Tips dan Trik Padu Padan Warna

0
18292
Tips Padu Padan Warna

Trend Padu Padan Warna – Setiap orang pasti berkeinginan untuk mampu tampil sebaik mungkin dalam kesehariannya. Salah satu cara untuk tampil sebaik mungkin adalah padu padan warna pakaian. Ya, cara berpakaian dan teknik kombinasi warna pakaian adalah salah satu dari banyak aspek penunjang penampilan. Dan yang pasti, ini yang paling mudah dilakukan.

Saat Anda memilih pakaian berwarna netral seperti putih, hitam atau cream, Anda tentu tidak akan kesulitan menentukan warna pasangannya. Ini karena warna-warna netral cenderung bisa dipasangkan dengan warna apapun. Namun yang jadi pertanyaan ialah: Kalau Anda memilih warna-warna seperti merah, kuning, ungu, dan oranye, bagaimana caranya menentukan padu padan yang pas? Kami akan membantu Anda menentukan padu padan warna dengan cara menggunakan color wheel atau roda warna. Roda warna ialah urutan warna dalam bentuk lingkaran yang tersusun sedemikian rupa, sehingga terlihat seperti ini:

Tips Padu Padan Warna

Untuk lebih jelas mengenai roda warna, rumus penggunaan, dan penerapannya, mari simak tips berikut ini:

1. Kombinasikan warna monokromatik yang bersumber dari satu warna namun dengan nilai dan intensitas yang berbeda

Tips Padu Padan Warna

source: ukhtishaliha.yukbisnis

Monokromatik ialah perpaduan berbagai macam warna yang bersumber dari satu warna, hanya saja ia punya nilai dan intensitas yang berbeda. Misalnya warna dasar ungu yang makin lama intensitas warnanya makin berkurang,  sehingga menjadi violet, pink, lalu baby pink. Warna-warna tersebut berasal dari satu warna, cuma punya intensitas berbeda sehingga menghasilkan perpaduan yang cocok dan pas.

2. Kombinasi dari warna analog

Tips Padu Padan Warna

source: hipwee

Warna analog ialah warna-warna yang saling bersebelahan dalam roda warna. Bisa dilihat di atas, contohnya adalah warna hijau dan kuning. Warna-warna semacam itu akan terlihat cocok, karena di dalam roda warna mereka punya unsur kedekatan.

3. Trik kombinasi warna komplementer atau yang saling berseberangan

Kalau Anda suka tabrak warna, coba tabrak warna menggunakan kombinasi komplementer. Warna komplementer ialah kombinasi pakaian dengan warna-warna yang saling berseberangan. Bisa dilihat di roda warna tadi, yellow-orange berseberangan dengan blue-violet.

Untuk memadu padankan warna komplementer, diperlukan keberanian karena warna-warna ini merupakan warna-warna berlawanan.

4. Gunakan kombinasi warna yang saling terhubung 90 derajat

Pilih satu warna dari roda warna, lalu bayangkan ada sudut 90 derajat; warna apa yang berada di jarak sudut 90 derajat?

Kombinasi warna yang saling terhubung dengan sudut 90 derajat. Cara ini menggunakan warna yang satu dengan warna lain dengan memiliki jarak dua lengan, atau membentuk sudut 90 derajat pada roda warna. Contohnya ialah, kombinasi warna violet dengan blue-green. Perpaduan warna seperti ini akan terlihat lebih menantang dibanding pilihan sebelumnya.

Tips Padu Padan Warna

5. Kombinasi huruf T

Tips Padu Padan Warna

source: hipwee

Perpaduan yang ini lebih berwarna-warni lagi dibanding dengan trik padu padan warna sebelumnya. Kombinasi huruf T dalam color wheel membentuk 3 warna. Contohnya, misalnya padu padan warna baju dengan kombinasi warna crimson, oranye, dan biru.

6. Kombinasi warna dengan huruf X

Tips Padu Padan Warna

source: hipwee

Kombinasi warna X tidak hanya untuk pakaian, tapi juga untuk tas, sepatu, aksesoris, atau topi yang mau Anda pakai. Cara menemukannya adalah dengan membuat garis X dari salah satu warna. Opsi warna yang mengenai garis X tersebut adalah koombinasi yang lauak Anda coba.

