Intip Manfaat Pijatan untuk Sakit Perut

0
304
pijatan untuk sakit perut
pijatan untuk sakit perut

I. Pendahuluan 

A. Latar Belakang

Pijatan untuk sakit perut – sakit perut menjadi masalah tersendiri yang kadang-kadang menghambat kegiatan yang akan dilakukan, bagaimana tidak? Sakit perut ini menyebabkan efek sakit yang nggak bisa ditahan, nyerinya jika dirasakan tentu siapapun pasti tidak akan tahan dengan sakitnya. Makanya perlu adanya penanganan segera agar nggak menghambat kegiatan atau aktivitas yang akan dijalani.

Ada banyak penanganan yang dapat kamu gunakan untuk bisa mengatasi sakit perut, salah satunya dengan pengobatan alternatif yang sudah sejak masa lampau dipercaya ampun mengatasi sakit perut, yap betul, pijat. Pijat dipilih sebagai obat untuk menyembuhkan sakit perut, karena selain bisa menyembuhkan penyakit sakit perut, pijat juga memberikan relaksasi sehingga badan bisa lemas serta otot-otot nggak tegang lagi.

Pijatan untuk sakit perut bisa menjadi pendekatan yang efektif untuk mengurangi ketidaknyamanan dan meredakan ketegangan di area perut. Sakit perut ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk gangguan pencernaan, kram otot, atau stres. Pijatan pada area perut dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di daerah tersebut. Peningkatan aliran darah yang disebabkan karena pijatan di area perut dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan meredakan ketegangan otot, yang mungkin menjadi penyebab sakit perut.

Pijatan dapat membantu mengurangi ketegangan otot di sekitar area perut. Ketegangan otot yang berlebihan dapat menyebabkan rasa sakit atau kram perut, dan pijatan dapat membantu mengendurkan otot-otot tersebut. Beberapa teknik pijatan tertentu, seperti pijatan perut searah jarum jam, dapat merangsang sistem pencernaan. Ini dapat membantu memperlancar pergerakan usus dan meredakan gejala gangguan pencernaan, seperti gas atau sembelit.

Sakit perut seringkali dapat dipengaruhi oleh faktor stres, untuk itulah pijatan dilakukan supaya bisa memberikan efek relaksasi pada tubuh dan pikiran, membantu mengurangi tingkat stres, dan mengurangi potensi gejala sakit perut yang disebabkan oleh stres. Pijatan tidak hanya memiliki manfaat-manfaat di atas saja, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan psikologis. Pijatan yang diberikan dengan lembut dapat merangsang pelepasan endorfin, hormon kebahagiaan, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Pijatan merupakan pilihan alternatif yang dapat kamu lakukan dengan mudah dan memberikan pilihan yang ingin sembuh dari sakit perut tanpa menggunakan obat-obatan.

  1. Tingginya Prevalensi Masalah Sakit Perut 

Tingginya prevalensi masalah sakit pada perut menjadi isu kesehatan yang cukup penting di berbagai kalangan. Berbagai faktor yang bisa menyebabkan rasa sakit pada perut, dan dampaknya bisa memengaruhi hidup seseorang. Sakit perut dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk gangguan pencernaan, infeksi, gangguan saluran kemih, stres, atau kondisi medis kronis seperti sindrom iritasi usus (IBS) atau penyakit radang usus (IBD). Banyaknya faktor dari sakit perut ini membuat sakit perut menjadi masalah yang kompleks dan sulit untuk diidentifikasi penyebabnya.

Sakit perut yang kronis atau berulang bisa memiliki berdampak buruk bagi hidup seseorang. Seseorang yang mengalami sakit perut mungkin menghadapi gangguan dalam aktivitas sehari-hari, termasuk pekerjaan, sekolah, atau kegiatan sosial lainnya. Tingginya prevalensi masalah sakit perut juga berperan pada beban ekonomi, baik melalui biaya perawatan kesehatan yang dikeluarkan oleh seseorang atau masyarakat, maupun melalui produktivitas yang hilang akibat absensi kerja atau kinerjanya yang terganggu.

