5 Tips Jitu Menjadi Trainer Aerobic Paling Diminati

0
8468
Halojasa Tips jitu menjadi trainer aerobic

Tips jitu menjadi trainer aerobic – Apakah Anda adalah penggila senam aerobik? Aerobik merupakan salah satu senam yang kini mulai digemari oleh banyak kalangan. Gerakan-gerakan pada tarian aerobil mulai populer di akhir tahun 1970an. Karena dirasa memiliki manfaat yang luar biasa, senam yang satu ini mulai mengalami peningkatan terutama dari segi peminatnya. Salah satu buktinya, Anda bisa melihat pada hari Minggu di sejumlah lapangan atau spot car free day banyak orang melakukan senam aerobik. Lalu sebenarnya apa ya senam aerobik itu? Senam aerobik merupakan senam yang di dalamnya terdapat gerakan-gerakan yang dipadukan dengan irama musik pilihan dengan durasi waktu tertentu. Aerobik sendiri bisa dibilang sebagai sistem latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatan efisiensi pemasukan oksigen dalam jaringan tubuh. Pemasukan oksigen ini konon ditentukan oleh kapasitas maksimal paru-paru seseorang saat menghirup udara. Salah satu manfaat melakukan senam aerobik secara rutin dan benar ialah efektif dalam memperbaiki kerja jantung dan paru-paru dalam tubuh seseorang. Untuk mendapatkan beragam manfaat dari senam aerobik diperlukan instruktur aerobik yang berbakat, berpengalaman dan profesional. Mau menjadi instruktur aerobik yang bermanfaat bagi orang lain dan dicari banyak orang? Berikut adalah tips jitu yang sebaiknya Anda pertimbangkan.

  1. Menjadikan Senam Aerobik Sebagai Hobi

Salah satu langkah efektif yang perlu Anda pertimbangkan bila ingin menjadi seorang instruktur adalah dengan cara menjadikan senam tersebut menjadi hobi. Umumnya, mereka yang sudah menjadi instruktur senam aerobik adalah orang-orang yang memiliki hobi senam. Karena itu, menjadikan senam aerobik sebagai hobi adalah langkah pertama bila Anda ingin mencoba peruntungan sebagai instruktur aerobik. Bila Anda menjadikan senam aerobik menjadi hobi sudah pasti Anda akan menyukai setiap gerakan. Dan karena aktifitas tersebut adalah hal yang Anda sukai pastinya Anda tidak akan ragu dan malas melakukan gerakan-gerakan senam aerobik secara teratur. Menjadikan senam aerobik sebagai hobi juga menguntungkan untuk diri Anda sendiri. Selain menjadikan wawasan Anda lebih luas, tubuh Anda akan mendapatkan manfaat dari setiap gerakan aerobik yang Anda lakukan. Jantung sehat, tubuh menjadi bugar dan pikiran menjadi lebih positif adalah beberapa manfaat gerakan aerobik untuk tubuh. Karena Anda menjadikan senam aerobik sebagai hobi, tentu saja Anda saja akan lebih senang memperluas pengetahuan gerakan senam sehingga hal tersebut menguntungkan Anda ketika sudah menjadi seorang instruktur nantinya. Mulailah rutin melakukan senam aerobik dan perbarui setiap gerakan dan carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai manfaat melakukan gerakan-gerakan senam tersebut.

  1. Mempelajari Gerakan Baru Di Olahraga Lainnya

Langkah selanjutnya agar menjadi seorang trainer senam aerobik yang dicari banyak orang ialah memiliki gerakan-gerakan baru dalam melakukan senam aerobik. Para intrusktur senam yang memiliki wawasan luas lah yang seringkali dicari banyak orang. Pasalnya, geraka-gerakan yang terus diperbarui tidak akan membuat orang-orang melakukan senam aerobik bosan. Cobalah untuk menambah wawasan Anda ke cabang olahraga lain misalnya gerakan taekwondo. Menjadi seorang trainer senam aerobik tidak harus menjadikan Anda hanya berfokus pada gerakan senam yang monoton. Penggabungan gerakan cabang olahraga lain memungkinkan Anda menjadi lebih kreatif. Hanya saja, saat menggabungkan gerakan cabang olahraga lain, Anda sebaiknya memastikan manfaat dari gerakan tersebut. Anda dituntut untuk lebih selektif memilih gerakan yang tepat dan saling menyambung antara gerakan satu dengan gerakan lainnya. Bila perlu belajarlah dengan instruktur cabang olahraga lainnya  untuk saling berukar wawasan. Tidak hanya itu, penyesuaian musik dengan gerakan baru harus selaras karena harus mudah diingat oleh orang-orang yang melakukannya. Tidak hanya itu saja, sebaiknya masukkanlah gerakan yang memang bermanfaat untuk aktifitas sehari-hari.

  1. Buat Konsep Gerakan Dasar Yang Jelas

Langkah selanjunya ialah membuat konsep gerakan dasar yang jelas. Sebagai trainer pemula, hal utama yang harus dipertimbangkan ialah memahami setiap gerakan dasar dalam senam aerobik. Bahkan konsep dari gerakan dasar tersebut penting untuk dipelajari. Hal ini mengingat orang-orang yang melakukan senam aerobik akan menjadikan gerakan dasar sebagai acuan. Bahkan Anda juga harus mengenal tahapan kelas belajar senam aerobik. Tahapan tersebut misalnya saja high/low aerobik, step aerobik, kickboxing, water aerobik, sport conditioning, dan lainnya. Dengan kata lain wawasan mengenai gerakan dasar dan tahapan atau tingkatan belajar senam aerobik juga perlu menjadi pertimbangan penting bila Anda ingin memulai petualangan baru menjadi trainer senam aerobik. Dan yang paling penting ialah menjaga postur tubuh agar seimbang dan proporsional. Mengapa ini penting? Ya, ini penting karena para pembelajar senam aerobik akan lebih tertarik belajar dan melakukan senam aerobik dengan trainer yang sudah merasakan efek positif dari gerakan senam tersebut. Salah satunya ialah faktor bentuk tubuh dan berat badan. Orang-orang yang sudah terbiasa melakukan senam aerobik pastinya akan memiliki berat badan yang seimbang dan terlihat sehat. Jadi, sudahkah Anda memiliki wawasan yang cukup mengenai dasar-dasar gerakan senam aerobik, tingkatan pembelajar senam tersebut hingga penampilan Anda yang sudah mencerminkan sebagai seseorang yang sudah lama berkecimpung dengan dunia aerobik.

Nah, itulah beberapa tips menjadi seorang trainer senam aerobik yang diminati oleh banyak orang. Selain mempertimbangkan beberapa hal-hal di atas, promosi di tempat yang tepat adalah poin penting bila Anda ingin menggaet banyak orang untuk mengikuti arahan Anda sebagai trainer. Mempromosikan diri sebagai jasa trainer aerobik di marketplace yang populer dengan ribuan pengunjung adalah salah satu poin penting yang juga harus Anda pertimbangkan.

Baca juga: Yoga Untuk Pemula? Perhatikan Tips Praktis berikut ini!

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
80%
wow
Netral
10%
sad
Sedih
10%
angry
Marah
0%