Keunggulan Menggunakan Lampu LED Yang Harus Anda Ketahui

1
3352
Keunggulan Menggunakan Lampu LED

Keunggulan Menggunakan Lampu LED – Lampu menjadi salah satu sumber penerangan yang sering Anda gunakan setiap malam atau dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa jenis lampu yang mana sering Anda gunakan baik sadar atau tidak sadar. Lampu pijar yang dikembangkan oleh Thomas Alfa Edison menjadi pilihan yang paling sering digunakan oleh masyarakat umum. Lampu pijar satu ini bisa bertahan sekitar tiga sampai empat bulan dengan pemakaian 10 jam perharinya.

Selain lampu pijar Anda tentu pernah memakai lampu TL atau Fluorescent atau biasa disebut lampu neon. Lampu satu ini memiliki bentuk panjang, kadang juga berbentuk spiral. Lampu neon lebih hemat jika dibandingkan dengan lampu pijar, selain itu lampu neon sering dipilih karena lebih terang daripada lampu pijar. Bisa dibilang biaya yang Anda harus keluarkan ketika memakai lampu neon lebih murah daripada lampu pijar. Lampu neon dengan kualitas baik bisa bertahan sampai 10 tahun, itu sebabnya banyak mall dan toko memilih lampu neon sebagai penerang.

Sebenarnya selain lampu pijar dan lampu neon, ada lampu LED yang memiliki keunggulan dari lampu pijar dan lampu neon. LED sendiri singkatan dari Light Emitting Diode, cahaya yang dihasilkan terang serta hemat listrik. Jika biasanya Anda memilih lampu pijar atau lampu neon maka kehadiran lampu LED bisa menjadi pertimbangan. Agar mantap memilih lampu LED sebagai penerangan maka Anda harus mengenal terlebih dulu keunggulan lampu LED. Berikut keunggulan menggunakan lampu LED yang harus anda ketahui.

Keunggulan Menggunakan Lampu LED

  1. Cahaya Yang Dikeluarkan Lebih Terang

Lampu LED memang bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang takut akan gelap. Pasalnya lampu jenis ini memiliki cahaya yang sangat terang jika dibandingkan dengan lampu pijar atau pun lampu neon. Tidak hanya itu Light Emitting Diode belakangan ini memang sedang booming dan banyak digunakan sebagai penerangan lampu senter, jalan raya atau pun untuk penerangan smartphone. Meskipun cahaya yang dihasilkan sangat terang, bukan berarti membuat mata menjadi silau. Justru karena jenis lampu ini tidak menyilaukan mata maka layak untuk Anda pilih sebagai sumber penerangan dirumah. Cahaya yang dikeluarkan putih dan tidak ada menimbulkan keracunan apalagi mengubah warna asli dari objek yang disinari.

  1. ECO Friendly dan Dapat Didaur Ulang

Lampu LED memang memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh lampu-lampu lainnya. Apalagi lampu ini juga tidak mengandung uap air raksasa (mercury) sehingga aman untuk lingkungan serta aman untuk lapisan ozon. Anda tentu tidak pernah menyangka jika penemuan lampu LED ini sampai dipikirkan dengan sedemikian rupa sehingga bumi pun tetap aman, apalagi lapisan ozon. Lampu LED juga tidak memancarkan sinar UV atau sinar ultra violet yang berbahaya bagi kesehatan tubuh karena bisa memicu kanker.

  1. Menghemat Biaya Listrik

Pemakaian listrik yang berlebihan tentu akan membuat biaya yang dikelaurkan juga membengkak. Hal ini tentu menjadi bahan pertimbangan yang perlu Anda perhatikan. Apalagi jika penyebab pemborosan listrik tersebut adalah lampu. Sedangkan lampu menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa Anda tinggalkan. Apalagi di malam hari, Anda pasti membutuhkan penerangan untuk melakukan berbagai macam kegiatan dirumah. Untuk itu lampu LED hadir menjawab tantangan global dalam urusan biaya listri. Dibandingkan dengan sumber cahaya lainnya seperti lampu pijar atau lampu neon, Lampu LED membutuhkan sedikit energi dan tetap bisa menghasilkan sumber caya yang terang dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Anda juga bisa menghemat 80-90% biaya ketika memakai lampu LED. Dengan begitu biaya listrik juga bisa Anda minimalisir. Lampu pijar 40 Watt setara dengan lampu LED 10 Watt.

  1. Lampu LED Tidak Cepat Panas

Ketika Anda memakai lampu pijar atau lampu neon, Anda pasti bisa melihat jika sekitaran daerah sekitar lampu akan terdapat lingkaran hitam.  Hal ini terjadi dikarenakan panas yang dikeluarkan oleh lampu. Berbeda dengan lampu LED yang tidak mudah panas. Cahaya yang dikeluarkan oleh lampu LED tidak panas sehingga suhu dan temperatur tetap ideal.  Lampu LED tidak mengeluarkan panas berlebihan dan ini menghemat energi.

  1. Lampu LED tidak hanya Tahan Lama Tetapi Juga Awet

Jika lampu pijar hanya bisa tahna sampai 4 bulanan maka berbeda dengan lampu LED yang bisa tahan sampai puluhan tahun. Meskipun harga lampu LED sedikit lebih mahal daripada lampu-lampu lainnya tetapi keunggulan yang dimilikinya patut dipertimbangkan. Bayangkan saja Anda hanya perlu sekali mengeluarkan uang untuk membeli lampu LED. Dan juga Anda tidak perlu repot untuk membeli lampu berkali-kali atau pun gonta – ganti lampu.  Salah satu trik merawat lampu LED agar awet adalah dengan mengurangi mematikan atau menyalakan lampu terlalu sering. Jangan sampai setiap lima menit Anda menyalakan lampu lalu pada menit ke enam Anda mematikan lampu. Hal inilah yang akan memperpendek umur lampu. Pastikan juga saklar lampu tidak mudah dijangkau oleh Anak-anak karena akan mereka gunakan sebagai mainan.

Jika di rumah terdapat lampu yang rusak maka segera ganti, jangan biarkan terlalu lama. Selain itu And juga harus sering memeprhatikan instalasi listrik Anda agar tidak mengalami kerusakan yang bisa berakibat pada lampu. Untuk itu Anda bisa menggunakan jasa profesional tukang listrik yang bisa Anda pilih. Halojasa.com seiap memenuhi kebutuhan Anda . Jangan lupa untuk memeriksa listrik dengan meminta tolong pada orang yang ahli dibidangnya.

love
Senang
69%
haha
Terinspirasi
24%
wow
Netral
1%
sad
Sedih
1%
angry
Marah
3%