Cara Menemukan Ide Bisnis Jasa

0
2076

Cara Menemukan Ide Bisnis Jasa – Anda ingin memulai bisnis. Hebat! Fakta bahwa Anda berada di situs ini, membaca artikel ini, menandakan bahwa Anda cukup tertarik untuk segera memulai bisnis. Satu hal yang kurang: ide. Anda belum punya ide. Dari idelah Anda bisa memulai bisnis. Dari sebuah ide sederhana di satu malam yang dingin, sebuah bisnis dapat tumbuh dan berkembang menjadi sebuah raksasa pengubah hidup. Tapi darimana Anda bisa mendapatkan ide? Berikut ini adalah lima cara mendapatkan ide untuk memulai bisnis Anda berikutnya.

1. Temukan Sumber Kebahagiaan Terbesar Anda.

Hampir semua konsultan karir akan mengatakan hal yang sama: Temukan sesuatu yang Anda cintai, dan kerjakanlah. Sebuah kalimat yang terlalu sering diucapkan, sampai-sampai terasa basi. Namun benar, Anda harus melakukan sesuatu yang Anda sendiri bisa menikmatinya. Jika Anda menikmati yang Anda kerjakan, Anda akan berkembang bersama bisnis mungil Anda. Jadi, kegiatan apa yang membawa kesenangan dan kepuasan dalam hidup Anda? Nah, Anda bisa melakukannya sebagai jalan mencari nafkah. Nah, sekarang tinggal bagaimana menemukan kesenangan tersebut menjadi bisnis. Cukup mudah. Misalkan Anda punya satu keahlian tertentu, Anda bisa menjadi instruktur keahlian tersebut. Anda bisa menjadi guru yang mengajari keterampilan tersebut. Jika Anda menemukan kesenangan dalam mengoreksi EYD dan tanda baca, bukalah jasa proofreader. Suka musik? Jadilah guru musik. Suka memasak? Bukalah jasa catering. Temukan sesuatu yang Anda sukai, dan jadikan itu sebagai ide bisnis.

2. Identifikasi Kegelisahan Terbesar Anda

Merenunglah sejenak. Apa frustrasi terbesar dalam hidup Anda saat ini? Pikirkanlah. Sudah dapat? Oke, kita lanjutkan. Sekarang, apa kira-kira solusi untuk masalah tersebut? Dari solusi itu, jadikanlah ide bisnis Anda. Ide-ide bisnis terbaik lahir dari mencoba menyelesaikan masalah. Seseorang menghadapi problema, menemukan solusinya, lalu menjualnya. Apa masalahnya? Apa solusinya? Sepeda yang dapat melaju jauh tanpa perlu digowes (sepeda motor). Sebuah alat untuk berbagi file tanpa kabel (bluetooth). Sebuah sarana menemukan dan menjual layanan jasa (Halojasa). Sebuah masalah yang dapat Anda selesaikan akan menjadi ide bisnis yang brilian dan menguntungkan.

3. Pikirkan Tantangan Terbesar Dunia di Masa Depan

Elon Musk adalah seorang pemikir futuristik. Ia adalah seorang pebisnis yang mencoba menyediakan jasa transportasi ke Mars untuk umum. Dari mana dia mendapat ide semacam ini? Musk berkata bahwa, ia memikirkan tentang masalah apa yang kira-kira akan dialami oleh penduduk dunia di masa depan – masalah kemanusiaan. Jadi, ia memeras otaknya untuk mencari solusi sebuah masalah yang bahkan belum ada. Musk mengetahui bahwa masalah masa kini hanya akan diselesaikan solusi masa-kini. Setelahnya, apa? Bukankah kelak solusi tersebut akan berhenti digunakan? Maka Musk memecahkan masalah yang lebih besar – masalah yang dialami umat manusia. Maka Elon Musk mendirikan PayPal, membangun roket, menciptakan mobil elektrik, mobil dalam air, bahkan ia menciptakan kapsul yang dapat mengirim seseorang dalam jarak ribuan mil dalam waktu 30 menit. Tak heran ia disebut sebagai Thomas Alva Edison modern. Anda tidak perlu secanggih Elon Musk, tapi dunia cepat atau lambat akan mengalami masalah baru. Apa kira-kira masalah tersebut? Bagaimana cara memecahkan masalahnya sekarang? Orang-orang akan rela membayar untuk solusi itu. Sekarang tidak, barangkali. Namun di masa depan, jika prediksi Anda tepat, orang akan bersedia membayar berapapun. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai memikirkannya.

4. Action Sekarang!

Jika Anda bertanya pada mendiang Bob Sadino tentang bisnis yang bagus, maka Bob Sadino pastilah menjawab “yang dikerjakan!” Dari beberapa pengalaman pebisnis, segera action tanpa banyak berpikir adalah cara paling cepat untuk mendapat ide. Anda mungkin akan terjatuh. Tak hanya sekali, mungkin berkali-kali. Mungkin Anda harus gagal dulu. Namun Anda harus segera melakukan sesuatu, apapun itu. Cobalah, gagallah. Hajar ide apapun yang terpikirkan, dan teruslah berusaha hingga Anda harus berhenti. Barangkali alasan Anda terlalu banyak berpikir karena Anda takut gagal. Namun mungkin kegagalanlah yang harus Anda telan saat ini. Anda mungkin perlu gagal beberapa kali sebelum Anda bisa sukses. Maka, bangkit dan mulailah. Lakukan apapun.

5. Pergilaan Lakukan Sesuatuh Yang Berbeda.

Sebuah ide baru yang segar membutuhkan kreativitas, yang hadir dari kebaruan dan perbedaan. Anda mungkin tidak akan menemukan ide bagus di depan komputer atau ponsel, namun ide itu bisa saja menyambar Anda di tempat liburan, saat jalan-jalan, atau saat mampir ke pameran seni. Untuk mendapat ide baru, Anda harus keluar sejenak dari dunia Anda, dan lakukanlah sesuatu yang Anda sendiri tak pernah lakukan. Bukalah mata Anda, dan lihatlah jawabannya. Dunia cukup luas dan cukup beragam untuk menganugerahkan Anda dengan ide-ide yang tak terbayangkan. Pengalaman baru, tujuan baru, sensasi baru – itu adalah hal-hal yang memantik ide di otak Anda. Temukan sesuatu yang baru untuk dilakukan, dan datangilah tempat yang tak pernah Anda datangi. Mau ke mana Anda? Lakukan sesuatu yang baru, dan Anda akan mendapatkan ide bisnis jasa yang tak pernah ada sebelumnya.

Demikianlah beberapa tips dari kami seputar cara menemukan ide. Anda mungkin akan segera tersambar ide – ide yang mungkin akan mengubah dunia, dan mengubah hidup Anda menjadi milyarder, atau merevolusi cara hidup manusia. Ide hebat tidak hanya datang pada orang pintar dan sukses. Ide hebat tersedia untuk siapa saja. Dengan tips tadi, Anda pastilah akan menemukan ide-ide untuk bisnis jasa Anda.

Facebook Comments
love
Senang
50%
haha
Terinspirasi
25%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
12%