AC Dirumah Rusak? Ketahui Kemungkinan Penyebabnya Disini

1
8626
penyebab ac rusak

AC seringkali terpasang pada tembok dan jarang menjadi perhatian kita. Digunakan ketika dibutuhkan, dan dilupakan ketika tak sedang dipakai. Padahal, layaknya benda elektronik pada umumnya, AC juga memperlukan perhatian kita lho, agar umur dan penggunaan nya bisa lama. mulai dari menjaga penggunaan dibatas wajar, hingga memakai Jasa Perbaikan AC untuk menjaga kinerja nya.

Ketika AC jarang diperhatikan, kerusakan biasanya akan mulai terjadi, ada banyak sekali faktor kerusakan pada AC. Namun untuk men-generalisir, berikut dibawah ini adalah beberapa kerusakan yang umumnya terjadi pada AC, serta cara-cara menangani nya.

  • Udara yang dihasilkan Tidak Dingin

Apakah kamu mengalami hal ini? Ada banyak aspek mengapa unit AC bisa tidak dingin. Pertama, kemungkinan ada kesalahan setting pada remote AC yang menjadikan kualitas udara yang dihasilkan tidak dingin. Jika tidak ada setting yang dirubah sebelumnya dan AC tetap tidak dingin, kemungkinan kedua adalah kotoran yang menumpuk pada filter AC kamu. Ketika kotoran menghalangi udara dingin keluar dari AC, maka udara yang dikeluarkan pun tentu tidak akan dingin maksimal. Cara menangani nya adalah dengan memesan jasa Service AC dari Halo Fix untuk kategori pelayanan cuci AC. Jika AC baru saja dicuci atau masih baru namun tak mengeluarkan udara dingin, maka ada kemungkinan terjadi kesalahan pada kelistrikan atau kebocoran. Kamu bisa hubungi call center dari brand AC kamu untuk service terkait hal ini, karena teknisi resmi akan lebih paham terhadap produk kamu.

jasa perbaikan ac

  • Tegangan Listrik yang tak Stabil

Sama seperti kebanyakan peralatan elektronik rumahan, AC memerlukan daya listrik yang cukup besar dan konstan selama penggunaan nya. Ketika tegangan listrik tak stabil dan sering melemah mendadak atau bahkan drop, akan mempengaruhi kinerja AC kamu. Ketika pasokan listrik tak sesuai, maka AC bisa bekerja keras memanfaatkan daya yang ada untuk meng-konversinya menjadi udara dingin, dan jika ini berkelanjutan, akan ada kerusakan pada AC kamu dan bisa berdampak fatal. Jadi, pastikan kamu membeli AC yang sesuai dengan kapasitas listrik yang tersedia ya. Kamu bisa baca Panduan Membeli AC jika kamu belum terlalu paham tentang AC.

service ac bocor

  • Kebocoran Freon

Salah satu kerusakan yang cukup fatal bagi pemilik AC. Pasalnya, Freon pada AC adalah salah satu komponen penting dari AC yang bisa berumur 4-5 tahun sebelum kemudian akan menurun kualitasnya untuk diganti atau diservis. Salah satu alasan mengapa Freon bisa rusak adalah kebocoran yang disebabkan oleh kesalahan pemasangan instalasi pipa ketika pertama kali dipasang, serta permasalahan pada bagian kapasitor. Banyaknya debu dan kotoran pada pipa freon juga bisa jadi penyebab kebocoran freon ini. Jika sudah demikian, kamu bisa pesan layanan Service AC Panggilan dari Halo Fix dan katakan pada mitra kami bahwa kamu perlu sedikit inspeksi atau mungkin penggantian/isi ulang freon. Tentu harga layanan nya akan berbeda ya sobat berjasa.

jasa service ac

  • Penggunaan AC yang di Forsir

Sebuah AC split, atau AC yang biasa digunakan pada rumah, umumnya memiliki masa penggunaan harian dibawah 12 jam untuk pemakaian wajar. Diatas angka tersebut, AC akan mulai bekerja keras dan memforsir kinerja nya. Selain akan menambah tagihan listrik kamu, penggunaan yang terlalu boros ini juga akan membuat beberapa part penting didalam AC panas dan berujung pada kerusakan.

Jadi, apa kamu setidaknya bisa mendiagnosa awal tentang apa yang terjadi dengan unit AC kamu? Jika kerusakan AC kamu disebabkan oleh aspek-aspek diatas, kamu bisa hubungi Halo Fix untuk layanan Service AC Rumah Terdekat yang bisa kamu manfaatkan, pesan nya mudah, transparansi harga, serta layanan after sales service jika terjadi malfungsi setelah layanan selesai.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%