  1. Peran Pijatan sebagai Pendekatan Terapeutik

Pijatan memiliki peran yang penting jika dijadikan sebagai pendekatan terapeutik dalam berbagai kondisi kesehatan. Pijatan dapat membantu mengendurkan otot dan mengurangi ketegangan otot yang disebabkan oleh stres, aktivitas fisik yang berlebihan, atau postur tubuh yang buruk. Ini dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fleksibilitas otot.

Teknik pijatan dapat merangsang peredaran darah, membantu meningkatkan suplai oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh. Peningkatan sirkulasi juga dapat membantu dalam proses penyembuhan dan mengurangi pembengkakan. Pijatan dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam mengelola nyeri kronis atau akut. Melalui stimulasi saraf-saraf dan pelepasan endorfin, pijatan dapat meredakan persepsi nyeri dan meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit.

Pijatan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas otot dan rentang gerak sendi. Ini dapat bermanfaat bagi individu yang mengalami kekakuan otot atau mereka yang membutuhkan pemulihan pascacedera. Pijatan yang lembut dapat membantu meningkatkan pergerakan limfa, yang mana berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa membantu menghilangkan racun dan meningkatkan kesehatan umum.

Pijatan memiliki efek relaksasi yang dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Pijatan dapat merangsang pelepasan hormon relaksasi, seperti serotonin dan dopamin, yang memberikan efek menenangkan. Melalui sentuhan handal dan permainan jemari yang terampil, pijatan dapat meningkatkan kesehatan psikologis. Membantu mengurangi gejala depresi, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan persepsi kesejahteraan secara keseluruhan.

Pijatan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Relaksasi yang dihasilkan oleh pijatan dapat mengurangi ketegangan dan membuat tubuh bisa istirahat dalam tidur lebih nyenyak. Bagi beberapa orang yang menderita migrain, pijatan akan bisa membantu mengurangi frekuensi dan intensitas serangan. Pijatan pada area tertentu dapat meredakan ketegangan yang berhubungan dengan migrain.

pijatan untuk sakit perut
pijatan untuk sakit perut

II. Jenis Sakit Perut yang Dapat Diatasi dengan Pijatan 

A. Sakit Perut Akibat Tegang dan Kekakuan Otot 

Sakit perut akibat tegang dan kekakuan otot ini bisa diatasi dengan pijatan yang tepat. Tegang dan kekakuan otot dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk stres, postur tubuh yang buruk, atau aktivitas dengan fisik yang berlebihan.

  1. Pijatan untuk Mengurangi Ketegangan Otot 

Pijatan dapat digunakan mengurangi ketegangan dari otot, permainan jemari yang handal dan juga terampil akan mampu melemaskan otot-otot tubuh sehingga muncul rasa rileks. Dengan teknik-teknik tertentu yang digunakan terapis pijat, pasien pijat akan menerima energi positif yang masuk ke dalam tubuh. Ketegangan otot yang perlahan menghilang tentu bisa mengusir sakit perut dengan segera atau setidaknya meredakan rasa sakit perut.

  1. Meningkatkan Fleksibilitas dan Peredaran Darah 
Baca Juga  Sering Kerokan? Perhatikan Manfaat & Bahaya di Dalam nya

Meningkatkan fleksibilitas dan peredaran darah merupakan hal penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Fleksibilitas yang baik memungkinkan tubuh untuk bergerak dengan rentang gerak yang maksimal, sementara peredaran darah yang baik memberikan nutrisi dan oksigen yang cukup ke sel-sel tubuh. Berbagai metode dapat digunakan untuk mencapai tujuan ini, salah satunya dengan pijatan.

