ketegangan dalam tubuh. Tujuannya Effleurage adalah melemaskan otot, sekaligus mendorong sirkulasi darah ke berbagai cabang tubuh.

2. Kneading 

Gerakan yang bisa dicoba sendiri adalah Kneading. Gerakannya hanya melibatkan ibu jari dan telapak tangan untuk menekan permukaan tubuh. Kneading berfungsi untuk menarik otot agar menjauhi tulang. Cara ini mampu mengurangi rasa kaku yang dialami oleh tubuh. 

Teknik satu ini juga memiliki tingkat kecepatan dan kekuatan yang berbeda setiap orangnya. Jadi, ketika Anda hendak dipijat oleh terapis, pastikan untuk memberitahu terapis tingkat pijatan yang dibutuhkan agar merasa nyaman. Keunggulan dari kneading adalah, meningkatkan fleksibilitas, mengurangi cedera otot, serta  mengurangi rasa sakit.

3. Rubbing 

Metode rubbing menjadi salah satu teknik massage untuk mengurangi nyeri. Anda bisa melakukannya memakai ibu jari dengan gerakan melingkar sambil memberikan tekanan pada tubuh.  Keunggulan rubbing adalah mengobati nyeri pada persendian dan otot, serta membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

Metode ini juga dapat mengurangi kesemutan dan kaku. Karena hampir mirip dengan teknik kneading manfaat yang dirasakan pun tidak jauh berbeda. Namun, rubbing ini cenderung mempunyai tekanan yang lebih lembut dan tidak sekuat kneading. Massage rubbing sangat cocok bagi orang yang beraktivitas tinggi seperti, jogging, berenang, naik gunung, dan lari. 

4. Teknik Shiatsu

Shiatsu merupakan teknik massage dari jepang yang mempunyai arti “tekanan jari”. Gaya ini menggabungkan berbagai gerakan, seperti rolling, stretching, kneading, tapping, dan lainnya. Fungsi dari teknik shiatsu yakni meningkatkan relaksasi tubuh. Masyarakat Jepang percaya bahwa Shiatsu dapat menghilangkan Qi buruk serta menyelaraskan energi baik dalam tubuh. 

Selain itu, shiatsu memiliki manfaat lainnya, diantaranya meningkatkan sirkulasi darah, meredakan sakit kepala, serta mengatasi masalah kulit. Bagi Anda yang sering kesulitan tidur, teknik ini mampu atasi insomnia, lho

5. Tapping 

Nah, berikutnya teknik pijat yang sering dipakai juga adalah tapping. Dalam prakteknya, terapis memakai tangannya untuk mengetuk-ngetuk bagian tubuh dari paha hingga punggung dan membuat gerakan cepat. Terapi relaksasi tapping dapat memperlancar aliran darah. Kini, teknik tapping sudah diadopsi ke dalam media canggih berbentuk kursi pijat elektronik.

6. Rolling

Teknik massage untuk mengurangi nyeri selanjutnya yaitu metode rolling. Rolling dipakai untuk mengurangi rasa sakit, melemaskan otot tegang, dan mengembalikan fleksibilitas tubuh. Seperti namanya, cara melakukan gaya relaksasi seperti ini dengan menekan kulit ke arah luar menggunakan jari-jari. Hal tersebut berfungsi agar otot tidak kaku lagi.

7. Reflexology 

Refleksi atau reflexology udah nggak asing lagi bagi para penggemar pijat. Banyak orang memesan layanan satu ini sebab gerakannya yang memfokuskan pada titik-titik tertentu saja sehingga hasil yang didapatkan juga sangat maksimal. Bagian yang menjadi fokus utamanya adalah tangan, telinga, dan kaki.

Ketiga anggota tubuh tersebut adalah bagian yang paling banyak terhubung dengan saraf aktif. Sehingga setiap jengkal jaringan dan otot terasa lebih rileks meskipun terapis hanya memberkan sentuhan pada beberapa tempat saja. 

8. Percussion

Teknik percussion adalah gerakan mengetuk secara berulang menggunakan genggaman terbuka dan jari-jari terulur. Biasanya para terapis menggunakan perhitungan irama dalam penerapan tekniknya. Massage ini mampu mempercepat penyembuhan otot terutama jika ada masalah di bagian perut dan membantu aliran darah lebih lancar. 

