Cara Menjadi Terkenal Dan Hasilkan Uang Lewat Lagu Cover

1
3552
Halojasa Hasilkan Uang Lewat Lagu Cover

Hasilkan Uang Lewat Lagu Cover Saat ini ada banyak sekali para youtuber muda atau seniman musik yang senang mencover lagu-lagu dari musisi yang lebih dahulu terkenal. Tak jarang berkat kemampuan suara yang mereka miliki, akibatnya membuat mereka mampu mendapatkan view dan subcrib dari para pendengar atau penonton. Semakin banyak yang menview atau subscribe maka semakin banyak kesempatan untuk mendapatkan uang dari para pengiklan. Sayangnya masih jarang para musisi tanah air yang mau melakukannya entah karena dianggap illegal dan takut jika suatu saat nanti dituntut oleh para pemilik lagu dan penciptanya.

Pada dasarnya mengkover lagu itu sah-sah saja. Kenyataannya kini banyak penyanyi yang tidak terkenal, penyanyi ekstrim atau mereka yang hobi menyanyi sering mengcover lagu orang lain dan disebarkan melalui media internet, salah satunya youtube. Bagi sebagian orang yang tahu, meng cover lagu yang sudah ada bisa menjadi prospek yang dapat dilakukan. Seperti penjelasan dibawah ini, langkah mudah mengcover lagu agar menjadi terkenal adalah:

  1. Memilih lagu mana yang akan Anda nyanyikan

Bagian pertama sebelum memulai meng cover lagu adalah mencari target lagu mana yang nanti akan Anda nyanyikan. Pemilihan lagu bisa membantu menyesuaikan jenis suara jika nanti Anda benar-benar ingin membuat orang melihat kemampuan bernyanyi. Karena meng cover lagu bukan hal mudah, pastikan Anda harus pandai mencari refrensi lagu yang sesuai dengan jenis musik juga yang Anda sukai. Lakukan pencarian lagu sederhana misalnya melalui youtube atau iTune dengan mengklik keyword ‘cover’ atau ‘cover version’. Disana nantinya Anda akan menemukan banyak bahkan jutaan hasil lagu cover.

  1. Aman dengan royalty

Apakah boleh meng cover lagu orang lain? Apa tidak takut dikatakan melanggar hokum? Jika Anda tahu prosedurnya, maka Anda akan aman dari pelanggaran hak cipta. Sebenarnya boleh saja meng cover lagu tanpa harus mengotorisasi pemilik hak dan merilis lagu secara online. Akan tetapi di beberapa wilayah tertentu, Anda mungkin harus membayar biaya sebelum rilis lagu cover kepada pemilik lagu ataupun penerbit royalty. Setelah mendapat lisensi berupa dokumen hokum maka Anda aman untuk melanjutkan ke langkah berikutnya, yakni mulai meng cover lagu.

  1. Jangan ubah lagu asli menjadi ‘konyol’

Alih-alih ingin menghibur pendengar, Anda malah merubah lirih atau musik dari lagu cover menjadi tidak sesuai dengan aslinya. Jika ada pihak yang tidak setuju Anda meng cover lagunya menjadi lebih buruk maka Anda akan mendapat eksekusi dan Anda bisa mendapatkan masalah dari penulis lagu atau penerbitnya. Jadi lakukan hal yang bernar saat meng cover lagu, bila perlu lakukan dengan cara dan kualitas terbaik. Akan tetapi, apabila anda berencana memodifikasi lagu asli atau berencana merilis lagu adaptasi atau merubah liriknya, maka menemui penerbit aslinya agar bisa mendapat hak turunan dari lagu tersebut.

  1. Jika sudah mendapat lisensi mekanisme

Jika sudah memiliki hak lisensi dari pemilih lagunya, Anda bisa mulai memasuki pasar dengan dua cara strategi. Pertama, Anda sudah memiliki beberapa lagu milik sendiri dan ingin memakain cover lagu agar bisa ditonton oleh banyak orang dan mendapat perhatian dari orang lain. Kedua, Anda bisa menggunakan versi lagu cover untuk mendaparkan uang secara online. Akan tetapi, jika keduanya bisa Anda lakukan mengapa tidak? Anda bisa mulai menyanyi dari meng cover lagu untuk mendapat banyak penonton sekaligus mendulang pendapatan melalui online.

  1. Memilih karir bermusik

Jika Anda tak tertarik menjadi penyanyi diatas panggung, mungkin meng cover lagu bisa menghasilkan uang. Akan tetapi jika meng cover lagu bisa meningkatkan peluang karir Anda mengapa tidak. Anda bisa meng cover lagu untuk melaunching karir terlebih jika Anda telah siap memiliki album atau beberapa lagu serta siap tampil diatas panggung. Meng cover lagu bisa meningkatkan karir dan membuat Anda semakin terkenal. Tak harus memilih lagu yang sangat popular tetapi bisa menggunakan lagu yang Anda sukai dan nyaman saat menyanyikannya. Atau Anda bisa menjadi penyanyi special lagu cover atau musisi band. Anda ingin memilih jalan yang satu ini, pastinya mencari tahu pesaing dan ciptakan nama band yang dapat meningkatkan popularitas.

  1. Mulailah meng cover lagu

Dimulai dari memilih lagu apa yang akan Anda cover. Tak masalah jika lagu tersebut sudah ‘jadul’ atau lagu-lama. Berikutnya yang menentukan keberhasilan lagu yang Anda cover bisa karena artis atau penyanyinya. Anda bisa mendapatkan banyak informasi secara gratis tentang penyanyi top saat ini. Anda bisa mengetik keyword contoh ‘top 10 penyanyi terlaris’ dan sebagainya. Misalnya lagu-lagu dari artis terkenal seperti Katy Perry, Lady Gaga atau Rihanna, kemungkinan bisa membuat Anda terkenal. Anda bisa juga mencari refrensi pilihan lagu dalam negeri atau luar negeri yang tengah booming seperti lagunya Via Vallen.

  1. Bersiap dan cara merilis lagu cover secara online

Langkah yang terakhir sebelum Anda bersiap menerbitkan lagu cover adalah segera menghubungi distributor digital misalnya TuneCore, HTV Digital dan masih banyak lainnya. Cara ini akan membantu membuat Anda terkenal dan menjaring penonton. Jangan lupa upload video klip di youtube serta audio ke SoundCloud agar jangkauan Anda semakin luas.

Demikian cara-cara mudah menjadi terkenal dan bisa menghasilkan uang lewat lagu cover. Pada dasarnya, meng cover lagu bisa dilakukan dengan mudah asal tahu teknik dan caranya. Akan tetapi jika Anda merasa kesulitan dalam hal meng cover lagu dan membuat Anda terkenal dengan lagu tersebut, solusi mudahnya dengan meminta bantuan pada music production.

Baca juga: Hal Dasar Untuk Memulai Rekaman Musik Buat Pemula

love
Senang
28%
haha
Terinspirasi
40%
wow
Netral
21%
sad
Sedih
2%
angry
Marah
7%
  • Yszernzick

    Klo bkn untuk dikomersilkan atau dimonetisasi ya nggak begitu masalah lah mengkover lagu org.