5 Poin Yang Menjadi Alasan Pentingnya Melakukan Service AC

0
4705
Alasan Pentingnya Melakukan Service AC

Alasan Pentingnya Melakukan Service AC – Ac atau Air Conditioner  menjadi salah satu benda penolong saat suhu sedang panas. Apalagi bagi Anda yang hidup di kota besar seperti Jakarta atau Bekasi yang terkenal dengan cuaca yang panas dan tidak bersahabat maka pemakaian AC pasti akan lebih sering. Sebelum membeli AC pastikanya Anda sudah memiliki kriteria khusus agar ruangan terasa lebih nyaman. Belum lagi keunggulan yang dijelaskan oleh pihak penjual tentu membuat Anda semakin tertarik dan membelinya. Setelah membeli AC, sebenarnya tidak hanya masalah listrik yang harus Anda perhatikan. Tetapi biaya perawatan untuk AC juga harus Anda pikirkan. Apalagi jika Anda bukan seorang yang ahli dalam urusan perawatan AC maka menyerahkan kepada ahlinya bisa menjadi pilihan yang tepat.

Memakai AC memang tidak masalah hanya saja yang perlu mendapat perhatian besar adalah perawatan terhadap AC itu sendiri. Karena sering digunakan maka Anda memiliki kewajiban untuk merawat AC secara teratur. Hal ini bukan tanpa sebab tetapi ada keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika rutin melakukan service AC. Ada 5 poin yang menjadi alasan pentingnya melakukan service AC.

  1. Tempat Berkumpulnya Jamur Dan Bakteri

Untuk melakukan service AC Anda tidak perlu menunggu AC sampai rusak atau pun bermasalah. Meskipun AC terlihat bersih, belum tentu hal ini benar-benar bersih. AC bisa saja menjadi tempat berkumpulnya jamur dan bakteri. Jamur dan bakteri berkumpul dikarenakan bagian dalam AC yang lembab sehingga menyebabkan munculnya lumut dan jamur. Jamur dan bakteri akan menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi kesehatan seperti penyakit sinusitis atau pun penyakit kulit. Itu sebabnya Anda tidak perlu menunggu AC rusak untuk melakukan perawatan. Perawatan berkala juga diperlukan agar AC tetap memiliki performa yang baik dan bebas dari bakteri.

  1. Sakit Kepala

Memang ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi sakit kepala seseorang. Meskipun begitu AC juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Apalagi jika Anda bekerja di dalam ruangan yang memakai AC. Sakit kepala berlebih akan membuat kinerja Anda turun ketika berada di kantor. AC yang kotor menjadi salah satu penyebab mesin mmeiliki suara yang berisik dan juga produksi dingin yang dihasilkan tidak maksimal. Suara dingin yang dihasilkan AC memang cukup menganggu, apalagi jika Anda membutuhkan konsentrasi tinggi dalam melakukan pekerjaan. Suara AC juga tidak ada bedanya dengan kipas angin. Jika hal ini terjadi sudah pasti Anda harus melakukan servis AC. Agar AC bisa kembali seperti semula memiliki performa yang baik tanpa adanya suara yang bising serta menghasiljan udara yang bersih dan juga nyaman.

  1. Karat Pada AC

Kaat yang muncul pada AC bukan masalah kecil, hal ini bisa membahayakan kesehatan tanpa Anda sadari. Bagian dalam AC yang terpapar kondesasi udara dan freon menyebabkan karat bisa muncul pada besi-besi di dalam AC. Jika partikel ini berkarat maka akan ikut terhembus udara dan kesempatan Anda untuk menghisap partikel ini sangat tinggi. Dan bahayanya lagi Anda tidak mengetahuinya, padahal ketika Anda menghisap partiket yang berkarat ini ke dalam paru-paru maka akan muncul masalah kesehatan serius pada hidung, tenggorokan dan paru-paru Anda. Jika udara yang mengandung karat ini dihisap oleh anak-anak tentu akan sangat berbahaya, apalagi bagi balita yang memiliki daya tahan rendah. Untuk mencegah hal ini terjadi, sudah seharusnya Anda melakukan perawatan secara rutin, meskipun AC tidak memiliki masalah yang serius.

  1. Terganggunya Pernapasan Akibat Sirkulasi Udara

Melakukan servis AC secara rutin memang sangat penting, hal ini menjaga agar filter udara pada AC tetap bersih. Filter udara yang kotor akan membuat udara yang dihasilkan mengandung debu dan juga membuat sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik. Belum lagi ketika kandungan CO2 atau karbondioksida bertambah lebih banyak, padahal untuk bernafas Anda membutuhkan oksigen atau O2. Belum lagi resiko terkena penyakit TBC dan asma yang disebabkan oleh debu. Anda memutuskan untuk memakai AC tentunya agar suasana lebih nyaman karena bisa mengatur sendiri berapa suhu dingin yang diinginkan. Bukan malah menimbun penyakit untuk Anda dan juga penghuni rumah.

  1. Memperparah Penyakit Yang Dimiliki

Penyebaran kuman dan virus lewat udara memang terbukti efektif, dan juga hal ini jarang dirasakan sampai ketika seseorang sudah jatuh sakit. Jamur, karat dan debu yang terkumpul akan tersebar ke seluruh ruangan. Dengan begitu potensi untuk menyebarkan penyakit semakin besar, apalagi jika Anda sebelumnya sudah memiliki riwayat penyakit pernafasan. Mencegah tentu lebih baik daripada harus mengobati, terkadang Anda baru mengetahui penyakit tersebut ketika sudah parah. Jika hal ini yang terjadi maka Anda harus menyiapkan budget yang tidak sedikit untuk biaya perawatan penyakit, belum lagi jika terjadi komplikasi tentu biaya yang dikeluarkan bisa melebihi budget Anda. Jika dirumah Anda memakai AC maka sudah seharusnya Anda melakukan perawatan rutin agar kesehatan Anda dan juga penghuni rumah tetap terjaga dan Anda bisa menikmati hawa dingin yang dikeluarkan oleh AC. Merawat AC dengan memilih jasa service yang tepat. Dengan begitu Anda juga turut merawat kesehatan keluarga Anda.

Facebook Comments
love
Senang
50%
haha
Terinspirasi
25%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
25%
angry
Marah
0%