Cara Membuat Kamar Mandi Terlihat Luas

1
1261
Membuat Kamar Mandi Terlihat Luas

Membuat Kamar Mandi Terlihat Luas – Katakanlah ukuran kamar mandi terlupakan oleh Anda saat memilih rumah. Kini Anda memasuki kamar mandi, dan merasa kamar mandi Anda kurang luas.

Setiap kamar mandi pada dasarnya perlu memenuhi beberapa aspek, dan aspek itu biasanya yang dasar-dasar: cermin, bak mandi/bath tub/shower, dan toilet. Tidak penting seberapa luas dan sempit kamar mandi Anda, benda-benda ini harus ada di kamar mandi.

Kalau ruang keluarga, Anda bisa saja memindahkan sofa dan vas, agar terlihat lebih luas. Tapi kalau kamar mandi? Kan tidak bisa.

Tapi bukan berarti kamar mandi tidak bisa nyaman. Masih ada cara menghias kamar mandi Anda agar terlihat luas dan lega.

Yang perlu Anda ketahui adalah beberapa trik, sehingga kamar mandi Anda lebih nyaman dimasuki.

Yuk kita lihat beberapa trik membuat kamar mandi terlihat lebih nyaman dan luas.

Gunakan warna-warna senada.

Contoh: jangan gunakan cat dinding warna gelap, tapi lantainya cerah. Ini membuat terlihat ada pembatas antara lantai dan dinding, membuat kamar mandi Anda terlihat sekali kecilnya.

Jadi sebaiknya padukan warna lantai dan dinding. Dengan paduan warna yang senada dan tidak terlalu kontras, pembatas jadi tidak terlalu kentara.

Anggaplah Anda ingin membuat kontras. Batasi kontras itu ke benda-benda lain. Misalnya mungkin untuk tempat sampah atau toilet. Dengan begitu obyek lain akan terlihat mencolok dan jadi pusat perhatian, sementara background seperti lantai dan dinding memperkuat perhatian itu.

Biasanya skema warna yang baik adalah warna-warna pucat. Hindari menggunakan warna-warna kuat seperti biru tua, karena menghilangkan kesan bebas dan lega.

Warnai langit-langit sesuai dengan dinding

Kalau lantai dan dinding senada, maka warna langit-langit dan dinding harus sama. Terutama kalau langit-langit kamar mandi Anda berbentuk tidak simetris.

Dengan warna dinding dan langit-langit yang sama, maka tercipta kesan space yang besar. Ini juga mengurangi transisi, sehingga tercipta kesan bersih dan luas di space bagian atas kamar mandi.

Kalau langit-langitnya datar/rata, mungkin Anda bisa juga memberi warna yang sedikit lebih terang dari dinding. Ini karena mata kita cenderung melihat langit-langit lebih gelap dari dinding. Memberi warna sedikit lebih terang akan membuat kamar mandi terasa imbang.

Sebagian keramik lantai juga dipasang di dinding

Kadang-kadang keramik yang terpasang di lantai kamar mandi tidak 100% pas dengan luas dari kamar mandi tersebut. Akibatnya sebagian keramik harus dipotong.

Daripada dibuang, sisa keramik ini dipasang saja di bagian dasar dinding. Ini untuk menyamarkan sudut dan titik temu antara lantai dan dinding. Kuncinya, semakin minim kontras dan transisi, semakin besar kesan luas pada suatu ruangan.

Pakai cermin besar

Kamar mandi akan terasa lebih luas dengan cermin yang besar. Cermin memberikan pantulan terhadap ruangan, memberikan mata kita persepsi dua kali lipat dari luas kamar mandi kita yang sebenarnya.

Dengan memasang cermin yang besar, Anda akan merasakan kesan lebih lega sejak memasuki kamar mandi.

Sediakan cahaya matahari

Cahaya matahari pagi selalu menyenangkan. Dengan mandi sambil menikmati cahaya matahari pagi, rasanya seolah direcharge dua kali lipat.

Namun, rata-rata kamar mandi berjendela ditutupi dengan selubung, tirai, atau kaca gelap agar privasi tetap terjaga. Tapi upaya seperti ini justru membuat kesan ada barrier di kamat mandi.

Jika Anda ingin menikmati matahari alami tanpa khawatir privasi terganggu, Anda bisa menggunakan solatube.

Tempatkan cermin dengan strategis

Ya, kita sudah tahu bahwa cermin bisa melipatgandakan kesan luas pada ruangan. Namun penempatan cermin yang kurang strategis akan mengurangi kesan tersebut.

Jika kamar mandi Anda berjendela, meletakkan cermin di sisi berseberangan dengan jendela akan memberi kesan Anda punya dua jendela.

Kalau tidak ada jendela, meletakkan cermin berlawan arah dengan space kosong akan melipatgandakan space tersebut.

Tempat sampo, sabun, dan lain-lain dipasang di dinding

Seperti kotak obat yang biasanya dipasang di dinding, memasang rak sabun dan perabotan lain ke dinding pun bisa memberikan spasi yang lebih luas untuk kamar mandi.

Jadi sebaiknya semua peralatan seperti sampo, sabun, dan alat-alat kebersihan lainnya dikumpulkan saja di satu tempat, dan dipasangkan ke dinding.

Gunakan perabotan ukuran kecil

Hindari menggunakan perabotan yang besar di kamar mandi Anda. Itu membuat kamar mandi Anda terlihat sesak. Lebih baik, gunakan barang-barang yang memang ukuran kecil. Namun perlu diingat, peletakannya jangan sembarangan. Letakkan perabotan-perabotan kecil ini di satu tempat, agar tidak memakan space yang tidak perlu.

Hindari perabotan dengan motif-motif

Kadang-kadang pintu kamar mandi bagian dalam ada dekorasi bergambar bunga. Atau keramik yang diberi motif gambar tertentu, atau tirai bath tub yang biasanya diberi motif.

Itu membuat kamar mandi kita terlihat sempit. Sebaiknya gunakan keramik, pintu, atau tirai yang lebih simpel. Mungkin tidak perlu motif, gunakan yang polos saja.

Yang tidak terlalu perlu jangan di dalam kamar mandi

Beberapa benda di kamar mandi bisa mengurangi kesan bersih. Sikat kamar mandi, tempat sampah, dan keranjang baju adalah benda-benda “kotor”, sehingga mengurangi kesan higienis.

Bahkan di kamar mandi yang kecil, bisa membuat space semakin terkesan sesak.

Jadi kalau kamar mandi Anda kecil, alihkan benda-benda tadi di luar kamar mandi. Cukup yang diperlukan dan paling esensial saja yang ada di kamar mandi, agar space jadi lebih lega.

Nah, demikian tadi beberapa tips agar kamar mandi Anda terlihat luas. Intinya adalah kurangi transisi, kumpulkan benda-benda di satu tempat, gunakan warna cerah dan lighting, dan pasang cermin secara strategis.

Semoga bermanfaat!

love
Senang
50%
haha
Terinspirasi
50%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%