Tips Perawatan AC Untuk Memperpanjang Usia AC Anda

0
1499

Tips Perawatan AC – Di era modern ini,tidak bisa kita pungkiri bahwa penggunaan AC sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Disetiap tempat,kita pasti sering menjumpai pendingin ruangan disetiap sudut ruangannya. Di kantor,di pusat perbelanjaan,di rumah sakit,bahkan sebagian besar masyarakat kita sudah menggunakan AC di rumah. Ya,alat elektronik yang satu ini memiliki peran yang penting dalam menciptakan rumah yang dingin,nyaman dan sejuk. AC menjadi pilihan banyak orang untuk digunakan sebagai pengganti kipas angin. Semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan AC,maka semakin banyak pula yang menawarkan jasa-jasa seperti jasa pasang AC atau jasa bongkar pasang AC. Seperti halnya alat elektronik lain,AC juga perlu dijaga dan dirawat. Karena di era digital saat ini,semua kehidupan beserta keperluan manusia akan dipermudah oleh adanya teknologi. Anda tak perlu lagi repot-repot keluar rumah untuk mencari jasa service AC atau jasa cuci AC. Anda cukup menggunakan handphone dan mencari para penyedia jasa service AC atau jasa cuci untuk datang kerumah anda.

Tips Perawatan AC

Banyak kasus kerusakan AC yang terjadi selama ini adalah akibat dari kelalaian pemiliknya. AC hanya dipakai saja tanpa diperhatikan kebersihannya. Padahal,jika AC kita gunakan dalam keadaan kotor dan kita tidak membersihkannya,hal tersebut jelas akan berpengaruh pada kinerja AC itu sendiri. AC yang kotor juga akan berdampak tidak baik bagi pemiliknya. AC yang kotor tidak dapat melakukan penyaringan udara secara sempurna,sehingga udara yang terbawa oleh AC yang kotor bisa saja masih mengandung jamur dan bakteri dari udara luar.Dan kebanyakan  kasus kerusakan AC disebabkan oleh kondisi AC yang sangat kotor , mereka lupa bahwa kondisi AC yang kotor dapat membuat kerja AC menjadi semakin berat , mudah panas , bahkan dapat menutup hembusan sirkulasi angin yang keluar dari unit AC. Jika sudah begini , maka biasanya AC akan mudah rusak. Berikut ini kami bagikan kepada Anda apa saja Tips Merawat AC agar Tetap Awet. Penyedia jasa service AC boleh menjamur,tetapi tidak ada salahnya jika Anda melakukan upaya preventif sebelum AC Anda harus “berobat” ke “klinik” tukang AC. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk merawat AC agar tetap awet.

Perhatikan Ruangan Tempat Anda Memasang AC

Memasang AC dirumah tidak boleh sekadar langsung pasang-pasang saja lho. Anda juga harus memperhatikan dimana AC tersebut akan dipasang. Besar dan kecilnya sebuah ruangan yang akan di pasang AC,tentu saja berpengaruh terhadap dingin atau tidaknya sebuah ruangan itu sendiri. Jika ruangan yang akan dipasang AC adalah ruang terbuka,maka hal tersebut akan membuat kerja AC semakin berat. Pastikan ruangan yang akan dipasang AC adalah ruang yang tertutup dengan rapat. Jangan terbiasa membiarkan ruangan berAC sering terbuka. Pastikan juga celah pada kamar atau ruangan seperti celah jendela,pintu atau plafon sudah dalam kondisi tertutup rapat. Pilih PK AC yang sesuai dengan luas ruangan. Dan saat ingin membeli AC,Anda bisa bertanya kepada penjual mengenai PK AC yang cocok untuk dibeli dengan penggunaan ruangan yang akan Anda pasang AC.

Cuci AC 3 Bulan Sekali

Salah satu perawatan yang di perlukan oleh AC Anda ialah melaksanakan pencucian minimal 3 bulan sekali. Anda bisa meminta bantuan kepada tukang service AC yang telah berpengalaman.Namun jikalau Anda ingin mencuci AC sendiri,Anda bisa melakukan hal sederhana sebagai berikut. Pertama,matikan AC dan cabut kabelnya dari sumber listrik. Kedua,lepas filter AC. Ingat,dalam hal bongkar-membongkar,anda terlebih dulu harus membaca buku petunjuk yang sudah disediakan oleh produsen. Selanjutnya,Anda bisa membersihkan debunya,lalu cuci filter tersebut. Anda bisamenggunakan semprotan pembersih AC untuk membersihkan komponen evaporatornya.

Cuci Outdoor AC Sebulan Sekali

Jika outdoor AC mudah di jangkau,sebaiknya Anda melaksanakan pencucian pada outdoor AC minimal 1 bulan sekali. Yang perlu Anda lakukan hanya menyiapkan selang yang dipasang ke keran. Caranya adalah dengan menyemprot outdoor AC pada bagian kipas dan kondesor belakang. Lakukan secara hati-hati dan tetap baca petunjuk perawatan pada buku manual AC. Perlu Anda ketahui, untuk AC berjenis inverter , sebaiknya Anda juga perlu ekstra berhati-hati untuk melaksanakan pencucian. Ketika kondisi outdoor bersih , maka kerja mesin ac akan semakin ringan dan udara yang dihasilkan akan menjadi semakin segar dan bersih.

Cek Freon AC Anda

Tak hanya outdoor pada AC yang perlu anda perhatikan kerbersihannya. Kerusakan AC juga banyak disebabkan oleh kerusakan pada Freon. Kasus yang terjadi selama ini adalah Freon AC yang mengalami kebocoran. Kebocoran pada Freon AC juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut seperti adanya baut yang berkarat atau pipa AC yang mengalami kebocoran.Freon juga harus menjadi bagian AC yang tidak boleh luput dari pengawasan kebersihannya. Pengecekan freon AC baiknya di lakukan setiap 6 bulan sekali. Hal ini perlu dilakukan karena jika terjadi kekurangan freon,maka akan sangat mengganggu sistem kerja AC. Jika freon berkurang maka dapat di pastikan bahwa AC anda mengalami kebocoran instalasi. Segera perbaiki dan lakukanlah pengisian freon.

Cuci Filter Ac 2 Minggu sekali

Tak hanya perawatan dalam hitungan bulan saja,ternyata AC juga perlu dirawat dalam dalam satuan minggu. Yaps,dia adalah filter AC. Filter AC perlu dibersihkan minimal 2 minggu sekali. Perawatan  ini  perlu dilakukan agar unit indoor AC tidak terlalu kotor. Hal ini mengingat filter AC berfungsi sebagai daerah yang menyaring udara kotor.

Selain merawat AC sebagaimana dijelaskan diatas. Sebaiknya Anda juga perlu memperhatikan cara penggunaan AC. Seperti memperhatikan setelan remot dan jangan pernah menumpuk colokan AC dengan alat elektonik yang lain. Menumpuk AC dengan alat elektronik yang lainnya dapat membuat komponen pada AC rusak karena Anda tidka pernah mengetahui bagian mana yang akan penyok atau tertekan.

Baca juga: 7 Cara Merawat AC Agar Tidak Mudah Rusak

love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%