Kapan Saat Terbaik Mobil Harus di Poles Atau Coating Ulang?

0
3489
Halojasa Saat terbaik mobil harus di poles

Saat terbaik mobil harus di poles tentu menjadi bahan pertibangan bagi mereka yang ingin mendapat penampilan terbaik untuk kendaraannya. Karena seiring bertambahnya usia pakai mobil tentu kualitas cat mobil sudah tidak semenarik sejak pertama kali membelinya. Ada banyak faktor penyebab cat mobil jadi kabur dan tak secemerlang dulu. Tentu saja Anda mmebutuhkan perawatan ektra supaya kendaraan kembali kinclong dan mempesona.

Perawatan terbaik untuk membuat tampilan bodi mobil mirip kayak baru adalah dengan membawanya ke salon mobil. Menjaga keindahan interior dan ekterion mobil supaya tidak kusam sudah menajadi hal penting bagi sang pemilik supaya mobil selalu dalam kondisi prima. Perawatan mobil berguna untuk melindungi supaya kilau kendaraan tetap bertahan lama. Salah satunya dengan melakukan coating.

Coating mobil berguna untuk membantu melindungi kilau mobil terutama mobil baru agar tampilannya selalu tampak mentereng. Berbeda dengan mobil yang tidak mendapat perawatan coating tentu mudah sekali warnanya kusam, kondisi cat mudah rusak, berjamur atau masalah serius lainnya pada body mobil. Namun sebelum itu, kenali lebih dahulu kapan sebaiknya mobil Anda harus dipoles atau di coating ulang. Dan berikut beberapa kondisi yang membuat mobil harus segera di poles.

  1. Baret halus atau swirls pada permukaan cat mobil

Baret yang sering terjadi adalah swirls atau baret yang mirip dengan sarang laba-laba. Baret semacam ini sangat mudah dilihat di tempat terbuka dan bercahaya. Baret ini tampak seperti sarang laba-laba dan terbentuk karena beberapa hal seperti gesekan benda lain, gesekan dedaunan, pakaian, atau saat proses mencuci mobil baik manual ataupun otomatis. Gesekan ini sangat mustahil dihindari karena sepanjang hari mobil Anda sering digunakan dan dibersihkan bukan? Jika baret swirls tidak segera diatasi, membuat tampilan kendaraan semakin lama semakin kusam. Kusam akan lebih mencolok terlebih warna cat mobil Anda cenderung berwarna cerah seperti merah, biru atau hitam.

Kapan waktu terbaik untuk memoles ulang cat mobil? Kondisi kendaraan yang sudah dipenuhi oleh swirls memungkinkan untuk Anda poles ulang agar cat mobil terlihat lebih menarik. Perawatan mobil dengan teknik poles dapat membantu menghilangkan swirls dan baret. Sementara jika baret sudah terlalu dalam tentu cara poles tidak akan berpengaruh. Maka mobil butuh cat ulang.

  1. Jamur pada mobil atau waterspot

Jamur pada cat mobil bisa terjadi akibat dari deposit air yang mengering dalam waktu lama. Jamur mobil umumnya akan hilang saat mobil dicuci. Akan tetapi jika jamur cat mobil sulit hilang saatnya Anda melakukan treatment untuk menghilangkannya. Cara menghilangkan jamur pada cat mobil sebenarnya tidak membutuhkan cara ekstrik. Anda dapat menggunakan obat penghilang jamur mobil. Akan tetapi perlu diingat bahwa obat penghilang jamur mobil bisa kurang ramah bagi cat mobil. Bahan kimia seperti asam yang terdapat didalam campurang obat penghilang jamur mobil justru dapat melunturkan warna cat mobil. Salah memolesnya juga bisa merusak warna mobil secara permanent. Belum lagi jika zat asam ini terkena kulit bisa menimbulkan sensasi panas. Jadi pastikan Anda memilih produk yang aman dan terpecaya.

Kapan waktu terbaik memoles ulang cat mobil? Tentu jika jamur pada cat mobil sulit sekali dihilangkan. Anda bingung cara menghilangkannya atau khawatir akan dampak menggunakan obat penghilang jamur mobil. Anda dapat gunakan jasa salon mobil terpecaya dan berpengalaman.

  1. Kontaminasi kotoran atau serangga

Pernahkan Anda mendapati body mobil terkena kotoran burung atau serangga? Hal ini paling sering ditemui karena hampir setiap hari mobil Anda gunakan. Segera lakukan pembersihan jika kotoran burung menempel pada cat mobil. Jika dibiarkan terlalu lama bisa merusak cat mobil secara permanen. Jika sudah begitu meski di poles sekalipun, cat mobil tidak akan sempurna dan butuh pengecatan ulang. Cat mobil masih dapat diperbaiki dengan di poles akan tetapi jika cat mobil sudah terlalu lama terkena kotoran burung bisa sebabkan rusak atau retak.

Jadi kapan waktu terbaik memoles cat mobil? Alangkah baiknya jika mobil Anda sudah beberapa bulan dipakai yang memungkinkan terjaga dari bahaya kotoran burung. Alangkah baiknya lagi jika kendaraan terkontaminasi kotoran burung atau serangga, untuk segera membersihkannya dan jangan menunggu kontaminasi kotoran menumpuk sangat lama pada body kendaraan.

  1. Terjadinya Oksidasi

Cat mobil bisa berubah warnanya jika sudah terkena oksidasi atau yang umum dikenal akibat reaksi kimia yang disebabkan oleh cuaca, sinar matahari, oksigen atau kadar garam pada udara. Oksidasi bisa terbentu ketika cat mobil sering terkena paparan secara terus-menerus. Beberapa ciri mencolok cat mobil yang sudah mengalami oksidasi adalah catnya mudah sekali memudar, munculnya jamur pada cat yang semakin melebar, atau warna kekuningan yang sering terjadi pada cat mobil berwarna putih. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan treatment seperti memoles cat mobil.

Kapan saatnya mobil Anda harus dipoles? Tentu saja jika sudah muncul warna cat mobil yang memudar, berubah warna seperti kekuningan atau keputihan. Perawatan di salon mobil bisa membantu mengatasi  kondisi cat akibat oksidasi. Sementara untuk perawatanannya dapat dilakukan setiap 3 hingga 6 bulan sekali untuk kendaraan yang sering dipakai. Sementara jika jarang dipakai perawatan bisa 6 hingga 12 bulan sekali.

Demikian waktu terbaik kapan mobil Anda harus dipoles. Perawatan pada cat bisa berbeda dan waktunya juga tidak sama tergantu bagaimana cara mobil tersebut mendapat perawatan. Memoles mobil bisa membantu kendaraan terlihat seperti baru karena termasuk perawatan terbaik pada mobil. Anda pun bisa membawa kendaraan di salon mobil.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Aspal Pada Velg Mobil Aman Tanpa Efek Samping

love
Senang
22%
haha
Terinspirasi
44%
wow
Netral
11%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
11%