Mitos Tentang Bisnis (dan Kenyataan di Baliknya)

2
2212
Mitos tentang bisnis

Mitos Tentang Bisnis – Kewirausahaan bukan untuk pemalu. Tak hanya membutuhkan keberanian yang besar, Anda pun butuh semangat kuat untuk membanting tulang tanpa disuruh bos, tanpa ada yang memerintah. Anda harus bergerak sendiri, mengerjakan yang ingin Anda lakukan, tanpa instruksi dari siapapun. Seiring menguatnya daya tarik dunia kewirausahaan di budaya global, demikian juga mitos yang mengelilinginya. Sama seperti para leluhur kita dalam perjalanannya menemukan kemaknaan hidup dan Dunia Baru, ada banyak mitos dan klenik dalam perjalanan mereka.

Pun demikian dalam dunia kewirausahaan. Dalam perjalanan menuju sebuah bisnis besar, seorang pebisnis pasti akan menghadapi banyak mitos yang tak mereka ketahui. Kita tahu sekarang bahwa pelangi tidak muncul karena bidadari sedang mandi, atau kupu-kupu masuk ke rumah berarti akan ada tamu. Namun ada juga masa ketika mitos tersebut diterima sebagai fakta.

Demikian pula, ada mitos yang dibangun seputar memulai bisnis yang sama sekali tidak benar. Inilah tujuh mitos kewiraswastaan ​​umum tentang memulai bisnis yang dulu sering dipercaya orang. Namun, kami akan menjabarkan faktanya untuk Anda.

1. Dalam bisnis, Anda harus tahu apa yang Anda lakukan.

Anda sebenarnya tidak perlu tahu persis apa yang Anda lakukan untuk memulai bisnis. Malah, tahu terlalu banyak akan membuat Anda semakin ragu memulai!

Terpenting dalam berbisnis adalah action terlebih dulu. Waktu telah membuktikannya terus-menerus. Dari Magellan, Einstein, Madame Curie, Steve Jobs dan seterusnya, tidak pernah ada rencana pasti untuk – hanya sebuah keyakinan bahwa pasti ada sesuatu di luar sana, sesuatu yang hanya Anda sendiri yang bisa lihat dan rasakan.

Biarkan keingintahuan dan rasa yakin Anda mengalahkan mitos; mitos bahwa Anda harus tahu persis apa yang Anda lakukan untuk memulai.

2. Anda harus memiliki rencana bisnis yang lengkap.

Melanjutkan pembahasan yang tadi. Action adalah penting, rencana juga penting. Rencana bisnis yang mewah dan gagah tidak bagus juga sebenarnya. Bekerja dengan action tanpa rencana? Itupun sama dengan membunuh bisnis pelan-pelan. Lebih baik adalah rencana sederhana yang efektif, yang di dalamnya sudah ada uraian misi, visi, dan rencana pemasaran Anda, plus beberapa standar untuk mengukur keberhasilan Anda. Itu sudah cukup.

Sudah banyak pengusaha terjebak dalam kubangan stagnansi sambil bersikukuh bahwa mereka memerlukan rencana bisnis lengkapdan detail untuk memulai bisnis mereka, bahkan akan meng-hire seseorang untuk merancangnya. Bahkan sudah bingung dengan pengajuan merek dagang sebelum bisnis benar-benar dimulai. Sebaiknya, uji dulu kelayakan bisnis Anda sebelum Anda berani “membakar” uang di dalamnya.

Buat rencana bisnis secukupnya. Jangan terjebak dalam analisis berlebih, yang justru malah semakin membuat Anda ragu.

3. Anda harus memulai pada waktu yang tepat.

Salah. Satu-satunya waktu yang benar adalah sekarang. Sebenarnya, banyak pengusaha telah memulai bisnis mereka pada saat-saat terburuk dalam sejarah, dan saat-saat terburuk dalam kehidupan pribadi mereka. Pengusaha dan pembawa acara Pat Flynn memulai bisnis online pertamanya setelah berita yang hampir bersamaan bahwa dia dipecat dari show dan istrinya mengandung anak pertama mereka. Tidak ada orang lain yang akan memilih buka bisnis di fase semacam ini untuk memulai bisnis, tapi kehidupan cenderung membawa kita ke mana kita harus pergi.