Sejak zaman dahulu, pijat sudah digunakan banyak orang untuk bisa meningkatkan fleksibilitas dan peredaran darah, karena dipercaya dari teknik-teknik yang digunakan, sudah cukup ampuh untuk membuat gerak seseorang jadi leluasa dan gesekan-gesekan yang dilakukan dapat membuat peredaran darah yang ada dalam tubuh menjadi lancar.

B. Sakit Perut Akibat Sistem Pencernaan yang Tidak Seimbang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada banyak faktor mengapa terjadi sakit perut, salah satu faktor paling umum mengapa seseorang bisa sakit perut adalah sistem pencernaan yang kurang seimbang. Sistem pencernaan yang kurang seimbang ini akan mempengaruhi kesehatan yang ada di dalam tubuh sehingga menghasilkan rasa sakit pada perut.

  1. Pijatan untuk Merangsang Gerakan Usus 

Pijatan dapat menjadi cara yang efektif untuk merangsang gerakan usus dan membantu mengatasi masalah pencernaan. Teknik pijatan tertentu dapat merangsang sistem pencernaan dan membantu meringankan gejala seperti sembelit.

  1. Meringankan Ketidaknyamanan Akibat Gas dan Kembung 

Meringankan ketidaknyamanan akibat gas dan kembung dapat dilakukan dengan beberapa cara, termasuk melalui pijatan dan perubahan dalam pola makan serta gaya hidup. Pijatan pada area perut dapat membantu meredakan ketegangan otot dan merangsang pergerakan gas ke saluran pencernaan.

C. Pijatan untuk Meredakan Nyeri Menstruasi 

Faktor ini dialami oleh hampir semua perempuan yang ada di dunia, menstruasi akan mempengaruhi rasa nyaman bagi tubuh karena menyebabkan nyeri pada perut sehingga harus melakukan langkah-langkah tertentu supaya nyeri menstruasi ini bisa reda, seperti minum obat-obatan, pijatan dan lainnya.

  1. Stimulasi Otot Pelvis untuk Mengurangi Kram 

Stimulasi otot pelvis dapat menjadi pendekatan yang baik untuk mengurangi kram pada daerah panggul. Kram pada otot pelvis bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk ketegangan otot, ketidakseimbangan postur, atau aktivitas fisik yang berlebihan. Stimulasi otot pelvis ini bisa dilakukan dengan peregangan pelvis, latihan kegel, pijatan dan lain sebagainya. Pijatan menjadi salah satu opsi yang paling banyak digunakan karena memiliki banyak manfaat dan kelebihan tersendiri.

  1. Pengaruh Pijatan pada Siklus Menstruasi

Pijatan dapat memiliki berdampak baik pada siklus menstruasi untuk sebagian wanita. Siklus menstruasi yang sehat ini terdapat perubahan hormonal yang teratur, dan berbagai faktor seperti stres, ketegangan otot, dan dismenore (nyeri haid) dapat mempengaruhi keseimbangan hormon tersebut. Beberapa manfaat pijatan dalam hal ini seperti meredakan stres, mengurangi ketegangan otot, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Stres dapat memengaruhi siklus menstruasi melalui pengaruhnya terhadap hormon kortisol. Pijatan dapat membantu meredakan stres dengan merangsang pelepasan endorfin, hormon perasaan baik, dan menurunkan kadar kortisol. Pijatan juga dapat membantu meningkatkan mood dan menurunkan gejala kecemasan yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

III. Teknik Pijatan untuk Mengatasi Sakit Perut 

A. Teknik Pijatan Lingkaran pada Daerah Perut

Teknik pijatan lingkaran pada daerah perut merupakan salah satu metode pijatan yang umum digunakan untuk meredakan ketegangan, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperbaiki keseimbangan energi di area tersebut. Pijatan lingkaran dapat dilakukan dengan lembut dan terarah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

  1. Penjelasan Gerakan Pijatan Melingkar 

Gerakan pijatan melingkar ini teknik pijat yang dilakukan dengan gerakan berputar atau melingkar menggunakan tangan atau jari untuk merangsang area tertentu pada tubuh. Teknik ini sering digunakan dalam berbagai jenis pijatan, termasuk pijatan relaksasi, pijatan terapeutik, dan pijatan refleksi. Gerakan melingkar ini dapat diterapkan dengan berbagai tingkat tekanan, tergantung pada tujuan pijatan dan keinginan pasien.