9. Compression (Menekan)

Compression atau menggunakan teknik menekan. Keunikan dari metode ini adalah kinerjanya yang memfokuskan tekanan yang lebih dalam kemudian ditahan pada area tertentu seperti jaringan otot dalam waktu yang singkat. Umumnya yang memiliki masalah otot tegang dan tegang akan dipijat menggunakan  teknik compression. 

10. Vibration

Sama seperti teknik tapping, vibration merupakan teknik massage menggunakan ketukan menggunakan ritme tertentu pada bagian tubuh. Bedanya, terletak pada ketukan yang cukup intensif dan kecepatan tinggi. Tujuannya untuk memberikan getaran bagi saraf dan otot dalam tubuh. Metode vibration disarankan untuk orang yang sensitif dengan rasa nyeri. Walaupun pelan, terapi ini dapat membuat tubuh merasa lebih lega. 

Manfaat Pijat bagi Tubuh dan Pikiran

massage panggilan

Sampai sekarang, masih banyak orang yang meremehkan untuk melakukan terapi pijat. Padahal saraf dan jaringan tubuh juga perlu istirahat sejenak. Otot yang tegang dapat menimbulkan berbagai masalah seperti kram. Padahal ada berbagai manfaat massage bagi keseimbangan fisik dan psikis, antara lain: 

1. Atasi Badan Pegal dan Nyeri 

Badan pegal dan nyeri pada sendi adalah salah satu masalah pada fisik yang umum terjadi. Kondisi ini dapat disebabkan karena radang sendi (osteoartritis). Beberapa studi menunjukkan terapi pijat menjadi alternatif sebagai pengobatan tambahan untuk meningkatkan pergerakan sendi dan meringankan nyeri.

2. Membuat Rileks dan Bahagia 

Rileksasi seperti pijat juga bisa membantu mengurangi tingkat kecemasan dan stres. Hindawi menyatakan, bahawa peningkatan tekanan darah dan detak jantung merupakan penyebab timbulnya rangsangan terhadap kejadian yang membuat seseorang stres. Refleksi membantu dalam meningkatkan saraf parasimpatik yaitu saraf ketenangan. 

Disisi lain, massage dengan teknik yang tepat membantu meningkatkan suasana hati atau mood secara tak langsung. Setelah sesi relaksasi, peredaran darah dalam tubuh lebih lancar, sehingga Anda jauh merasa lebih rileks.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Pijatan terbukti dapat menurunkan rasa cemas dan depresi. Oleh karena itu, massage akan memicu pelepasan hormon serotonin yang berfungsi memberikan Anda rasa nyaman. Hal ini menunjukan bahwa terapi refleksi mampu menjaga kualitas tidur dan solusi bagi penderita insomnia. 

4. Mengurangi Rasa Sakit Kepala

Manfaat terakhir dari massage yaitu dapat meringankan berbagai masalah sakit kepala, seperti pusing hingga migrain. Sebuah studi mengatakan bahwa rutin melakukan pijatan bisa meredakan gejala nyeri, terutama  pada orang yang kerap mengalami keluhan migrain atau sakit kepala. 

Solusi Pijat Panggilan Halojasa

Nah itulah beberapa teknik massage untuk mengurangi nyeri. Seluruh metode pijat mempunyai gaya masing-masing yang hanya memfokuskan pada satu bagian saja. Namun umumnya, semua terapi refleksi bisa meringankan nyeri sendi dan pegal-pegal. Untuk Anda yang masih sibuk dengan kegiatan tanpa memikirkan kondisi fisik. 

Mulai sekarang harus menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Sepadat apapun jadwalnya, terapis Halojasa siap datang 24 jam kapanpun yang Anda butuhkan. Tanpa antrian panjang dan macet-macetan kurang dari satu jam tukang urut langsung datang ke lokasi Anda dimanapun juga. 

Anda bisa melakukan pijat panggilan ke rumah, hotel, kos, dan juga kantor. Jangan tunggu badan sampai sakit. Manfaatkan fitur canggih di Halojasa dan bebas konsultasi hingga pemilihan terapis pria maupun wanita. Tersedia layanan request produk bagi Anda yang memiliki sensitivitas pada bahan-bahan tertentu. 

Layanan aplikasi Halo Massage tersedia pada Playstore dan juga Appstore. Khusu seluruh informasi terbarunya bisa diakses lewat sosial medianya yakni, IG Official, IG Halo Massage, X, Youtube, dan Tiktok