Tips Mudah Merawat Karpet Agar Awet

0
1961
Tips Mudah Merawat Karpet Agar Awet

Memiliki perabotan yang ada di rumah tentunya membuat seseorang ingin menjaga dengan sebaik-baiknya. Apalagi apabila setiap perabotan yang dimiliki tersebut nyatanya dibeli dengan hasil jerih payah sendiri. Tentunya hal tersebut akan semakin membuat orang tersebut akan semakin teliti dalam menjaganya. Namun dari sekian banyak benda maupun barang yang ada di rumah maka ada satu benda yang sayangnya seringkali luput dari perhatian. Benda tersebut tidak lain adalah Karpet. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Karena selama ini karpet dianggap tidak terlalu penting dan juga tidak terlalu berpengaruh banyak terhadap penampilan rumah. Padahal anggapan ini tentunya salah besar. Karena karpet bukan hanya memberikan kenyamanan bagi pemiliknya namun juga akan menambah daya tarik tersendiri bagi rumah tersebut. Selain itu yang perlu diketahui selanjutnya adalah apabila karpet tidak  mendapatkan perawatan maka kemungkinannya untuk rusak akan semakin besar. Padahal harga karpet tentunya bukanlah harga yang murah. Tentunya hal tersebut hanya akan membuat dompet menjadi semakin menipis apabila terpaksa harus membeli karpet yang baru. Disebabkan karena karpet yang lama sudah rusak. Hal ini tentunya bias dihindari apabila mampu merawat karpet secara benar. Tapi banyak yang menyangka bahwa hal ini adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Padahal ada tips mudah merawat karpet agar awet:

  1. Harus Sering Dibersihkan

Tips Mudah Merawat Karpet Agar Awet

Hal pertama yang mesti dilakukan oleh mereka yang ingin membuat karpet yang dimiliki terus awet adalah dengan cara harus sering dibersihkan. Dimana hal ini seringkali dilewatkan oleh mereka yang malas untuk membersihkan karpet. Karena dianggap karpet adalah benda yang tidak perlu dibersihkan terlalu sering. Padahal anggapan ini adalah sebuah anggapan yang salah kaprah. Karena yang perlu diketahui adalah bahwa karpet merupakan benda yang paling sering bersentuhan dengan banyak kotoran maupun debu. Dimana hal tersebut tentunya membuat karpet menyimpan banyak kotoran ataupun debu. Terutama pada serat-serat karpet yang bisa dibilang, akan mudah untuk menangkap kotoran maupun debu. Namun pada serat-serat karpet tersebutlah yang kemudian tersimpan banyak sekali kotoran atau debu. Dimana apabila hal ini terus dibiarkan tentunya akan sangat menganggu kesehatan karena akan dengan mudahnya terhirup oleh siapapun. Tidak berhenti sampai disitu saja karena debu atau kotoran yang terus menempel pada serat-serat karpet dalam jumlah banyak akan membuat karpet menjadi mudah rusak. Hal tersebut tentunya dapat dihindari dengan cara membersihkan karpet secara rajin. Dimana yang paling maksimal untuk membersihkan karpet adalah dengan cara menggunakan vacuum cleaner. Karena vacum cleaner dipastikan lebih bersih dalam menyedot berbagai debu maupun kotoran yang menempel di serat-serat karpet. Sehingga resiko karpet yang rusak karena terlalu banyak debu maupun kotoran tentunya bisa dihindari. Selain itu yang perlu menjadi catatan berikutnya adalah bahwa karpet yang masih baru juga tidak luput mesti dibersihkan menggunakan vacuum cleaner. Dimana hal ini seringkali dilewatkan oleh mereka yang baru membeli karpet dan merasa karpet mereka masih bersih. Padahal anggapan ini adalah sebuah kekeliruan. Karena meskipun masih baru bukan berarti karpet tersebut bebas dari debu maupun kotoran. Maka ada baiknya untuk terlebih dahulu membersihkannya dengan vacuum cleaner.

  1. Hindari Menginjak Karpet Ketika Kaki Basah

Tips Mudah Merawat Karpet Agar Awet

Tips berikutnya bagi mereka yang ingin menjaga karpet tetap awet adalah dengan cara menghindari menginjak karpet ketika kaki masih basah. Dimana kesalahan ini sepertinya seringkali dilakukan oleh banyak orang. Entah mereka yang baru keluar dari kamar mandi ataupun kebasahan maka mereka akan tanpa ragu menginjak karpet. Seakan hal tersebut tidak akan menimbulkan hal apapun. Namun yang perlu diketahui adalah kaki yang basah tentunya membawa air. Dimana air yang menempel pada karet akan bertahan lama. Hal tersebut akan membuat debu maupun kotoran yang ada di udara akan mudah menempel pada karpet yang basah. Sehingga debu maupun kotoran akan bercampur dengan air yang akan membuat kotoran menjadi mengerak. Hal inilah yang kemudian akan membuat kondisi karpet akan menjadi memburuk dan tidak mungkin apabila terus dibiarkan dalam waktu yang lama akan membuat karpet menjadi rusak. Dimana hal ini tentunya dapat dihindari dengan cara mudah. Yakni jangan menginjak karpet ketika kondisi kaki masih basah. Bisa dilakukan pengeringan kaki terlebih dahulu seperti menggunakan kain maupun handuk. Hal tersebut tentunya dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

  1. Jangan Cuci Karpet Menggunakan Sabun

Tips Mudah Merawat Karpet Agar Awet

Banyak orang yang merasa apabila karpet miliknya kotor maka akan bergegas untuk mencucinya. Namun yang menjadi masalah adalah banyak orang yang menyamakan mencuci karpet seperti mencuci barang lainnya. Yakni dengan menggunakan sabun. Karena selama ini masih banyak yang beranggapan bahwa mencuci dengan sabun maka akan membersihkan kotoran pada benda apapun. Namun sayangnya, hal ini tidak berlaku untuk karpet. Memang benar apabila karpet dicuci dengan sabun maka akan bersih. Namun hal tersebut hanya akan berlangsung sementara. Karena begitu karpet sudah kering maka akan banyak debu ataupun kotoran yang semakin menempel. Hal tersebut tidak lepas dari residu yang dihasilkan dari sabun ketika mencuci. Tidak berhenti sampai disitu saja, karena hal tersebut juga akan membuat karpet menjadi lebih mudah rusak.

Menjaga keawetan karpet memang bukanlah perkara mudah. Apalagi dengan banyaknya larangan seperti yang telah disebutkan diatas. Maka solusi yang paling mudah adalah dengan menyerahkan hal tersebut pada ahlinya jasa cuci karpet untuk menjaga keawetan karpet yang dimiliki.

baca juga: 10 Cara Mudah Membersihkan Karpet.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%