Bagaimana Cara Bisnis Kecil Mendatangkan Klien Besar?

0
2668

Cara Mendatangkan Klien Besar – Jika Anda ingin mendatangkan segepok uang dalam satu proyek, atau lelah dengan klien-klien kecil, maka artikel ini untuk Anda.

Ini waktunya bagi Anda untuk mendatangkan klien besar.

Okelah, Anda sudah lelah dengan mendesain kartu nama untuk seorang trainer yang tak pernah Anda dengar. Anda juga bosan bila harus menangani klien-klien dari UKM, yang meminta Anda mendesain cover Facebook atau blog mereka.

Maka inilah saatnya untuk segera mendaratkan klien besar untuk bisnis Anda, klien jangka panjang, seorang klien yang dapat Anda yakini profesionalitasnya.

Berikut ini cara mendatangkan klien besar untuk bisnis kecil.

Dapatkan pengalaman dulu

Nyaris mustahil mendatangkan klien besar dan mendapatkan kerja dari mereka tanpa punya bukti hasil pekerjaan untuk dipamerkan.

Anda setidaknya harus punya pengalaman menangani beberapa klien, dan apabila sudah punya portofolio yang cukup bagus, poleslah, dan pajang di Halojasa.

Jika Anda tidak memiliki cukup banyak karya untuk menghasilkan portofolio memukau, lakukanlah studi kasus. Ini biasa dilakukan oleh desainer, yang melakukan proyek modifikasi pada logo brand populer atau mendesain ulang situs perusahaan besar, hanya untuk menunjukkan kapasitas.

Beberapa pebisnis lain melakukan kerja sukarela untuk organisasi nonprofit. Jadi mereka mengerjakan sesuatu yang berada di bidang keahlian mereka, namun tidak dibayar untuk itu. Hanya sukarela saja.

Desain grafis kadang memilih kerja di agensi selama beberapa tahun agar bisa mendapat pengalaman desain untuk “dijajakan”.

Apapun yang Anda lakukan, lakukanlah dengan baik dan lakukan dengan cepat. Semakin Anda mahir dan berpengalaman, semakin mudah mendatangkan klien besar.

Lakukan riset siapa klien Anda

Saat Anda sudah siap untuk mengincar klien papan atas, pastikan Anda melakukan riset terlebih dulu. Ini karena ketika Anda bekerja dengan klien besar, kemungkinan proyeknya besar dan makan waktu lama.

Cobalah untuk Googling dan cari informasi tentang bagaimana calon klien Anda tersebut memperlakukan pekerja lepas, berapa rate yang mereka berikan untuk satu proyek, bagaimana freelancer dan karyawannya berpikir tentang manajemen di perusahaan tersebut, dan bagaimana preferensi desain yang disukai perusahaan tersebut.

Jika semua di atas tidak memungkinkan, setidaknya lakukan googling tentang informasi perusahaan tersebut dan apa saja yang mereka kerjakan.

Riset dilakukan agar Anda bisa memprediksi akan seperti apa bekerja dengan klien tersebut, bagaimana cara komunikasi dengan mereka, bagaimana Anda akan diperlakukan, dan supaya Anda bisa memberikan pekerjaan yang paling sesuai dengan bidang bisnis mereka.

Selesaikan masalah mereka sebelum mereka mempekerjakan

Ini adalah salah satu metode lain untuk menggaet klien besar.

Orang-orang di perusahaan besar sangat sibuk! Mereka punya banyak hal lain untuk dilakukan, dan walaupun mereka mau, mereka tidak punya waktu untuk memikirkan desain web atau branding perusahaan.

Salah satu cara meyakinkan klien dengan nama besar adalah dengan menunjukkan apa yang kurang dari desain mereka, dan selesaikan.

Beberapa desainer freelance melakukan cara ini sebagai pendekatan, dan mereka berhasil dipekerjakan.

Mereka mencari perusahaan besar yang situsnya tampak kurang bagus, atau yang branding-nya perlu diperbaiki. Setelahnya, mereka mengirimkan dokumen ke pihak manajemen yang berisi beberapa file sebagai berikut:

  • Analisa WOT terhadap website mereka
  • Beberapa poin kunci yang bisa dikerjakan, tentang cara mendapatkan traffic lebih besar ke situs tersebut.
  • Contoh desain situs tersebut ke depannya – didesain dengan software pengolah gambar seperti Photoshop.

Jika Anda berhasil meyakinkan mereka, maka Anda akan dipekerjakan.

Hal terburuk yang mungkin terjadi adalah dokumen Anda diabaikan. Namun kadang-kadang perusahaan yang baik akan mengirimkan surat berisi ucapan terima kasih, sambil menyatakan bahwa ide Anda akan dipertimbangkan.

Padahal sebelumnya perusahaan tersebut tidak mencari jasa desainer grafis, namun tak ada salahnya Anda sendiri yang jemput bola kan?

Mendapatkan klien perusahaan besar lebih sulit daripada yang Anda duga

Sebaiknya Anda jangan terlalu yakin bisa langsung dapat klien besar.

Mendapatkan klien papan atas tanpa melalui firma desain biasanya sulit, sangat sulit malah. Anda akan gagal berkali-kali sebelum bisa berhasil dapat kontrak besar.

Namun jika Anda berusaha cukup keras, klien besar pertama Anda akan segera tiba. Kerja keras pasti terbayar.
Cara mendatangkan klien besar

Kenapa Anda menginginkan klien besar?

Sebagian klien menghindari kerja dengan perusahaan besar. Ribet, dan kadang-kadang sulit berkomunikasi dengan mereka.

Namun berikut ini adalah beberapa sebab pekerja lepas harus mencoba kerja dengan klien perushaan besar:

Kerja yang stabil dan pemasukan yang pasti.

Freelance dikenal dengan penghasilan mereka yang naik turun, tergantung ada atau tidaknya klien. Namun jika Anda berhasil dapat satu perusahaan besar, Anda bisa mendapatkan kontrak jangka panjang dengan pembayaran yang mungkin saja bisa berkali-kali.

Bahkan jika Anda cukup beruntung, Anda bisa mendapatkan klien yang akan membayar per bulan, dan tetap diperbolehkan kerja dengan klien lain.

Belum lagi dengan adanya klien besar, Anda bisa memamerkan mereka di portofolio Anda. Dengan begitu, bukankah rate kerja untuk Anda akan semakin besar?

Bergabunglah di marketplace jasa

Salah satu cara lain dalam menarik minat perusahaan besar adalah mendaftarkan diri di marketplace jasa. Anda bisa memamerkan hasil-hasil karya yang Anda punya di sana.

Terkadang, perusahaan besar lebih memilih bekerja dengan freelance individu daripada melalui firma desain. Jika Anda beruntung dan punya portofolio yang cukup bagus, mungkin klien besar datang dari perusahaan yang tak pernah Anda duga.

Jadi, apakah Anda tertarik mendatangkan klien besar? Siapa yang Anda incar? Atau, Anda memilih tidak bekerja dengan raksasa kapitalis?

Seperti apapun keputusan Anda, semoga artikel ini bermanfaat!

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
100%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%