Gerakan pijatan melingkar dilakukan dengan membentuk pola melingkar searah atau berlawanan jarum jam, tergantung pada area tubuh yang akan diberi pijatan. Langkah-langkah dalam gerakan ini dilakukan dengan pemanasan tangan, oles minyak pijat atau lotion untuk memperlancar gerakan, dan penggunaan tekanan yang sesuai dengan kenyamanan pasien pijat.

  1. Kelebihan Teknik Pijatan ini dalam Mengurangi Sakit Perut 

Teknik pijatan, terutama pijatan perut dengan gerakan melingkar, dapat memberikan sejumlah kelebihan dalam mengurangi sakit perut. Pijatan perut telah lama diakui sebagai metode yang efektif dalam meredakan ketidaknyamanan dan mengatasi berbagai masalah pencernaan. Beberapa kelebihan teknik pijatan dalam mengurangi sakit perut melibatkan aspek fisik, psikologis, dan sirkulasi darah.

pijatan untuk sakit perut
pijatan untuk sakit perut

B. Teknik Pijatan Akupresur 

Teknik pijatan akupresur merupakan bentuk terapi yang menggunakan tekanan dan pijatan pada titik-titik akupresur di seluruh tubuh. Konsep dasar di balik akupresur adalah bahwa tubuh memiliki jalur-jalur energi vital atau qi (chi) yang mengalir melalui meridian atau kanal tertentu. Titik-titik akupresur adalah area di sepanjang meridian yang dapat dipijat atau ditekan untuk memulihkan keseimbangan energi dalam tubuh.

Salah satu teknik akupresur yang umum yakni pijatan dengan gerakan melingkar pada titik-titik akupresur tertentu. 

  1. Identifikasi Titik-Titik Akupresur yang Relevan

Identifikasi titik-titik akupresur yang relevan bergantung pada tujuan atau keluhan kesehatan yang ingin diatasi. Beberapa titik akupresur umum yang sering digunakan untuk meredakan beberapa kondisi umum adalah sebagai berikut:

  • GV20 (Baihui):

Puncak kepala, di tengah garis yang menghubungkan kedua telinga. Digunakan untuk meredakan stres, meningkatkan konsentrasi, dan memperbaiki gangguan tidur.

  • LI4 (Hegu):

Bagian punggung tangan, di antara ibu jari dan jari telunjuk. Berguna untuk meredakan sakit kepala, sinusitis, dan ketegangan pada otot leher.

  • ST36 (Zusanli):

Bagian luar kaki, sekitar empat jari di bawah lutut. Digunakan untuk meningkatkan energi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meredakan ketegangan otot.

  • SP6 (Sanyinjiao):

Bagian dalam kaki, tiga jari di atas tulang mata kaki. Berguna untuk mengatasi masalah pencernaan, nyeri menstruasi, dan ketidakseimbangan hormonal.

  • PC6 (Neiguan):

Bagian dalam pergelangan tangan, dua jari di bawah lipatan pergelangan tangan. Digunakan untuk meredakan mual, muntah, dan kecemasan.

  • LI11 (Quchi):
Baca Juga  9 Rekomendasi Alat Pijat Wajah yang Bikin Wajah Cerah Alami

Bagian luar siku. Berguna untuk mengatasi masalah pencernaan, alergi, dan masalah kulit.

  • KD3 (Taixi):

Bagian dalam pergelangan kaki, di bawah tulang pergelangan kaki. Digunakan untuk meningkatkan energi, mengatasi ketidakseimbangan hormon, dan meningkatkan kesehatan ginjal.

