Tips Membersihkan Kotoran dan Bau Hewan Peliharaan Agar Rumah Tetap Nyaman

1
5311
halojasa Tips Membersihkan Kotoran dan Bau Hewan Peliharaan

Tips Membersihkan Kotoran dan Bau Hewan Peliharaan – Di era milenial saat ini, rasanya bukanlah hal baru jika banyak orang berlomba-lomba memiliki hewan peliharaan dirumah. Baik hanya untuk teman bermain atau mungkin sebagai hewan penjaga rumah. Tidak bisa dipungkiri bahwa kelucuan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing adalah daya tarik yang menyebabkan keduannya menjadi hewan peliharaan paling dicari dan paling banyak dipelihara dari dulu hingga saat ini. Faktanya,memiliki hewan peliharaan dirumah tidak hanya sebagai pelengkap saja,tetapi juga memiliki manfaat bagi pemiliknya. Hewan peliharaan tak hanya lucu dan menggemaskan, tetapi hewan peliharaan juga dapat menurunkan tingkat stress dari pemiliknya, dengan syarat hewan tersebut terlatih berperilaku baik.

Tips Membersihkan Kotoran dan Bau Hewan Peliharaan

Jika Anda dirumah memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing,sepertinya bukanlah hal yang baru jika kucing atau anjing anda meninggalkan jejaknya dimana-mana. Iya,bulu yang rontok,bau pipis yang menggangu seisi rumah,atau bahkan muntahan yang tak sengaja tercecer di lantai rumah Anda. Meskipun sudah terlatih, sesekali hewan peliharaan Anda pasti pernah membuang kotoran tidak pada tempatnya hingga muntah di tempat yang tidak semestinya. Hal tersebut pasti akan membuat rumah Anda menjadi bau dan tidak nyaman. Saat anda memiliki hewan peliharaan, sudah seharusnya Anda memperhatikan kondisi kebersihan rumah agar rumah tidak menjadi sarang penyakit akibat hewan peliharaan anda sendiri.

Untuk itu pula membersihkan rumah yang terkena kotoran hewan peliharaan perlu Anda lakukan. Meskipun Anda harus melakukan cuci sofa atau cuci karpet tentunya hal ini bukan masalah besar. Asalkan rumah tetap rapi dan juga wangi.  Berikut tips membersihkan kotoran dan bau hewan peliharaan agar rumah tetap nyaman.

Membersihkan Air Kencing Hewan Peliharaan

Walaupun sudah diberi tempat khusus untuk poop dan pipis,tak jarang kucing dan anjing tetap poop dan pipis sembarangan. Jika anda mendapati hewan peliharaan anda kencing di tempat yang tidak semestinya,segeralah ambil handuk bekas yang sudah tak dipakai lalu gunakan untuk menyerap kencing hewan peliharaan tersebut. Lakukan langkah ini sesegera mungkin,sebelum cairan mengering. Karena kencing hewan mengandung ammonia,maka jika dibiarkan terlalu lama,kencing hewan akan semakin menyebarkan bau pesing di seluruh penjuru rumah dan akan meyebabkan noda atau bercak. Sebaiknya, gunakan handuk berwarna putih atau warna terang lainnya untuk meminimalisir terjadinya luntur pada karpet (jika pipis hewan mengenai karpet). Setelah kering,gunakan penghilang bau kencing kucing atau anjing khusus untuk karpet yang dijual di toko-toko hewan. Oleskan atau semprotkan langsung pada karpet dan diamkan sampai kering. Hindari membeli dan menggunakan produk pembersih karpet biasa. Produk tersebut tidak di desain untuk menghilangkan bau dan bakteri akibat kencing dari kucing atau anjing.

Jika Anda tidak menjumpai pembersih khusus anjing dan kucing di dekat rumah, campuran cuka dan air bisa menjadi salah satu alternatif. Anda bisa mengambil cuka dan air dengan takaran yang sama lalu masukkan dalam botol spray dan semprotkan pada lokasi bekas kencing hewan. Selain itu obat kumur juga bisa menjadi pilihan. Tetapi,gunakan obat kumur yang mengandung alcohol namun tidak berwarna.  Oleskan pada lokasi yang terkena kencing dan diamkan selama 30 menit. Jika semua metode tersebut sudah anda terapkan,jangan lupa untuk selalu mengeringkan media yang terkena kencing dengan menggunakan alat penyedot debu dengan ujung sikat atau menggunakan hair dryer. Jika anda tak memiliki keduanya,anda bisa menggunakan handuk bersih dan kering untuk menyerap sisa basah atau kelembapan pada karpet. Melakukan cuci karpet sendiri memang berat, untuk itu Anda tidak harus melakukannya, Anda bisa menyewa jasa cuci karpet untuk membersihkan karpet. Pastikan Anda memilih tenaga profesional dan terpercaya hanya di Halo Jasa.

Mengangkat Kotoran Padat Kucing atau Anjing

Pada umumnya, Anda bisa membuang kotoran padat hewan peliharaan dengan menggunakan skup khusus untuk hewan. Anda juga bisa menggunakan kantong plastik atau sarung tangan plastik sekali pakai. Jika kotoran berbentuk padat,anda bisa menggunakan cara tersebut untuk mengambil kotorannya. Namun apabila kotoran berbentuk encer,sebelum mengambil kotoran itu anda terlebih dahulu harus mencari selembar karton atau beberapa lembar kertas koran untuk mengeruk kotoran dari karpet sebanyak mungkin. Lakukan sesegera mungkin tanpa menunggu kering.

Atau Anda juga bisa menggunakan sabun cuci piring dan air hangat lalu aduk sampai rata dan gunakan untuk membersihkan sisa-sisa noda. Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas atau sikat cucian yang berbulu lembut untuk membantu anda mempermudah mengangkat kotoran yang masih terselip di serat-serat karpet. Bilas dengan air bersih,lalu keringkan dengan hair dryer atau alat penyedot debu. Jika sudah kering,oleskan atau semprotkan penghilang bau khusus kucing dan anjing yang bisa anda beli di toko hewan,atau membuat sendiri dirumah dengan cara mencampurkan obat kumur tak berwarna dengan cuka. Jangan lupa serap kembali kelembapan berlebih pada karpet seperti cara mengeringkan diatas.

Menghilangkan Bau Pipis kucing dan Anjing

Jika kucing atau anjing anda terlanjur meninggalkan bau atau kotoran tersebut,segera bersihkan dan jangan langsung menyemprot ruangan dengan semprotan pengharum ruangan. Hal tersebut akan semakin memperparah bau yang ada pada ruanagn rumah anda. Setelah kotoran dibersihkan,pel lantai yang sudah dibersihkan dengan menggunakan cairan desinfektan agar tidak menjadi bibit penyakit. Lalu,biarkan kering dan biarkan baunya hilang dengan sendirinya. Jika bau sudah berangsur-angsur menghilang,anda boleh menyemprot ruangan dengan semprotan pengharum ruangan. Apabila dirasa bau masih sedikit tertinggal,anda bisa mengulangi mengepel lantai dengan cairan desinfektan dan jika sudah kering anda bisa menambahkan kapur barus untuk kamar mandi (yang bentuknya bulat besar daripada kapur barus pada umumnya) di sudut ruangan yang terkena muntahan atau kotoran kucing tersebut. Kenapa harus kapur barus kamar mandi? Karena bau nya yang cukup kuat,akan dirasa cukup efisien dalam menghilangkan bau pada ruangan.

love
Senang
7%
haha
Terinspirasi
53%
wow
Netral
11%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
26%