Penyebab AC Sering Rusak! Berikut Beberapa Kemungkinannya

0
2017

Penyebab AC Sering Rusak – Saat ini, walaupun Indonesia sudah diguyur hujan, tetap saja saat hari sedang terik rasanya baju akan basah dipenuhi dengan keringat. Anda akan menyalakan AC sebagai “pertolongan pertama” yang harus Anda lakukan. Saat panas terik menyerang, kebutuhan dan “ketergantungan” seseorang atau sebuah rumah terhadap AC akan semakin besar. Di balik penggunaan AC yang memberikan banyak manfaat bagi penggunanya, tentu dalam masa penggunaan atau operasional AC, seiring dengan berjalannya waktu juga akan ada masalah yang timbul dikemudian hari. Contoh yang sering kita temui adalah kondisi AC menjadi tidak maksimal bahkan rusak. Kerusakan yang terjadi pada AC bisa ditandai dengan suhu atau temperatur AC yang sudah tidak dingin. Hal ini mungkin saja terjadi akibat adanya kebocoran atau penyumbatan pada AC. Kendala tersebut menyebabkan AC mengeluarkan suara yang menganggu waktu istirahat Anda. Untuk menangani kendala tersebut, Anda perlu memanggil jasa servis AC  professional agar masalah yang terjadi segera ditangani oleh tukang servis AC. Jasa service AC akan memperbaiki AC Anda dengan terampil dan professional.

Agar Anda lebih aware tentang operasional AC, dan sebelum terjadi kerusakan yang tidak diinginkan. Ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja penyebab AC dirumah Anda menjadi sering rusak. Berikut ini hal-hal yang mungkin menjadi penyebab kerusakan pada AC

Debu yang Menumpuk

Penyebab AC Sering Rusak

Cara kerja AC adalah menyedot udara kotor dari luar ruangan, lalu disaring oleh AC sehingga udara yang masuk adalah udara hasil penyaringan yang bersih. Penyaringan udara pada sistem kerja AC itulah yang menyebabkan banyak debu menumpuk dan mengakibatkan tidak maksimalnya penyaringan pada AC. Dan rusaknya AC acap kali disebabkan oleh hal tersebut. Debu dan kotoran yang terperangkap pada filter AC akan menghambat jalur dari saluran pembuangan AC yang dimana hal tersebut akan membuat air menjadi keluar dari AC melalui lubang lain pada mesin. Tak hanya merusak system kerja AC, debu dan kotoran yang menumpuk juga dapat menyebabkan gangguan pernafasan pada manusia, seperti asma atau bahkan alergi. Itu dikarenakan AC tidak dibersihkan secara teratur, sehingga jamur dan bakteri akan tumbuh subur dan membuat udara AC menjadi kotor. Anda perlu melakukan pembersihan secara rutin pada bagian-bagian AC,s eperti saringan udara, kipas (blower), dan evaporator agar terbebas dari debu dan kotoran.

Freon mengalami kebocoran

Freon yang bocor bisa terjadi karena ada pipa saluran yang berfungsi untuk mengalirkan udara dingin keluar tersumbat oleh banyaknya kotoran dan debu. Namun penyebab lain adalah  karena kendurnya sambungan instalasi pipa atau terdapat masalah kapasitornya . Anda bisa menandai kerusakan AC akibat freon bocor dengan melihat apakah muncul bunga es pada pipa sambungan dengan outdoor atau Anda juga bisa mengecek apakah ada bekas oli pada daerah yang bocor. Anda bisa menggunakan busa dengan air sabun untuk mencari titik kebocoran.Masalah bocornya freon biasanya terletak pada pengggunaan AC yang lebih dari 8 tahun sehingga bagian-bagian AC telah banyak berkarat dan ada beberapa baut yang telah kendur.

Pemasangan AC yang Tidak Tepat

Penyebab AC Sering Rusak

Saat Anda telah membeli dan hendak memasang AC. Anda harus memperhatikan posisi dimana AC akan dipasang nantinya. Sembarangan dalam memasang AC akan membuat usia pemakaiannya menjadi singkat. Hal ini sering menjadi hal yang paling luput dalam pemasangan AC di rumah Anda. Walaupun terlihat sepele, faktanya, AC sering mengalami kebocoran akibat pemasangannya yang tidak tepat. Perlu diingat dan diperhatikan, Anda harus memasang AC dengan posisi agak miring ke bagian belakang dan arah ke luar. Hal ini bukanlah tanpa tujuan, melainkan jika AC berada pada posisi tersebut, maka akan memudahkan air mengalir ke saluran pembuangan. Jika tidak diposisikan seperti petunjuk diatas, air bisa saja bocor dan menyebabkan lantai ruangan basah juga kotor karena air tidak tertampung dengan baik.

Membiarkan AC Terus Menyala

Penyebab AC Sering Rusak

Kebiasaan yang satu ini paling sering dilakukan oleh pengguna AC,dan mungkin Anda juga salah satu diantaranya. Sekalipun terdengar sepele, mematikan AC saat tidak digunakan merupakan langkah awal yang baik. Dengan hal sekecil itu, dampak positif yang akan Anda dapatkan adalah Anda akan memperpanjang usia pemakaian AC. Selain memperpanjang usia pemakain AC,anda juga diuntungkan dengan tagihan listrik yang tidak terlalu membengkak karena Anda yang mengurangi konsumsi daya listrik dirumah Anda sendiri. Selain berdampak pada diri positif pada diri sendiri,mematikan AC juga salah satu tindakan berarti untuk mencegah terjadinya penipisan lapisan ozon di atmosfer. Tak hanya berjasa bagi “kantong pribadi” , Anda juga berjasa dalam menyelamatkan lingkungan.Jika Anda termasuk orang yang sering lupa akan hal-hal kecil, Anda bisa tetap bisa melakukan penyelamatan kantong dan penyelamatan lingkungan dengan menyalakan timer pada AC.

Dan untuk menghindari kerusakan AC yang disebabkan oleh penyebab yang sudah dipaparkan di atas, pastikan Anda telah memasang AC dengan benar. Dan selalu ingat untuk melakukan pengecekan kebersihan pada bagian dalam AC secara rutin. Hal tersebut bisa membuat usia pemakaian AC menjadi lebih lama,jika dibandingkan dengan AC yang hanya dipakai tanpa diperhatikan perawatannya. Selain itu, memilih AC yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan adalah sebuah langkah awal yang baik ketika Anda memutuskan untuk memassang AC dirumah. Dan untuk upaya merawat AC  dalam tahap sehari-hari, Anda bisa melakukan hal-hal sederhana seperti mematikan AC jika tidak diperlukan.

Baca juga: Kenali Kerusakan Printed Circuit Board (PCB) Pada AC

love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
33%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
66%