  • GB20 (Fengchi):

Bagian belakang leher, di antara tengkorak dan leher. Berguna untuk meredakan sakit kepala, migrain, dan stres.

  • LR3 (Taichong):

Bagian atas kaki, di antara ibu jari dan jari kedua. Digunakan untuk mengurangi stres, ketegangan otot, dan perubahan suasana hati.

  • CV6 (Qihai):

Bagian bawah perut, dua jari di bawah pusar. Berguna untuk mengatasi masalah pencernaan, nyeri perut, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Pijatan pada Titik-Titik Akupresur untuk Meredakan Nyeri

Pijatan pada titik-titik akupresur dapat menjadi metode yang efektif untuk meredakan nyeri perut. Beberapa titik akupresur yang terkait dengan masalah pencernaan dan nyeri perut seperti CV12 (Zhongwan), terletak di pusar, titik ini dapat dipijat untuk meredakan nyeri perut, kembung, dan gangguan pencernaan. Pijatan di daerah ini dapat membantu mengurangi ketegangan pada saluran pencernaan.

Kemudian CV6 (Qihai), berada di dua jari di bawah pusar, titik ini berguna untuk mengatasi nyeri perut, kram, dan masalah menstruasi. Pijatan lembut pada titik ini dapat merangsang energi vital di daerah perut. Selanjutnya ST36 (Zusanli), yanag mana terletak di bagian luar kaki, sekitar empat jari di bawah lutut. Titik ini dapat membantu meredakan nyeri perut, meningkatkan pencernaan, dan mengurangi kembung.

IV. Peran Tekanan dan Kecepatan dalam Pijatan untuk Sakit Perut 

A. Menyesuaikan Tekanan Pijatan Sesuai dengan Tingkat Kekakuan Otot 

Menyesuaikan tekanan pijatan sesuai dengan tingkat kekakuan otot adalah aspek utama dalam teknik pijat guna mendapatkan hasil yang optimal tanpa menimbulkan ketidaknyamanan atau cedera. Pengaturan tekanan yang tepat memperhitungkan kondisi kesehatan seseorang, tingkat kekakuan otot, dan preferensi penerima pijatan. Pastinya hal ini harus dikomunikasikan sejak awal agar terapis bisa paham bagaimana nantinya tekanan pijat yang akan diberikan, untuk itu jangan takut untuk mengkomunikasikan kepada terapis pijat terlebih dahulu supaya pijat yang dilakukan nanti bisa nyaman.

B. Pengaturan Kecepatan Pijatan untuk Merangsang Pencernaan

Pengaturan kecepatan pijatan dapat menjadi faktor penting dalam merangsang pencernaan. Kecepatan yang tepat dapat meningkatkan aliran darah, merilekskan otot-otot pencernaan, dan merangsang aktivitas peristaltik. Pada awal sesi pijatan, terutama jika pasien pijat belum terbiasa, mulailah dengan gerakan yang perlahan. Ini memberikan tubuh waktu untuk beradaptasi dan merespons pijatan.

Gerakan pijatan melingkar yang dilakukan dengan kecepatan yang lambat hingga sedang dapat membantu merangsang sirkulasi darah di sekitar area perut dan memicu respons relaksasi pada otot-otot pencernaan. Amati respons tubuh pasien pijat terhadap kecepatan gerakan. Jika terjadi ketegangan atau ketidaknyamanan, sesuaikan kecepatan atau pilih gerakan yang lebih lembut.

C. Mengetahui Batas dan Menghindari Tekanan Berlebih pada Area Sensitif

Terapis harus bisa memahami batas dan menghindari tekanan berlebih pada area sensitif tubuh. Beberapa area tubuh memiliki kepekaan yang lebih tinggi terhadap tekanan, dan pengetahuan terapis pijat tentang batas-batas ini sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pasien pijat.

