Cara Memperbaiki Body Mobil Yang Penyok

0
3807
Halojasa Cara Memperbaiki Body Mobil Yang Penyok

Cara memperbaiki body mobill yang penyok – Tanpa terduga, tiba-tiba mobil Anda mengalami masalah yang mengakibat bodi mobil menjadi penyok. Bukan hanya benturan berat yang bisa sebabkan bodi mobil menjadi penyok, akan tetapi benturan ringan juga bisa sebabkan kondisi tersebut. Dan bagian bodi mobil yang sering alami kondisi ini misalnya bemper, pintu atau dekat lampu spion.

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab penyoknya bodi mobil missal karena kurang berhati-hati ketika memarkir kendaraan, terkena benda tajam, kecelakaan, atau terkena kendaraan lain. Kondisi seperti ini bisa membuat penampilan kendaraan jadi tak semulus dan sebaik seperti sedia kala. Ahlhasil, kendaraan Anda jadi kurang menarik.

Tetapi jangan khawatir, sebenarnya permukaan bodi mobil yang penyok tersebut sebenarnya dapat diatasi. Misal membawanya ke tukang service mekanik body repair untuk segera mendapat perawatan kendaraan. Akan tetapi anda juga bisa melakukan perbaikan sendiri tanpa harus menunggu berhari-hari untuk memperbaiki bodi mobil. Berikut ini solusi mudah memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan mudah hanya di rumah.

  1. Menggunakan Hair Dryer dan Cairan Karbondioksida

Pengering rambut atau hair dryer sebenarnya bisa juga dimanfaatkan untuk membantu memperbaiki bodi mobil yang penyok. Anda butuh bantuan cairan karbondioksida yang bisa dibeli di toko khusus atau toko bengkel. Pertama siapkan pengering rambut dan cairan karbondioksida. Nyalakan hair dryer dan arahkan kepada bodi mobil. Keringkan bodi hingga cukup panas kurang lebih 3-5 menit. Berikutnya, semprot dengan cairan karbondioksida pada bagian bodi mobil yang panas dan tekan bodi hingga bentuknya kembali ke asalnya.

Pemanfaatkan cairan karbon dioksida dan pemanas rambut untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok karena perubahan suhu dari panas ke dingin secara tiba-tiba bisa membantu menarik kembali bodi mobil. Sehingga Anda bisa menggunakannya untuk mengembalikan bentuk bodi mobil kembali menjadi rata. Akan tetapi, cara ini hanya bisa dilakukan untuk memperbaiki bodi mobil yang rusak dengan skala kecil.

  1. Menggunakan Air Panas

Cara perbaiki bodi mobil yang penok ke dua adalah dengan menggunakan air panas. Pada dasarnya, konsep yang diterapkan sama dengan menggunakan pemanas dari hair dryer hanya saja memakai bantuan air panas. Langkah yang bisa digunakan adalah dengan mempersiapkan air panas yang sudah dimasukkan ke dalam baskom. Siram bodi mobil yang penyok sedikit demi sedikit dengan menggunakan air panas tersebut. Siapkan kain kering yang lembut lalu tekan bagian bodi mobil dengan kain tersebut  hingga bentuk bodi kembali seperti sedia kala. Usahakan tidak menekan terlalu keras agar bagian bodi mobil yang tadinya penyok tidak semakin penyok bahkan pecah dan lecet. Ulangi langkah yang sama hingga beberapa kali sampai bodi mobil bisa kembali ke bentuk aslinya.

Cara memperbaiki bodi mobil dengan air panas bisa dibilang sangat mudah. Namun perlu diingat bahwa menggunakan cara ini hanya bisa dilakukan untuk bodi atau bumper mobil berbahan plastic atau serat karbon. Kedua bahan ini dirasa lebih mudah utuk ditarik keluar bagian cekungan bodi mobil akibat benturan.

  1. Menggunakan Es Batu

Memakai es batu juga bisa jadi solusi memperbaiki bodi mobil yang penyok akibat benturan. Cara ini dengan mempersiapkan es batu, pengering rambut, dan kompresor angin. Setelah semua bahan siap maka mulai dengan melakukan perbaikan. Pertama tenpelkan es batu pada bagian bodi mobil yang tampak bercekung atau mengalami penyok. Letakkan selama 2 menit dan tunggu hingga muncul butiran berbentuk salju. Selanjutnya lepas es batu dan keringkan dengan menggunakan hair dryer. Lakukan secara berulang hingga bagian bodi mobil yang rusak kembali mulus seperti sedia kala. Cara ini bisa dilakukan pada kondisi mobil yang rusak ringan atau tidka terlalu parah.

  1. Menggunakan Pops A Dent

Cara lain yang terbilang lebih aman dan mudah adalah menggunakan pops a dent. Cara ini bisa dilakukan untuk memberikan solusi dari pemakaian air panas untuk memperbaiki mobil. Biasanya, menggunakan cara pemanas, jika dilakukan dengan tak hati-hati dapat merusak bodi mobil sehingga berakibat pada munculnya karat. Bahkan warna cat bisa saja berubah dan memudar. Untuk mencegah hal itu terjadi, memperbaiki bodi mobil dengan cara yang berbeda yakni dengan menggunakan pops a dent. Pops a dent adalah sejenis lem khusus yang akan membantu mengembalikan bodi kendaraan yang tidak rata atau bekas penyok.

Langkah menggunakan pops a dent adalah dengan menyiapkan pad lem yang sudah disesuaikan dengan lebar ukuran penyok pada bodi mobil. Panaskan glue stick selama 5 menit saja. Biarkan lem mongering atau tunggu selama 3-5 menit dan pastikan lem melekat sempurna. Usahakan tidak membiarkan lem menempel pada kendaraan lebih dari 8 menit. Lakukan langkah yang sama hingga hasil yang didapat sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Demikian cara-cara mudah memperbaiki bodi mobil yang penyok akibat benturan atau terkena benda tumpul. Beberapa langkah diatas bisa Anda coba sendiri di rumah. Selain hemat waktu juga menghemat biaya. Akan tetapi jika Anda merasa kesulitan atau tak memiliki banyak waktu mengurus kendaraan maka solusi mudahnya dengan mengirimkan mobil kesayangan pada tukang reparasi. Biasanya, mekanik body repair akan merekomendasikan mana saja komponen mobil yang harus disegera diperbaiki. Dengan adanya kemudahan ini, Anda tak perlu repot lagi melakukan perbaikan sendiri di rumah. Sebab sudah ada solusi perbaikan melalui jasa ahli mekanik berpengalaman. Semoga cara-cara memperbaiki bodi mobil yang penyok diatas bisa banyak membantu!

Baca juga: Kesalahan yang Menyebabkan Bodi Mobil Lecet

love
Senang
20%
haha
Terinspirasi
80%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%