Stir Mobil Bermasalah? Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Getaran Pada Stir Mobil

0
1832
Halojasa penyebab dan cara mengatasi getaran pada stir mobil

Mengetahui penyebab dan cara mengatasi getaran pada stir mobil sebenarnya tidak sesulit yang Anda pikirkan. Bagi Anda yang tengah melakukan perjalanan jauh dengan mobil tentu saja kenyamanan serta keamanan menjadi prioritas utama. Sayangnya, kenyaman berkendara tersebut bisa menjadi terganggu akibat ada sedikit masalah pada mobil. Seperti salah satunya adalah masalah pada setir kendaraan, dimana hal itu menyebabkan stir mudah bergetar.

Tak hanya mengurangu kualitas kenyamanan berkendara, masalah lain yang lebih fatal yakni bisa membahayakan si pengendara termasuk Anda dan keluarga. Untuk itu, jika Anda merasa ada yang kurang beres dengan stir mobil, segera lakukan pengecekan. Gunanya supaya kestabilan berkendara tetap terjaga dan stir yang tidak seimbang dan kurang stabil bisa segera diperaiki. Jika keseimbangan berkendaraan kurang baik, tentu bisa memecah konsentrasi saat berkendaar yang justru nanti bisa membahayakan keselamatan.

Sebenarnya, getaran yang dihasilkan oleh stir mobil muncul karena hal sepele. Sayangnya masih banyak dari kita yang mengabaikan kondisi tersebut. Tak jarang kita pun kurang melakukan perawatan terhadap kendaraan salah satunya dengan tidak membiarkan kendaraan dicek dan diperbaiki oleh ahli mekanik mobil karena adanya masalah pada stir. Jadi sebelum berniat membawa kendaraan ke jasa mekanik, sebaikny Anda mengetahui lebih dahulu apa saja penyebab beserta cara menangan getara yang diakibatkan oleh setir mobil.

Penyebab dan cara menangani getaran pada stir mobil dengan mudah:

  1. Masalah pada sistem pengereman

Penyebab stir mobil mengalami getara secara berulang adalah karena masalah pada sistem pengereman. Komponen yang ada di bagian rem tengah mengalami masalah sehingga menyebabkan stir mobil mobil ikutan bermasalah. Misalnya komponen pada sepatu rem, cakram yang sudah aus, atau menipisnya kanvas rem menjadi penyebab timbulnya suara bising dan getaran pada stir. Pada bagian piringan atau cakram yang sudah tidak halus akan menimbulkan getaran juga. Hal ini karena faktor usia piringan yang sudah terlalu lama atau pemasangan cakram yang kurang pas.

Bagaimana solusinya? Anda bisa mengecek bagian komponen yang menyatu dengan stir seperti cakram, kanvas atau sol rem. Jika memungkinkan adanya penggantian komponen yang sudah aus maka lakukannya. Anda bisa mengganti komponen stir lama dengan yang baru dan berkualitas bagus. Apabila kesulitan melakukan penggantian komponen stir, Anda bisa menyewa jasa mekanik mobil untuk mengatasi masalah ini.

  1. Tidak stabilnya roda mobil

Roda pada mobil bertujuan untuk memudahkan kendaraan tersebut berjalan dengan lancar dan stabil. Dan untuk menjalankan mobil dengan sempurna maka perlu pemasangan keempat roda. Jika masing-masing dari roda tersebut berjalan lancar maka tentu kendaraan akan berjalan dengan stabil. Masalahnya, ketika mobil melaju di jalanan yang bergelombang, rusak atau berlubang, tentu bisa mengakibatkan masalah pada perjalanan. Roda pada kendaraan bisa saja tak stabil dan menyebabkan oblak yang akhirnya tibul getaran di bagian stir.

Solusi mengatasi permasalah ini adalah membawanya ke bengkel atau ke mekanik mobil untuk mendapat perawatan spooring balancing. Perawatan ini berguna untuk membantu meluruskan atau memposisikan kembali keempat roda mobis supaya kembali sejajar dan seimbang. Keempat roda mobil haruslah memiliki keseimbangan masing-masing. Cara ini bisa Anda gunakan ketika kendaraan sudah melakukan perjalanan cukup jauh yakni hingga 10. 000 km. Meski mobil Anda jarang melewati jalur yang penuh lubang atau bergelombang, perawatan ini penting dilakukan setiap saat.

  1. Masalah pada bearing atau laher karena aus

Setir mobil mengalami getaran bisa disebabkan oleh banyak faktor selain karena ausnya cakram. Penyabnya yakni karena bearing atau laher yang terletak pada bagian roda depan mengalami aus. Jika sudah begitu tentu Anda harus melakukan penggantian laher yang aus tadi. Ausnya laher mobil akan menyebakan komponen itu tidak bisa bekerja secara maksimal ketika harus menyangga beban kendaraan. Akibatnya, ketika kendaraan berjalan maka akan muncul getaran pada laher dan setir. Jika masalah ini tidak segera ditangain, tentu bisa menyebabkan kerusakan cukup parah pada komponen lain termasuk komponen di bagian kaki-kaki mobil. Sebut saja komponen busing arm, tierod, dan ball joint juga ikut berdampak kerusakan.

Solusi supaya setir tidak bergetar adalah dengan rajin melakukan perawatan disetiap komponen tersebut. Perawatan rutin dan berkala akan membantu menghindari kerusakan. Anda juga bsia melumasi komponen bagian setir ini dengan oli atau grease supaya laher tidak cepat kering sehingga menghindari gesekan dengan logam lainnya.

  1. Masalah pada sistem pengereman mobil

Kondisi paling umum yang sebabkan stir mobil bergetar dan kendaraan tak stabil saat dijalan adalah terjadinya masalah pada sistem pengerem mobil. Cakram rem yang tidak rata bisa jadi akibat usianya yang sudah terlalu lama sehingga membutuhkan penggantian cakram baru. Atau karena pemasangan cakram rem yang kurang tepat, akibatnya bagian sisinya bisa terjepit dengan kuat ketika proses pengereman terjadi. Getaran pada setir mudah sekali ditimbulkan.

Langkah mengatasinya yaitu dengan ganti komponen cakram dan komponen pengereman lain jika sudah terlihat tanda-tanda aus. Ganti kampas rem dengan yang berkualitas bagus untuk menjamin kenyamanan berkendara.

  1. Masalah pada bagian velg mobil

Terakhir, setir mobil bisa bergetar akibat velg mobil mengalami masalah misalnya karena penyok atau saat melewati tanjakan turun. Ketika velg mobil penyok, putaran roda bisa menjadi oleng sehingga berpengaruh pada gerakan setir. Jika hal ini terus lama dibiarkan, bisa sangat berbahaya. Lebih baik ganti dengan velg mobil yang baru dan berkualitas.

Itulah beberapa masalah yang membuat setir mobil mudah bergetar saat kendaraan dikendarai. Rawat kendaraan pribadi Anda dengan rajin membawanya ke mekanik mobil. Jika ciri-ciri masalah pada stir mobil Anda sama dengan yang sudah disebutkan diatas, segera lakukan perbaikan.

Baca juga: Tips Agar Wiper Mobil Bekerja Maksimal Saat Hujan Tiba

love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
33%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
33%