  1. Kepala dan leher. Area kepala dan leher tergolong sebagai area sensitif karena terdapat struktur saraf dan pembuluh darah yang penting. 
  2. Tulang belikat dan spinalis. Tulang belikat dan daerah tulang punggung yang disebut spinalis merupakan area sensitif yang perlu diperlakukan dengan hati-hati. 
  3. Daerah ginjal dan punggung bawah. Area di sekitar ginjal dan punggung bagian bawah merupakan daerah yang perlu mendapat perhatian khusus. 
  4. Sendi-sendi kecil. Sendi-sendi kecil, seperti sendi pergelangan tangan dan kaki, juga perlu mendapatkan perlakuan yang hati-hati. 
  5. Area genital dan payudara. Area genital dan payudara merupakan area yang sangat sensitif secara anatomi dan emosional. 
  6. Luka atau area yang sedang menyembuh. Terapis pijat harus menghindari area yang sedang dalam proses penyembuhan, seperti luka atau bekas luka. 
pijatan untuk sakit perut
pijatan untuk sakit perut

V. Kesimpulan 

A. Meringkas Manfaat Pijatan untuk Meredakan Sakit Perut 

Pijatan memiliki banyak manfaat dalam meredakan sakit perut dengan berbagai cara. Berikut ini ringkasan manfaat pijatan untuk meredakan sakit perut:

  • Merilekskan otot perut. Pijatan membantu merilekskan otot-otot perut yang mungkin tegang atau kram, mengurangi ketegangan dan meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut.
  • Stimulasi pencernaan. Gerakan pijatan tertentu bisa merangsang peristaltik usus, membantu dalam proses pencernaan dan mengurangi kemungkinan konstipasi atau ketidaknyamanan pencernaan.
  • Pengurangan kram menstruasi. Pijatan dapat membantu mengurangi kram menstruasi dengan merilekskan otot-otot perut dan meningkatkan aliran darah ke area panggul.
  • Mengurangi ketegangan saraf. Pijat bisa meredakan ketegangan saraf di sekitar perut, membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan tegangan saraf.
  • Pengurangan nyeri pada gangguan pencernaan. Bagi mereka yang menderita gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus (IBS), pijatan dapat memberikan relief dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan pergerakan usus.
  • Peningkatan aliran darah. Meningkatkan aliran darah ke daerah perut, membawa nutrisi dan oksigen ke sel-sel, serta membantu dalam proses penyembuhan.
  • Pengurangan stres dan kecemasan. Pijatan memiliki efek relaksasi yang dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan, yang kerap berhubungan dengan ketegangan otot dan masalah pencernaan.
  • Mengurangi nyeri akibat peregangan otot. Pijatan dapat membantu mengurangi nyeri yang disebabkan oleh peregangan otot, baik akibat aktivitas yang menggunakan fisik atau postur tubuh yang buruk.

B. Mendorong Penerapan Pijatan sebagai Pendekatan Holistik dalam Kesehatan Perut

Mendorong penerapan pijatan sebagai pendekatan holistik dalam kesehatan perut merupakan langkah penting untuk mendapatkan berbagai macam manfaat pijatan dengan prinsip-prinsip kesehatan secara menyeluruh.

Pijatan perut ini bisa kamu lakukan dengan mudah, karena sudah ada solusi masa kini yang memberikan pelayanan pijat panggilan terbaik dan berkualitas, kamu bisa memanggilnya kapan saja dan dimana saja, siapa lagi kalau bukan Halo Massage? Halo Massage salah satu layanan dari Halo Jasa ini memberikan layanan pijat terbaik dengan terapis handal dan terampil.

Cukup klik-klik di aplikasi Halo Jasa, pilih sesuai kebutuhan, dan terapis Halo Massage akan segera datang dengan kabar baik. Ini adalah solusi yang tepat, solusi yang mampu membuat kamu tenang karena kapanpun kamu merasa sakit, dimanapun kamu membutuhkan pijat, Halo Massage akan terus hadir memberikan pelayanannya untuk kamu.