7. Padukan Jilbab dengan Pakaian berpola Geometris

Kalau Anda ingin menggunakan baju berpola geometris seperti kotak-kotak, garis-garis, atau baju batik, Anda perlu menghindari jilbab yang bermotif tak kalah ramai seperti yang bercorak bunga. Sebaiknya kami sarankan Anda menggunakan kerudung polos atau yang motifnya minim sebagai padanan.

8. Padukan Hijab dengan Busana Polos

Apabila Anda ingin menggunakan baju muslim polos, kerudung dengan motif yang agak ramai bisa dijadikan kombinasi yang cantik. Kalau warna pakaian Anda gelap, kerudung dengan warna yang lebih cerah akan terlihat lebih baik. Ini bisa Anda padankan agar jadi tampil lebih cantik dan bikin penampilan Anda lebih cerah.

9. Padukan Kerudung Motif Bunga

Kalau Anda ingin tampil dengan motif bunga untuk jilbab, Anda bisa memilih baju dengan warna yang gelap, agar tidak terlalu mencolok dan jadi pusat perhatian. Dengan kombinasi seperti itu, membuat penampilan Anda tampak semakin elegan.

10. Padukan Warna Baju dengan Jilbab yang Berbeda

Kebanyakan perempuan biasanya lebih memilih untuk main aman dengan menggunakan jilbab, dengan tone warna yang senada dengan bajunya. Untuk penampilan yang lebih stylish, Anda bisa menggunakan warna hijab yang berbeda, tapi masih harmonis dengan warna busananya. Misalnya jika Anda mengenakan pakaian kaftan dengan berwarna tosca lalu dihiasi payet silver, Anda bisa memilih menggunakan warna abu-abu muda, dengan tema yang senada dengan ornamen payet di baju.

11. Memadukan Warna Baju dan Hijab untuk Tampil Fresh dan Lebih Muda

Kalau Anda lebih suka tampil lebih muda dengan busana berwarna cerah, Anda bisa mencoba memakai warna kerudung yang lebih gelap.

Kombinasikan dengan sepatu dan tas yang lebih berwarna. Misal bajunya berwarna kuning pastel, Anda bisa menggunakan kerudung warna abu tua, dengan sepatu dan tas warna biru muda. Jika pakaian yang mau Anda kenakan warnanya gelap, Anda bisa juga modifikasi di warna sepatu yang lebih cerah.

12. Cara Memadu Padankan Warna Baju dan Jilbab Yang Senada

Jika suka penampilan yang simpel dan elegan, pilih saja warna-warna yang senada atau bertabrakan sekaligus. Gunakan saja kombinasi roda warna yang kita bicarakan tadi. Akan tetapi, tetap pilih warna jilbab netral agar secara keseluruhan warna busana Anda seimbang.

13. Padu Padan Busana Muslimah dengan Bahan Jilbab

Pemilihan bahan pada hijab juga bisa membuat busana yang Anda kenakan terlihat berbeda. Jika Anda memakai busana yang payetnya minim namun ingin tetap terlihat mewah, Siasati dengan memilih kerudung dengan bahan sutra. Namun kalau busana Anda penuh dengan payet, Sederhanakan kerudung Anda dengan memilih yang berbahan sifon atau katun.

Bahan semacam viscose, sifon, linen, katun, stella, licra, nyaman dipakai untuk aktivitas sehari-hari ataupun acara spesial. Bahan silk menjadikan penampilan Anda terkesan mewah, jadi tidak perlu menggunakan pakaian yang aksesorisnya terlalu banyak.

Padupadan pakaian yang tampil cantik dan menawan tidak perlu selalu menggunakan warna yang senada. Warna kontras juga dapat menciptakan efek penampilan makin menarik. Namun juga harus Anda perhatikan untuk keindahan warnanya. Sebaiknya Anda tidak mencampurkan tiga warna terang sekaligus. Netralkan agar lebih elegan dengan menggunakan warna gelap. Gunakan saja roda warna yang kita bahas tadi.

Nah, demikianlah yang dapat kami sampaikan terkait padu padan warna dan pakaian. Tertarik untuk mencoba?

Baca juga: Tips Mengenakan Busana Muslim Agar Terlihat Modis

Facebook Comments
love
Senang
34%
haha
Terinspirasi
31%
wow
Netral
18%
sad
Sedih
6%
angry
Marah
6%