Cara Memasak Ikan Ala Chef Profesional, Ikan Lezat dan Rasa Hebat

0
3261
Halojasa Cara Memasak Ikan Ala Chef Profesional

Cara Memasak Ikan Ala Chef Profesional – Apakah Anda sering menikmati hidangan ikan di restoran? Tentu saja berbagai sajian ikan mulai dari sushi dan kombinasi masakan yang lain dari bahan ikan memang sangat lezat. Anda bahkan tidak bisa menemukan satu duri saja atau rasa yang amis. Ini sangat berbeda jika Anda memasak ikan sendiri di rumah. Anda pasti akan merasa sangat kerepotan untuk membersihkan bau amis ikan dan membuat rasa ikan matang dengan sempurna. Memasak ikan sebenarnya biasa saja dan semua orang pasti bisa melakukannya.

Tapi hasil akhir masakan ikan inilah yang berbeda. Banyak orang yang memasak ikan tanpa tahu bumbu apa yang dipakai, cara untuk membersihkan ikan dan bagaimana mempertahankan tekstur lembut daging ikan. Jadi Anda tidak perlu belajar terus menerus tanpa tahu caranya. Dibawah ini adalah cara memasak ikan ala chef profesional yang bisa Anda contoh sendiri.

  1. Tambahan sayuran dan jamur

Dua bahan yang tidak boleh tertinggal ketika memasak ikan adalah jamur dan asparagus. Ada berbagai jenis jamur yang bisa dimasak dengan ikan seperti shiitake atau truffle. Jamur memiliki tekstur yang lembut tapi juga kenyal. Dan ini akan memadukan rasa ikan dengan tekstur yang berbeda. Jenis ikan yang bisa dikombinasikan termasuk ikan kakap dan ikan tuna. Kemudian tambahkan juga asparagus yang sudah direbus atau di panggang ringan. Dan jangan pernah menyajikan jamur atau asparagus dalam bentuk utuh. Bagi menjadi dua bagian kemudian letakkan pada sisi ikan.

  1. Pilih herbal daun

Ikan memiliki bau yang sangat amis dan terkadang aroma amis tidak akan hilang setelah dimasak. Rahasia untuk menghilangkan bau amis adalah dengan menggunakan herbal daun. Tiga jenis herbal yang bisa digunakan adalah seperti daun rosemary, daun thyme, dan daun sage. Rasa daun herbal ini sangat segar dan memberi kesan sejuk saat dimakan. Jika dimakan bersama dengan ikan maka akan mengurangi bau amis atau bahkan bisa mengghilangkan bau amis. Tapi sebaiknya tidak memilih herbal biji-bijian yang sering merusak rasa ikan dan membuat Anda makan ikan dengan tidak nyaman.

  1. Boleh memakai saus dan cuka

Ikan laut atau jenis ikan putih sebenarnya sudah memiliki rasa gurih alami. Tapi rasa gurih terkadang hilang saat dimasak dan meninggalkan rasa ikan yang tawar. Jadi untuk menambah rasa ikan maka Anda bisa menggunakan saus dan cuka. Gunakan mentega atau minyak zaitun untuk memasak pada tahap awal. Kemudian selalu tambahkan dengan saus dan cuka sesuai selera. Anda bisa memberikan tambahan saus yang pedas atau saus tomat. Kemudian saat sudah hampir selesai maka tambahkan garam dan lada. Jika Anda ingin membuat saus yang kental maka tambahkan sedikit potongan mentega saat ikan baru masak sehingga rasa saus menjadi lebih lezat.

  1. Hilangkan kulit ikan

Kesalahan yang masih sering dilakukan orang biasa adalah tidak pernah membersihkan kulit ikan sampai tuntas. Ini sebenarnya tidak pernah dilakukan oleh chef profesional untuk semua jenis ikan. Kulit menjadi bagian pertama yang harus dibersihkan sampai tidak tersisa. Kulit ikan bisa merusak rasa ikan dan mempengaruhi tekstur ikan setelah selesai dimasak. Jadi Anda benar-benar harus membersihkan kulit ikan sesuai dengan jenis ikan. Jika kulit ikan masih tersisa maka biasanya akan menyebabkan ikan lengket pada wajan atau peralatan memasak Anda. Jadi coba saja bersihkan kulit dan sisik ikan sampai benar-benar bersih sebelum dimasak.

  1. Masak ikan sesuai dengan jenisnya

Setiap ikan memiliki tekstur dan rasa yang berbeda. Karena itulah semua chef biasanya akan memilih menu ikan sesuai dengan jenis ikan. Ada beberapa pilihan cara untuk memasak ikan seperti:

  • Ikan kukus : ikan kukus sesuai untuk jenis ikan yang memiliki daging tebal. Anda harus menghilangkan semua duri dan kulit ikan. Ikan bisa dikukus dalam bentuk filet atau potongan ikan yang besar. Kemudian masukkan ikan ketika air untuk memasak sudah mendidih dan tutup panci untuk mengukus. Lalu tambahkan krim dan saus kental ketika ikan hampir masak sehingga rasa ikan lebih gurih.
  • Ikan panggang : Anda bisa memanggang ikan dengan kayu secara tradisional dan dengan oven. Pastikan Anda meletakkan mentega pada piring untuk memanggang atau pada bagian ikan. Kemudian jika ingin daging ikan tetap lembut maka bungkus ikan dengan kertas foil. Keuntungan cara memasak ini juga tidak akan membuat bagian luar ikan hangus. Dan tambahkan bumbu seperti lemon, daun herbal dan sayuran lain saat ikan baru masuk panggangan atau sudah setengah matang.
  • Ikan goreng: ikan goreng sebenarnya bukan pilihan yang sehat tapi ini menu favorit semua orang. Cara memasaknya adalah harus menambahkan bumbu yang lengkap saat ikan sudah selesai dibersihkan. Campur dengan semua bumbu dan masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit agar bumbu meresap. Setelah itu baru bisa digoreng dengan suhu api yang rendah.
  1. Bahan ikan harus segar

Untuk menghasilkan hidangan ikan yang lezat maka Anda harus memilih bahan ikan yang sangat segar. Pastikan jika itu ikan laut maka ikan tidak lebih dari 12 jam tanpa suhu dingin. Tapi jika ikan langsung diberi es  batu atau disimpan dalam suhu dingin, maka Anda tetap harus mengamati bagian mata, permukaan lendir ikan dan insang ikan. Ikan yang segar masih sangat amis dengan mata yang cerah dan insang yang merah. Sementara ikan yang tidak segar biasanya berbau busuk dan terlihat tidak segar atau warna kulit yang sudah tidak cerah. Nah pastikan dulu Anda memang sudah memilih ikan segar untuk dimasak.

Inilah semua cara memasak ikan ala chef profesional yang bisa Anda pelajari dan praktekkan. Tapi memang semua terlihat merepotkan ya. Tentu saja jika ingin jaminan rasa yang lebih lezat dan tidak mau repot maka lebih baik menggunakan jasa chef profesional.

Facebook Comments
love
Senang
66%
haha
Terinspirasi
33%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%