10 Cara Mudah Membersihkan Karpet

0
2056
cara mudah membersihkan karpet

Karpet menjadi salah satu barang yang hampir dimiliki setiap rumah. Karpet memiliki fungsi yang cukup efisien seperti menjadi pembatas ruangan tanpa perlu membangun dinding, bahkan dengan adanya karpet penampilan ruangan terlihat lebih cantik dan manis.  Selain itu karpet juga menjadi salah satu pelindung untuk melindungi tubuh dari dinginnya lantai. Dan banyak aktifitas yang dilakukan di atas karpet untuk itu membersihkan karpet merupakan suatu keharusan. Pastinya karpet memiliki banyak fungsi yang mana membuat penghuni rumah nyaman. Hanya saja karpet kotor juga menjadi salah masalah mengingat cara membersihkannya yang tidak mudah.  Jika Anda merasa kerepotan untuk membersihkan karpet maka Anda bisa mencari jasa dari situs halo jasa. Situs halo jasa menyediakan jasa cuci karpet yang sudah berpengalaman dan profesional. Anda juga bisa mengundul aplikasi halo jasa dari play store atau dari apple store agar memudahkan Anda dalam melakukan order. Dengan memilih jasa service yang tepat maka Anda tidak kecewa. Tetapi jika Anda memiliki waktu luang Anda bisa mencoba untuk membersihkan karpet sendiri. Berikut 10 cara mudah membersihkan karpet yang bisa Anda lakukan.

  1. Gunakan Garam

Garam menjadi salah satu bahan dapur yang sering digunakan sebagai penyedap masakan, meskipun begitu nyatanya Anda juga bisa memakai garam untuk membersikan karpet. Cukup campurkan garam dengan air hangat, untuk memudahkan Anda bisa meletakkannya dalam botol spary lalu semprotkan pada sofa yang bernoda. Lalu sikat pada bagian tersebut, maka kotoran akan hilang lama-lama karena terkena air garam.

  1. Memakai Baking Soda

Kandungan yang terdapat dalam baking soda juga ampuh untuk membersihkan noda-noda membandel pada karpet. Apalagi noda berwarna hitam, caranya juga cukup mudah Anda bisa mencampurkan baking sida dengan sedikit air lalu menyemprotkan pada noda mmebandel kemudian sikat secara perlahan dan bilas dengan air. Maka noda akan menghilang dan karpet menjadi bersih.

  1. Cairan Cuka

Cuka tidak hanya digunakan untuk menmabah cita rasa pada makanan tetapi juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan kotoran pada karpet. Caranya juga sangat mudah, Anda bisa mencampurkan cuka dengan air hangat lalu sikat kemudian basuh dengan sabun cuci agar bersih. Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk melakukan perawatan rutin agar karpet terlihat lebih bersih. Pastikan Anda tidak lupa membilasnya setelah menyemprotkan cairan cuka pada karpet.

  1. Es Batu

Anda tentu tidak pernah terpikir untuk memakai es batu dalam membersihkan karpet. Es batu bisa Anda gunakan untuk membersihkan karpet yang terkena permen karet seperti permen karet yang menempel pada karpet. Anda bisa mengambil permen karet lalu meletakkan es batu pada bagan karpet yang terkena permen karet. Kemudian diamkan selama 2 menit dan congkel bekas permen karet tadi, maka permen karet akan hilang. Sebaiknya Anda tidak menyikat permen karet yang menempel pada karpet karena akan membuat permen karet semakin melebar dan sulit untuk dibersihkan.

  1. Sampo Karpet

Sampo karpet bisa menjadi pilihan jika Anda merasa kurang nyaman memakai cuka atau pun baking soda. Anda bisa membeli sampo karet di toko peralatan rumah tangga. Pilih sampo karpet yang mengandung anti kuman agar karpet bebas dari kuman dan noda. Sampo karpet sudah diformulasikan khusus untuk karpet, jadi bahan-bahan yang digunakan sudah pasti aman untuk karpet.

  1. Sapu Lidi

Sapu lidi yang diikat dengan rapi juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan karpet. Caranya juga sangat mudah hanya menempuk karpet dengan sapu lidi maka debu-debu dan kotoran yang menempel pada permukaan karpet akan menghilang. Hanya saja untuk kotoran permet karet sebaiknya Anda menghindari membersihkan dengan memakai sapu lidi karena hanya akan membuat kotoran semakin melebar.

  1. Letak Karpet

Letak karpet juga berpengaruh dalam menjaga keberishkan karpet, itu sebabnya Anda harus memastikan bahwa karpet terletak dengan baik sesuai dengan desain pada rumah. Anda bisa meletakkan karpet pada bagian rumah yang jarang digunakan untuk beraktivitas seperti ruang tamu atau ruang kerja. Hindari meletakkan karpet di dekat rak sepatu untuk menghindari persebaran kuman dan bakteri.

  1. Keset

Cara paling mudah untuk menjaga keberishkan rumah adalah memasang keset. Anda cukup meletakkan keset di dekat ruangan yang terdapt karpet, ini dilakukan untuk menjaga fungsi karpet agar sebelum menginjak karpet maka menginjak keset terlebih dulu, dengan begitu kotoran yang menempel pada kaki bisa beralih pada keset bukan karpet. Anda bisa meletakkan keset pada di depan kamar atau di dean ruang tamu. Selain itu keset juga bisa Anda letakkan pada tempat-tempat yang paling sering dilewati.

  1. Memakai Vacum Cleaner

Vacum cleaner merupakan salah satu alat yang paling sering digunakan untuk membersihkan karpet. Alat satu ini memang cukup mudah untuk digunakan dan juga sangat efektif dalam menyerap kotoran pada karpet. Hanya saja suara bising yang dihasilkan oleh alat satu ini akan sangat menganggu penghuni rumah, itu sebabnya Anda bisa membersihkan karpet saat pagi hari atau sore hari ketika penghuni rumah sedang melakukan aktivitas.

  1. Mencuci Secara Rutin

Cara satu ini memang sangat efektif dilakukan. Dengan mencuci karpet secara rutin maka Anda bisa mencegah debu dan kotoran yang menempel pada karpet mengendap. Apalagi jika Anda memiliki anak balita yang biasanya bermain di atas karpet. Selain itu karpet yang tidak dicuci akan menjadi cepat kusam dan kotor. Minimal satu bulan sekali Anda bisa mencuci karpet. Anda bisa memakai jasa cuci karpet yang sudah berpengalaman dan juga profesional agar karpet bersih dan tetap nyaman digunakan untuk beraktivitas.

Baca juga: Tips Mudah Merawat Karpet Agar Awet

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%