Microsoft didirikan pada tahun 1975 menjelang akhir resesi ekonomi di Amerika pada masanya. Ia kemudian didirikan kembali pada tahun 1981, sama seperti resesi tahun 1980an dimulai. Inilah dua saat mengerikan untuk memulai bisnis, tapi apakah itu menghentikan kesuksesan Microsoft? Waktunya tidak pernah tepat – itulah mengapa Anda harus memulai sekarang juga.

4. Anda harus memiliki banyak uang untuk memulai.

Ada banyak cara untuk memulai bisnis Anda tanpa banyak modal. Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan keyakinan ini adalah dengan memulai pengujian mikro produk atau layanan Anda dalam batch kecil, sebelum kemudian secara bertahap ditingkatkan sedikit demi sedikit.

Modal yang besar mungkin bisa membantu Anda memulai dari posisi start yang lebih baik, namun terkadang tingkat pertumbuhan yang lambat namun stabil bisa membantu Anda menyesuaikan diri dengan atmosfer bisnis Anda. Plus, memberi Anda waktu untuk menyusun rencana berikutnya dengan lebih tenang.

5. Anda harus mempekerjakan karyawan.

Inilah salah satu mitos yang dengan cepat harus kami bantah saat memulai bisnis. Karyawan tidaklah mudah untuk dipertahankan. Makan waktu untuk mengelola mereka. Dan juga karyawan adalah biaya pengeluaran terbesar dalam sektor bisnis.

Mungkin tidak masalah jika keuangan belum stabil. Namun apa jadinya jika bisnis Anda belum memiliki arus kas, bahkan belum melakukan penjualan?

Jika memang membutuhkan bantuan, sementara tak perlu sewa karyawan. Untuk aktivitas yang sekiranya jangka pendek, Anda cari saja jasa outsourcing atau mungkin pekerja freelance.

Banyak juga bisnis jasa yang pengembangannya menggunakan pekerja freelance, dan bisnis tersebut tidak mengalami kendala berarti.

6. Anda harus bekerja 24/7.

Ada mitos bahwa seorang pendiri bisnis yang baru dimulai harus bekerja berjam-jam hampir setiap hari.Sekilas tampaknya luar biasa dan itu harus dilakukan. Namun, Anda harus sadar bahwa saat memulai bisnis bukan hanya uang Anda saja yang dibakar, Anda pun perlu mengawasi tingkat “terbakar” alias burnout pada pikiran Anda.

Jika Anda membanting tulang dari hari ke hari seorang diri tanpa bantuan, Anda akan cepat lelah dan tidak sehat, dan itu akan mempengaruhi kesuksesan Anda. Anda tidak perlu bekerja 24/7 untuk menjalankan bisnis yang sukses. Meskipun Anda perlu bekerja keras, dan pasti akan ada periode kerja keras yang serius, Anda juga perlu menyeimbangkannya dengan tidur yang nyenyak, makanan enak, banyak gerakan dan beberapa kesenangan. Bisnis adalah soal kerja keras, tapi Anda pun juga perlu senang-senang.

Nah, demikian tadi beberapa mitos yang seringkali dihadapi seorang pebisnis pemula. Jika Anda seorang pemillik bisnis jasa dan ingin segera mendapatkan klien pertama Anda, segeralah membuat akun di Halojasa! Dengan segudang fitur bermanfaat dan benefit member, Anda akan segera mendapatkan klien pertama Anda.

Semoga bermanfaat!

Baca juga: Sikap Yang Harus di Kembangkan Untuk Mengalami Kemajuan Bisnis

love
Senang
14%
haha
Terinspirasi
71%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%
  • Irawan Hakim

    Halo, suda sudah kirim verifikasi, tapi bisa masuk juga? no telp 085776002716

  • Halo Pak Irawan Hakim, terima kasih sebelumnya karena sudah tertarik dengan Halo-Jasa. Bisa dibantu pak jika ada kendala? terima kasih