Penyebab Water Heater Anda Tidak Panas Lagi Dan Solusi Mengatasinya

1
20047
Halojasa Penyebab Water Heater Anda Tidak Panas

Penyebab Water Heater Anda Tidak Panas – Dimusim hujan seperti saat ini menimbulkan suhu atau cuaca yang sangat dingin. Pilihat mengatasi suhu yang dingin bisa dengan mandi air hangat. Mandi denga air hangat bisa membuat tubuh terasa nyaman apalagi jika mandi di waktu pagi atau malam hari menjelang tidur. Sesuai namanya, water heater merupakan sebuah alat yang bekerja untuk menghangatkan suhu air. Alat ini akan bekerja jika perangkat teraliri oleh tenaga listri.

Water heater umumnya memiliki lubang berbentuk silinder yang fungsinya sebagai cerobong asap mirip kenalpot unuk membuang asap hasil pembakaran. Penggunaan alat ini cukup instan dalam membuat air menjadi hangat yaitu hanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 5 menit. Akan tetapi, ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa water heater tidak bisa lagi membuat air menjadi hangat atau panas. Kemungkinan karena ada beberapa komponen yang tak berfungsi sebagai mana mestinya.

Komponen utama alat ini selain cerobong adalah thermostat, relay dan alat elemen panas. Ketiga alat tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Jika salah satu diantara komponen tersebut mengalami kerusakan, sudah bisa dipastikan water heater tak bisa menghasilkan panas untuk menghangatkan suhu air. Jika Anda termasuk pemakai water heater yang awam, tentu saja sangat bingung mengapa alat ini tidak bisa membuat air menjadi panas. Dan berikut sejumlah penyebab dan solusi mengatasi water heater dengan mudah dirumah.

  1. Putusnya komponen relay

Relay merupakan sebuah alat yang bertugas untuk memutus aliran listrik saat terjadi konsleting. Hampir semua peralatan elektronik menggunakan relay. Sehingga jika tiba-tiba alat elektronik mengalami masalah pada aliran listriknya, relay seketika akan mendeteksi dan memutus arus listrik secara tiba-tiba. Sehingga hal yang tak diinginkan misalnya kebakaran dapat dicegah. Relay pada alat water heater posisinya terletak di bagian tengah kabel power. Ketika anda membongkar bagian kabel maka akan mendapati sebuah kotak, lampu indikasi dan semavam tombol. Apabila lampu indikatornya mati bisa jadi relay sudah rusak. Akbibatnya, perangkat tidak mampu lagi mengalirkan arus panas untuk menghangatkan air. Bagaimana solusinya? Anda bisa mengganti relay dengan yang baru atau membawanya ke tukang service water heater supaya bisa segera diperbaiki.

  1. Thermostat tidak berfungsi dengan baik

Masalah lain penyebab water heater Anda tidak berfungsi akibat dari adanya kerusakan pada komponen thermostat. Fungsi dari thermostat adalah sebagai pengatur masuk dan keluarnya arus listri sebagai penghantar energi panas. Jika air didalam tabung water heater telah berubah menjadi panas, maka thermostat seketika akan memutuskan aliran listri. Dan apabila suhu air kembali dingin maka thermostat akan kembali mengirimkan arus listrik ke bagian elemen. Artinya, setiap kali arus listrik akan masuk ke bagian elemen panas, maka harus melalui perantara thermostat. Sehingga bila komponen ini mengalami masalah atau rusak tentu saja water heater tidak akan bisa membuat suhu air menjadi panas. Fungsi lain dari thermostat adalah mencegah terjadinya overheat pada air. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Anda tentu tak dapat melakukannya sendiri. Untuk memastikan perangkat dapat bekerja kembali Anda bisa membawanya ke ahli service water heater yang sudah dilengkapi dengan peralatan memadai dalam hal memperbaiki water heater.

  1. Kerusakan pada elemen panas

Apakah perangkat water heater milik Anda letakknya menempel pada dinding? Water heater yang posisinya diletakkan pada dinding membuthkan listrik sebagai sumber utama untuk memanaskan air dengan memakai elemen panas. Sementara water heater yang terpasang di atap atau atas genteng hanya menggunakan dua sumber panas, yakni memanfaatkan panas sinar matahari. Apabila elemen panas mengalami kerusakan sudah dapat dipastikan water heater tak bisa menghasilkan panas untuk menaikkan suhu air. Sebelum membawanya ke tukang service, Anda bisa memerikas elemen ini apakah putus atau tidak. Caranya dengan memberikan arus listrik pada elemen. Apabila elemen masih bisa menimbulkan panas maka elemen masih bisa digunakan. Akan tetapi jika elemen sudah tidak menghasilkan panas sam sekali sudah dipastikan elemen tersebut mengalamai kerusakan atau terputus. Cara lain mengecek adalah dengan menggunakan multitester. Apabila jarum multitester mengalami pergerakan maka elemen masih bagus, atau sebaliknya.

  1. Habisnya gas LPG

Gas LPG pada water heater habis bisa menyebabkan water heater gas tidak bisa menimbulkan cipratan api meskipun apinya tidak menyala. Letak gas LPG berada di bagian tangki pengapian untuk itu pastikan letaknya berada di kondisi yang bagus dan terisi. Apabila kosong segera lakukan penggantian dengan gas LPG yang baru. Gas LPG akan bekerja dengan baik apabila mengalir ke bagian regulator dan ujung selang menuju aliran gas bisa masuk ke water heater. Cek juga apakah muncul suara seperti “cetek” ketika muncul cipratan api. jika tidak muncul bunyi tersebut bisa diartikan gas LPG sudah lemak.

Sebagi perangkat elektronik, tentu saja water heater memiliki masa pakai. Peralatan elektronik yang berkualitas bisa bertahan hingga belasan tahun tergantung masa pemakaian. Jika faktor-faktor diatas muncul pada perangkat Anda sudah bisa dipastikan ada water heater mengalami masalah. Oleh sebab itu segera melakukan pengecekan langsung untuk bisa mengetahui lebih jelas tentang masalahanya. Atau segera membawa water heater Anda ke ahli jasa service water heater yang terpecaya. Semoga tips trik ini sedikit banyak dapat membantu mengatasi permasalahan yang terjadi pada perangkat water heater Anda di rumah. Selamat mencoba!

Baca juga: Agar Tidak Cepat Rusak, Begini Cara Perawatan AC Saat Musim Hujan

love
Senang
50%
haha
Terinspirasi
15%
wow
Netral
12%
sad
Sedih
9%
angry
Marah
12%
  • Toshi Toshi Corey

    selamat siang pak saya mau menanyakan water heater saya panas nya tidak maksimal hanya di batas 35 derajat celcius kira2 penyebab nya apa ya