Tips Membersihkan Sofa Berbahan Kulit

0
2697
Tips Membersihkan Sofa Berbahan Kulit

Tips Membersihkan Sofa Berbahan Kulit – Jika Anda memiliki rencana untuk melakukan renovasi tetapi masih terhalang oleh budget, maka Anda bisa menyiasatinya dengan membersihkan ulang furnitur lama dan melakukan perubahan untuk letak furnitur. Dengan membersihkan furnitur ulang maka kesan baru pada furnitur akan terlihat. Ada beberapa furnitur yang membutuhkan perawatan khusus agar kebersihan dan kualitasnya terjaga dengan baik. Furnitur seperti meja, tempat tidur, meja hingga sofa memerlukan perhatian khusus. Apalagi jika furnitur yang Anda miliki terbuat dari bahan kulit, maka diperlukan perawatan khusus agar tetap terlihat cantik dan tidak usang.

Banyak orang memilih membeli sofa berbahan kulit karena memiliki kesan elegan dan mewah. Selain kesan elegan dan mewah yang diberikan, pastinya budget yang Anda keluarkan untuk membeli sofa juga tidak main-main. Untuk itu membersihkan sofa berbahan kulit secara teratur juga menjadi salah satu pilihan yang tepat agar sof tetap awet. Jika sofa kayu cukup Anda berishkan dengan kain lap basah, maka hal ini tidak berlaku pada sofa berbahan kulit. Membersihkan sofa berbahan kulit dengan sembarangan hanya akan membuat sofa cepat rusak dalam waktu singkat. Apalagi jika Anda berpikir untuk memilih memakai detergen dan pembersih dengan bahan dasar amonia agar sofa terlihat bersih maka cara ini bukannya merawat justru malah merusak sofa kulit yang Anda miliki. Memang benar jika alasan Anda memilih sofa berbahan kulit karena lebih kuat dan tahan lama. Hanya saja dengan perawatan yang salah maka sofa kulit tidak akan bertahan lama. Untuk itu Anda harus benar-benar merawat sofa kulit dengan baik. Agar sofa tetap terlihat bersih dan baru perhatikan tips membersihkan sofa berbahan kulit.

Gunakan Vacuum Cleaner

Jika selama ini Anda sering memakai sikat baju atau sikat gigi untuk membersihkan sofa berbahan kulit maka kali ini Anda bisa menggantinya dengan vacuum cleaner. Pilih vacuum cleaner yang memiliki ujung sikat lembut agar dapat menghisap debu dan kotoran pada permukaan sofa hingga pada bagian terdalam sekalipun. Pastikan Anda membersihkan seluruh permukaan sofa dengan baik dan menyeluruh dan tidak ada bagian yang terlewatkan. Jika Anda kesulitan untuk menjangkau bagian dalam dan lipatan sofa maka Anda bisa memakai pipa dengan ujung mungil. Pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati saat membersihkan sofa agar tidak menggores permukaan kulit, mengingat harga sofa yang cukup mahal dan bekas goresan juga akan sulit hilang.

Pilih Kain Lembab untuk Membersihkan Permukaan Sofa

Untuk membersihkan permukaan sofa berbahan kulit, Anda bisa memakai kain lembut yang lembab, bukan kain basah. Kain lembut tetapi lembab seperti kain microfiber bisa digunakan untuk membersihkan debu yang menempel. Anda bisa sedikit menekan permukaan sofa ketika membersihkannya, setelah itu biarkan mengering dengan sendirinya agar permukaan sofa tetap utuh dan tidak pecah-pecah. Tidak disarankan untuk mengeringkan dengan menjemur dibawah sinar matahari atau memakai hair dryer. Sinar matahari dan hair dryer hanya akan membuat kelembaban material kulit hilang sehingga menjadikan permukaan pecah-pecah.

Gunakan Pembersih Khusus untuk Materiak Berbahan Kulit

Sofa berbahan kulit memang memberikan kesan elegan, untuk menjaga kesan elegan tetap ada. Cara Anda membersihkan sof juga turut berpengaruh. Sofa kulit dipiih karena sudah terkenal akan sifatnya yang tahan lama dan tidak lekang oleh waktu. Hanya saja tanpa perawatan yang baik sofa kulit Anda akan terlihat buluk dan tidak menampilkan kemewahannya. Untuk itu Anda harus memakai pembersih khusus untuk material berbahan kulit. Ada banyak pembersih untuk material berbahan kulit yang bisa Anda temukan di pasaran. Dan juga untuk jenisnya bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, dari bentuk gel, cair atau pun lotion. Pastikan Anda memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk membersihkan sofa, Anda cukup menuang pembersih pada kain lap yang lembut atau Anda juga bisa memakai spons. Lalu tempelkan kain atau spons pada sofa dengan gerakan memutar  dan anagkat kotoran memakai kain bersih. Sebaiknya Anda menghindari untuk memakai kain lap yang berwarna, agar tidak terjadi transfer warna dari kain ke sofa apalagi jika kain tersebut mudah luntur. Maka bukannya bersih tetapi malah meninggalkan noda.

Gunakan Pelembab untuk Sofa Kulit

Nyatanya tidak hanya kulit Anda yang membutuhkan pelembab, sofa berbahan kulit juga butuh pelembab. Ada beberapa produk pembersih material berbahan kulit yang sudah dilengkapi dengan pelembab atau conditioner tetapi ada juga yang belum. Ada baiknya Anda membeli pelembab untuk sofa. Anda bisa memakai kain lembut untuk mengaplikasikan pelembab ini lalu tuang pada seluruh permukaan sofa. Hal ini berfungsi untuk menjaga kelembapan material kulit agar tidak kering dan pecah-pecah. Tidak hanya itu dengan menambahkan pelembab pada permukaan sofa berbahan kulit aroma alami kulit juga bisa kembali. Sebenarnya cara ini bisa Anda lakukan pada material berbahan kulit tidak hanya sofa, tetapi juga sepatu atau pun tas. Bak kulit asli mau pun imitasi. Agar sofa kulit tetap terlihat seperti baru pastikan Anda membersihkan dan merawat sofa secara berkala. Jika memang Anda mengalami kesulitan maka Anda bisa mencari jasa untuk membersihkan sofa. Pastikan Anda menemukan jasa yang tepat untuk membersihkan sofa agar hasil yang didapat maksimal. Dapatkan jasa pencuci sofa dari situs hal jasa yang bisa Anda pesan melalui web atau pun aplikasi di playstore. Cara yang cukup mudah untuk membantu membersihkan perabotan mewah Anda. setelah semua sofa bersih maka Anda bisa melakukan penataan ulang agar furnitur terlihat baru.

Baca juga: Tips Membersihkan Sofa Agar Bebas Bakteri dan Debu

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%