Knalpot Mobil Sering Berair dan Berasap? Ini Penyebabnya!

0
13494
Knalpot Mobil Sering Berair dan Berasap

Knalpot Mobil Sering Berair dan Berasap – Memakai mobil dalam keadaan buru-buru bukan yang baik karena dapat membuat mobil mengalami kerusakan sedikit demi sedikit. Sebelum memakai mobil sebaiknya Anda memanaskan mobil terlebih dulu. Memanaskan kendaraan sebaiknya dilakukan setiap pagi sebelum kendaraan memulai aktivitasnya. Dengan memanaskan mobil setiap pagi maka performa mobil akan lebih maksimal saat digunakan. Asap yang keluardari knalpot  saat Anda memanaskan mobil merupakan hasil dari proses pembakaran yang ada di dalam mesin kendaraan yang mana setelah beberapa saat akan menghilang dengan sendirinya. Tetapi ketika Anda menyalakan mobil dan pada knalpot keluar asap dan rembesan-rembesan air maka hal ini perlu Anda perhatikan meskipun hal ini bisa terjadi kapan saja.

Knalpot Mobil Sering Berair dan Berasap

 Hanya saja saat kanlpot mengeluarkan asap dan rembesan air secara terus menerus maka Anda harus waspada. Saat knalpot mengeluarkan asap dan cairan, biasanya yang akan keluar adalah oli tetapi jika sudah bukan oli maka Anda perlu melakukan pengecekan secara teliti. Anda juga bisa membawanya ke bengkel atau jika membawa ke bengkel terlalu jauh dan Anda tidak memiliki banyak waktu maka Anda bisa memanggil jasa service mobil ke rumah. Anda bisa mendapatkannya dari situs online seperti halo jasa yang menawarkan jasa service mobil dari ahlinya yang sudah berpengalaman dan profesional. Dan juga Anda tidak perlu bingung harus mencari kesana kemari, cukup melakukan order dari handphone atau langsung dari web. Sebagai tambahan pengetahuan Anda juga perlu mengetahui penyebab knalpot mobil sering berair dan berasap.

  1. Komponen Mesin Mengalami Kerusakan

Knalpot mobil sering berasap dan berair terkadang menjadi hal yang wajar saja terjadi. Hanya saja ketika hal ini terjadi berulang-ulang maka sudah bukan hal yang wajar lagi tetapi Anda harus melakukan pengecekan yang teliti pada knalpot mobil. Asap dan cairan yang keluar saat memanaskan mobil atau pun saat Anda sedang mengendarai merupakan pertanda bahwa ada kerusakan pada komponen mesin yang harus Anda perhatikan. Jika rembesan air yang keluar berupa oli maka Anda harus waspada, saat klep yang sudah tidak layak dan ring piston mengalami keausan maka oli akan keluar bersama asap. Anda bisa meraba bagian ujung knalpot untuk memastikan apakah rembesan yang keluar berupa oli atau bukan. Jika kerusakan yang terjadi sudah parah maka Anda akan melihat rembesan oli keluar cukup banyak. Jika memang hal ini sering Anda alami maka sudah pasti terjadi masalah pada proses pembakaran. Apalagi jika rembesan keluar bersama dengan asap knalpot berwarna putih pekat dan hal ini terjadi berulang-ulang.

  1. Pembakan yang Sempurna

Sebelum menggunakan kendaraan sebaiknya memang memanaskannya terlebih dulu agar kendaraan dapat bekerja secara optimal. Saat Anda memanaskan kendaraan di pagi hari dan pada knalpot mobil mengeluarkan air ini artinya terjadi proses pembakaran yang sempurna. Dalam rumus kimia pembakaran yang sempurna akan menghasilkan air atau H2O dan karbondioksida atau CO2. Dan pada suhu norma H20 akan menguap dan dalam hal ini uap akan keluar menuju knalpot sebagai saluran pembuangan. Karena mengalami kondensasi atau proses perubahan wujud dari benda padat menjai gas, sehingga uap air akan menjadi butiran-butiran air. Dan untuk hal ini Anda tidak perlu khawatir jika knalpot mengeluarkan air dalam jumlah normal.

  1. Suhu Dingin

Selain proses pembakaran yang sempurna, suhu sekitar yang dingin juga bisa menjadi salah satu penyebab air keluar pada saat knalpot dinyalakan. Apalagi jika Anda hidup di kawasan yang memiliki suhu dengan tingkat kedinginan  yang ekstrim maka saat memanaskan mobil sudah menjadi hal yang wajar ketika rembesan air keluar dari knalpot. Bahkan bagi Anda yang tinggal di daerah dengan iklim tropis pun ketika udara sedang dingin atau setelah hujan maka rembesan air yang keluar pada knalpot juga cukup banyak. Hal ini disebabkan temperatur udara yang turun dan sebagian besar air yang dihasilkan dari proses pembakaran akan menguap.  Selain air, biasanya asap putih tipis juga akan keluar dari knalpot.

  1. Embun Terperangkat Dalam Knalpot

Pada proses pembakaran yang sempurna Anda tentu sudah memahami bahwa uap akan kleuar. Selain proses pembakaran yang sempurna, ternyata embun yang terperangkat di dalam knalpot juga menyebabkan knalpot berasap dan mengeluarkan air.  Hal ini bisa saja terjadi karena temperatur knalpot yang belum panas. Dan saat temperatur knalpot sudah normal maka embum akan terbang keluar karena mendapat dorongan gas yang berasal dari knalpot. Ketika suhu temperatur pada mesin naik maka air menguap sehingga tidak akan ada air yang keluar dari knalpot ketika Anda sedang menyalakan mobil.  Untuk itu Anda tidak perlu cemas akan hal ini. Terutama jika Anda termasuk orang rajin memanaskan mobil setiap pagi.  Sebenarnya apa yang keluar dari knalpot menandakan bahwa campuran bahan bakar dan udara sudah pas dan ideal. Waktu pengapian juga sudah tepat. Dan tekanan saat terjadinya proses pembakaran juga sudah cukup serta bunga api sudah tepat. Pastikan hal-hal tersebut selalu terpenuhi agar proses pembakaran berlangsung secara optimal. Setelah mengetahui peyebab knalpot berasap dan berair sudah seharusnya Anda lebih perhatian terhadap kendaraan yang Anda miliki. Anda perlu memanaskan kendaraan setiap hari di pagi hari sebelum Anda gunakan untuk memulai aktivitas. Selain itu Anda juga perlu melakukan perawatan secara rutin. Jika tidak memiliki banyak waktu untuk datang ke bengkel maka Anda bisa memanggil tukang service untuk datang ke rumah.

Baca juga: 6 Cara Mengganti Air Radiator Mobil yang Benar

love
Senang
64%
haha
Terinspirasi
20%
wow
Netral
4%
sad
Sedih
1%
angry
Marah
8%