Jangan Sampai Tertipu Yang Abal, Begini Cara Memilih Mekanik Mobil Profesional

0
1448
Cara Memilih Mekanik Mobil Profesional

Cara memilih mekanik mobil professional – Meskipun terlihat mudah namun kenyataanya memilih mekanik mobil yang cocok itu gampang-gampang susah. Beberapa sepakat jika ingin memperoleh bengkel mekanik yang cocok harus di tes terlebih dahulu. Cara ini bisa membantu mencegah kemungkinan ada mekanik yang asal ketika memperbaiki kendaraan Anda. Handal dan teliti, cermat serta berpengalaman adalah potret dari sekian keahlian yang harus dimiliki para mekanik professional.

Penting bila membawa kendaraan Anda pada mekanik tertentu saja. Pasalnya, jangan sampai nanti mesin kendaraan yang harus di cek secara berkala harus dilakukan oleh beberapa orang mekanik yang berbeda. Bisa jadi bukannya kendaraan makin prima malah makin kacau setting nya. Mekanik satu dan lainnya tentu memiliki pengalaman dan kehandalan dalam urusan memperbaiki kendaraan yang berbeda. Dan cara mencari kasus kerusakan kendaraan juga pasti berbeda. Jadi alangkah baiknya jika kendaraan bisa mendapat treatmen mekanik yang tepat dan baik.

Sayangnya, ditengah meningkatnya jumlah pelanggan yang ingin mereparasi mobilnya membuat mekanik cenderung mengejar kuantitas ketimbang kualitas. Akibatnya hasil treatmen yang dikerjakan pada kendaraan menjadi menurun. Belajar membaca dari beberapa kasus, berikut cara memilih jasa mekanik serta bengkel otomotif mobil yang handal, terpecaya dan professional supaya Anda tak terkecoh dengan mekanik yang abal.

  • Dengarkan keluhan konsumen, bukan mendikte

Sepakatkah Anda jika selama ini mendengarkan apa kata konsumen bisa membantu meningkatkan kualitas pelayanan. Bayangkan saja jika tiba-tiba Anda tidak mendapat pelayanan yang sesuai janji tentu akan merasa kecewa. Umumnya, mekanik yang benar-benar terpecaya pasti memiliki tata cara kerja yang terarah. Misalnya sebelum melakukan pekerjaan perbaikan, mekanik biasanya akan menanyakan pada konsumen tentang masalah yang tengah dialami. Ibarat dokter, mekanik juga akan menanyakan seputar keluhan dari kendaraan Anda.  Selanjutnya mereka akan mengecek terlebih dahulu kondisi kendaraan serta menganalisi kerusakannya. Berikutnya mekanik akan melakukan konfirmasi pada konsumen seputar kerusakan dan penanganannya. Langkah ini bisa membantu mekanik untuk benar-benar melakukan tindakan service yang tepat.

  • Memberikan alternatif perbaikan baik dengan cara komunikatif ataupun edukatif

Jalan kedua agar Anda tepat menemukan mekanik handal adalah mengetahui pelayanan service alternative bagaimana yang diberikan. Apakah mereka menggunakan pelayanan service yang baik atau tidak. Pastikan juga mekanik sering memberikan banyak saran beberapa alternatif perbaikan. Biasanya mereka akan memberi pilihan untuk mengantik sparepart mobil yang telah rusak berikut komponennya, merek sparepart apa yang berkualitas beserta harganya atau mereka hanya akan melakukan perbaikan tanpa harus mengganti komponen sparepart. Saran yang mekanik berikan biasanya berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan dari pilihan saran yang diberikan kepada konsumen, sehingga konsumen bisa memilih jenis perbaikan mana yang sesuai dengan keinginan.

  • Memberi rincian harga serta ongkos jasa dengan pasti

Usai Anda menentukan komponen atau sparepart mana yang nanti digunakan, maka jasa mekanik tersebut akan memberi tahu perkiraan soal harga sekaligus ongkos perbaikan. Umumnya, bengkel besar dan sudah pengalaman akan mencantumkan daftar harga sparepart atau mungkin harga jasa perbaikan. Namun jika bengklnya kecil dan jarang memiliki stok harga sparepart, biasanya akan memberi perkiraan harga sesuai pengalaman para pembeli lainnya. Jadi meskipun Anda menggunakan bengkel mekanik mobil yang kecil, Anda tak perlu khawatir sebab biasanya mereka akan memberikan nota pembelian komponen kendaraan kepada konsumen.

  • Menyerahkan sparepart yang rusak serta kemasan sparepart yang baru

Meski konsumen tak mau ambil pusing dengan hal ini, tetapi mekanik tetap saja akan memberikan komponen mobil yang rusak serta menyerahkan kemasan sparepart yang baru dipasang. Bagi mereka hal ini sangat penting agar konsumen benar-benar tahu dan yakin jika mereka telah bekerja memperaiki komponen sparepart dan mana yang harus diganti. Cara ini juga memastikan bahwa semua pekerjaan mekanik Anda sesuia dengan kesepakatan. Dan sparepart yang diganti juga sesuai dengan apa yang Anda minta berdasarkan diagnosis dan rekomendasi mekanik juga sesuai persetujuan Anda sebelumnya. Jadi jangan sampai nanti Anda merasa kecewa jika sparepart yang diganti tidak sesuai kesepakatan. Untuk ini memilih mekanik mobil harusnya tepat.

  • Mengecek hasil pekerjaan mekain mobil

Tahapan berikut bagaimana mengetahui mekanik mobil professional adalah selalu mengecek hasil pekerjaan yang sudah dilakukan oleh mekanik. Pengecekan kendaraan setelah perbaikan sangat penting supaya konsumen nanti tidak semakin kecewa. Mekanik biasanya akan mengajak konsumennya mencoba kendaraan yng sudah diperbaiki dengan maksud supaya konsumen merasa puas dan bisa mengecek juga hasil perbaikan. Mekanik yang baik tak akan banyak berkomentar ketika sedang mengecek kendaraan Anda. Ia baru akan berkomentar dan meminta pendapat setelah Anda selesai mengecek kendaraan yang sudah diperbaiki apakah masih ada kerusakan atau tidak.

  • Garansi atau jaminan perbaikan ulang

Jangan mau tertipu dengan mekanik yang menawarkan harga murah namun bukan garansi perbaikan ulang. Bengkel yang professional selalu tak lupa memberi garansi ulang ketika sehari sesudahnya kendaraan tiba-tiba mengalami masalah. Garansi perbaikan yang diberikan dalam jangka tertentu mengindikasikan bahwa juga mekanik demi pelayanan dan kepuasan pelanggan serta berharap pekerjaan yang mereka lakukan berkualitas dan tidak abal-abalan.

Nah setelah mengeahui cara memilih mekanik mobil professional ini, bisa menjadi informasi bagi para konsumen dalam memilih bengkel dan mekanik mobil mana yang tepat. Dan jika Anda sudah memilih jasa mekanik mobil mana yang dirasa cocok, alangkah baiknya tidak gonta ganti mekanik dengan yang lainnya. Sebab meskipun bengkel tersebut terlihat bagus belum tentu mekaniknya cocok dan sesuai kebutuhan Anda. Jadi, pilihkan mekanik mobil yang handal dan professional.

Baca juga: 3 Hal Yang Menjadi Penyebab Mobil Mati Mendadak

love
Senang
83%
haha
Terinspirasi
16%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%