(Tips) Cara Menampilkan Produk yang Efektif dan Dilirik Orang

1
4733
Cara Menampilkan Produk yang Efektif dan Dilirik Orang

Cara Menampilkan Produk yang Efektif dan Dilirik Orang – Di dalam era informasi yang terus berkembang dan kemudahan mengakses internet, kebutuhan akan desain yang baik akan terus bertambah. Masyarakat kini menjadi lebih visual dari sebelumnya; karena data semakin murah dan ponsel semakin canggih, kebutuhan akan visual yang indah menjadi semakin krusial.

Dengan kecepatan informasi yang tak pernah terbayangkan satu dekade lalu, kini semakin sulit untuk membuat produk Anda tampil beda dan unik di tengah-tengah lautan desain raksasa. Ketika Anda memasuki lingkungan marketplace dan sosial media, laris tidaknya produk Anda dapat saja ditentukan dari seberapa efektif dan unik foto produk Anda tampil di thumbnail.

Menciptakan foto produk yang bagus pun sebenarnya adalah seni. Inilah salah satu taktik penting yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan. Dan pastinya, hal ini tidaklah mudah. Anda hanya punya kesempatan satu detik untuk menyampaikan produk dan keunikan bisnis Anda pada calon pembeli. Anda pun harus melakukannya dengan cara yang menonjol, dan Anda pun harus melakukannya dengan batasan berupa gambar yang kecil.

Namun, ketika Anda berhasil membuat calon pembeli mengklik produk Anda, Anda jadi punya kesempatan lebih besar dan nafas yang lebih panjang untuk meyakinkan mereka dan menutup penjualan. Namun bagian ini membutuhkan trik-trik tertentu.

Baik bisnis produk maupun jasa, inilah tips bagaimana Anda mempresentasikan bisnis Anda agar dapat tampil menonjol, dilirik, dan meningkatkan penjualan-penjualan penting.

Singkat padat dan jelas

Salah satu tips penting dalam menampilkan foto produk atau jasa adalah tidak harus tampil super mewah dan banyak ornamen. Justru berpikirlah dengan simpel.

Bagaimana cara paling jelas dan ringkas untuk menampilkan produk/jasa Anda? Bagaimana cara paling jelas dan ringkas untuk menunjukkan apa yang produk/jasa Anda bisa lakukan?

Cari tahu bagaimana Anda bisa menampilkan aspek terbaik dari satu produk atau jasa. Apa yang membuatnya spesial? Apa yang membuatnya unik? Apa yang membuat Anda mau membelinya atau menggunakan jasanya? Untuk itu, Anda perlu juga berpikir layaknya calon pembeli atau pengguna jasa Anda. Berpikirlah seperti mereka dan lihatlah dari sudut pandang mereka. Jika foto produk atau jasa dirasa kurang ringkas dan membingungkan, berarti masih ada yang perlu diperbaiki.

Tunjukkan, Jangan Katakan

Ketika Anda hanya punya sedikit kesempatan untuk menampilkan produk atau jasa Anda, maka sudah sewajarnya tidak menggunakan terlalu banyak kata untuk menampilkan produk atau jasa tersebut. Anda mau menunjukkan pada orang-orang tentang produk Anda, bukan hanya mengatakannya.

Jika Anda adalah seorang wedding planner misalkan, tunjukkan saja contoh foto-foto event pernikahan yang telah berhasil Anda laksanakan. Jika Anda seorang fotografer, tunjukkan foto-foto yang pernah Anda buat. Jika Anda pemilik jasa kontraktor, tunjukkan bagaimana Anda berhasil membangun gedung atau rumah.

Anda perlu membuktikan, tidak hanya sekadar menjanjikan.

Tentu saja semua produk atau jasa online mempunyai deskripsi produk. Namun ketika kita berhasil menampilkan bukti berupa foto dan gambar yang jelas, maka gambar itu akan bicara lebih banyak daripada seribu kata.

Cara Menampilkan Produk yang Efektif dan Dilirik Orang

Gunakan jasa desainer

Dengan marketplace yang menyediakan jasa melimpah ruah, tak ada salahnya juga menggunakan jasa desainer grafis atau produk untuk turun tangan melejitkan potensi bisnis Anda. Jika dirasa mahal, anggaplah ini sebagai investasi. Tak banyak orang di luar sana yang berani keluar uang untuk desain yang baik. Jika Anda berhasil mendapatkannya, Anda sudah menang satu langkah.

Desainer tentu lebih paham apa yang harus dilakukan untuk menaklukkan hati konsumen Anda. Dalam berkomunikasi  atau menggunakan jasa desainer, kelak akan ada proses briefing. Di dalam proses briefing ini, katakanlah apa yang Anda butuhkan dan seperti apa karakter konsumen Anda. Beritahukan juga bagaimana niche pengguna produk atau jasa Anda.

Orang sering menganggap remeh desain, padahal desain yang baik akan mencerminkan profesionalitas. Entah itu dalam bentuk desain logo, desain interior, kemasan produk, atau desain website. Ketika berhasil menampilkan profesionalitas dan keindahan dalam produk atau jasa Anda, pelanggan Anda akan mempertimbangkan Anda sebagai satu pilihan yang serius.

Demonstrasikan produk Anda

 

Cara Menampilkan Produk yang Efektif dan Dilirik Orang

Jika memungkinkan, tunjukkan produk atau jasa Anda saat sedang “beraksi”. Jika calon pembeli atau pelanggan dapat menangkap apa yang produk atau jasa Anda bisa lakukan sebelum mereka membelinya, maka Anda sudah unggul satu langkah. Beberapa jasa atau produk ada yang lebih mudah dibandingkan yang lain. Namun jasa atau produk yang sulit ditampilkan “in action” akan memancing kreativitas yang lebih. Dan sering kali, kreativitas dalam desain akan memenangkan persaingan.

Misalkan Anda memiliki sebuah jasa, maka tampilkan juga foto saat Anda sedang mengerjakan jasa. Tampilkan foto briefing Anda dengan klien, atau tampilkan foto sebelum dan sesudah jasa Anda dilakukan. Ini akan memberikan bayangan pada calon konsumen tentang bagaimana Anda bekerja dan apa saja dampak yang bisa Anda berikan pada konsumen melalui bisnis Anda.

Jika diperlukan, mintakan desainer grafis untuk membuat sebuah gambar berisi beberapa testimoni pengguna produk atau jasa Anda. Manusia menarik manusia. Dan ketika sudah ada orang lain yang menggunakan jasa/produk Anda lalu puas terhadap manfaatnya, Anda sudah berjalan satu langkah lagi dalam memenangkan hati konsumen.

Kombinasi dari beberapa ide di atas akan meningkatkan keterlihatan produk Anda di sosial media atau di marketplace. Penting juga untuk diketahui bahwa Anda haruslah percaya diri. Bereksperimen dengan beberapa konsep dan trial-error mungkin akan memberikan hasil yang menguntungkan. Biarkan kepribadian bisnis Anda menonjol, dan orang-orang akan mengingat bisnis Anda.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
50%
wow
Netral
50%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%