Trik Memasang Antena TV Rumah Yang Benar Untuk Hasil Gambar Jernih

0
25316
Halojasa Trik memasang antena tv rumah

Trik memasang antena tv rumah harus bisa Anda pelajari supaya nanti ketika akan menonton channel TV maka tidak ada hal yang mengganggu. Di zaman serba modern saat ini, kemajuan teknologi juga berkembang sangat pesat termasuk salah satunya televisi. Televisi merupakan perangkat yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat. Berbagai acara di tv mampu menayangkan ragam tayangan seperti chanel pendidikan, chanel hiburan, hingga promosi iklan. Dan televisi merupakan salah satu perangkat elektronik yang dibekali oleh teknologi audio visual dimana Anda bisa mendapat berbagai informasi berita hanya dengan menontonnya.

Sebelum ada televisi, radio adalah satu-satunya media favorit hanya saja masih menampilkan suara. Berbeda dari radio, televisi paling mudah dipahami oleh mereka yang menonton berita karena dihadirkan melalui gambar gravis yang lengkap. Tayangan yang menarik dan menghimbur sedikit banyak mampu membuat otak kita jadi lebih segar setelah seharian bekerja. Dan supaya gambar yang dihasilkan oleh tv bisa jernih tentu tak lepas dari peran antena tv. Fungsi utama dari antenna tv adalah membuat sinyal lebih stabil supaya gambar yang dihasilkan akan lebih bagus dan jernih.

Berbeda dengan televisi pada masa dulu dimana kualitas gambarnya masih berwarna hitam putih. Dan seiring berkembangnya ilmu teknologi, maka diciptakanlah televisi berhambar, lebih elegan, berfitur canggih hingga ringan. Meski televisi bisa hidup tanpa antena, akan tetapi kebutuhan antena tv sangat mempengaruhi kualitas dan kejernihan gambar. Untuk bisa memasang antena tv dengan tepat, tentu Anda harus paham betul dimana posisi antena nanti akan diletakkan. Jika masih bingun bagaimana cara memasangnya, Anda juga bisa menghubungi jasa service tv untuk membantu memasangkan antena. Namun sebelum memasang antena tv, alangkah baiknya Anda ketahui cara memilih antena mana yang baik dan berkualitas supaya bisa menghasilkan kualitas gambar sempurna.

  1. Tips memilih antena

Langkah pertama sebelum melakukan pemasangan antena tv adalah memilik antena yang baik. Anda bisa mengetahui jenis atau tipe antena maka yang cocok untuk dipasang di rumah Anda. Berikutnya baru Anda bisa memilih antena tv yang berkualitas baik. Umumnya, antena tv adalah perangkat yang bisa dipasang secara indoor maupun outdoor. Artinya, pemasangan antena tv bisa didalam atau diluar rumah tergantu keinginan Anda.

  • Jenis antena tv

Bentuk dari antena indoor biasanya bulat dan bisa Anda pindah-pindahi lokasinya. Sedangkan unuk meletakkan antena jenis ini adalah didalam ruangan atau di atas televisi Anda. Berbeda dengan antena jenis outdoor dimana bentuk dari antena ini jauh lebih besar ketimbang antena indoor. Pemasangan antena outdoor adalah diluar rumah atau diletakkan di atas atap rumah. Untuk proses pemasangannya memang sedikit ribet karena Anda membutuhkan tiang atau penyangga untuk meletakkan antena tv. Panjang tiang inilah yang juga berpengaruh pada kualitas dan kejernihan gambar televisi.

Selain antena tv biasa, Anda juga bisa memasang antena jenis parabola dimana peletakkannya tidak mesti secara horizontal tetapi mengarah pada pemancar satelit langsung. Meletakkan antena juga bisa dilihat dari dekat jauhnya lokasi stasiun TV. Jika jarak rumah dengan stasiun tv Anda lebih jauh maka tentu kualitas gambar sedikit kurang kuat jika Anda hanya menggunakan antena indoor. Untuk itu pilih antea outdoor agar kejernihan gambar bisa dihasilkan.

  • Jenis kabel

Kemudian perhatikan juga jenis kabel yang menghubungkan antara antena dengan televisi. Kini ada begitu banyak tipe kabel dan jenisnya yang bisa Anda pilih. Ada kabel berbahan tembaga serabut dan tidak berserabut. Pastikan pilih jenis antena yang berkualitas baik dan memiliki tembaga yang cukup tebal supaya bisa menjaga tegangan listrik. Kabel yang bagus akan mempengaruhi kinerja gambar yang ditampilkan pada layar televisi Anda.

  1. Tips Memasang Antena TV

Selanjutnya, setelah paham tentang jenis-jenis antena dan kabel tv maka tips memasang antena yang benar juga harus Anda perhatikan. Namun jika dirasa tidak sanggup melakukan pemasangan antena tv, Anda juga bisa kok menggunakan jasa service tv yang sudah berpengalaman. Namun sebelum benar-benar menggunakan jasa pemasang antena, pada dasarnya memasang antena tv tidak serumit yang dibayangkan lho. Berikut aturan mudah memasang antena tv yang bisa Anda coba dirumah.

  • Pertama siapkan peralatan beserta bahan untuk memasang antena berupa kabel, tang pemotong, gunting, antena tv, perangkat obeng, atau tiang penyangga antena jika anda memilih jenis antena outdoor.
  • Berikutnya, kupas perlahan kulit pada kabel bagian luar kira-kira 1.5 cm. Kupas kebel dengan silet atau gunting dan lakukan secara berlahan supaya tidak memotong bagian lain kabel. Lalu lihatlah jika sudah muncul serabut kabel, kertas aluminium dan dan kabel bagian dalam. Jadikan satu ketiga komponen ini.
  • Selanjutnya kendurkan baut yang berada di port jack. Bagian ini nanti akan dihubungkan langsung ke lubang port pada antena tv. Masukkan kabel berseta isolatornya dan lilitkan kabel yang berserabut tadi. Rekatkan dengan solder. Usahakan tidak menyatukan kabel tembaga dengan kabel berserabut tadi.
  • Jika semua kabel telah selesai dipasang, rapikan kabel lalu mulai pasang antena. Jangan lupa pasang kabel yang menghubungkan antena tv dengan televisi Anda caranya dengan mencari colokan yang biasanya berada di belakan tv.

Antena outdoor biasanya memiliki daya lebih kuat dibanding indoor. Akan tetapi semua itu tergantung pada Anda, apakah ingin menggunakan antena indoor atau outdoor. Demikian langkah memasang antena tv yang benar untuk mendapatkan kualitas gambar yang jernih. Jika dirasa ada masalah pada tv dirumah, maka jasa service tv adalah jawabannya.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Kualitas Suara Speaker Home Theater

love
Senang
17%
haha
Terinspirasi
16%
wow
Netral
18%
sad
Sedih
12%
angry
Marah
34%