Sikap Yang Harus di Kembangkan Untuk Mengalami Kemajuan Bisnis

0
4498

Sikap Yang Harus Dimiliki Untuk Mengembangkan Bisnis – Dikatakan bahwa setiap tahun hanya tiga sampai empat persen dari total populasi di bumi yang cukup berani untuk memulai bisnis sendirinya. Dari jumlah tersebut, nyatanya hanya satu persen yang berhasil membangun bisnis mereka, sementara sisanya bergabung dengan daftar pengusaha gagal.

Meskipun setiap bisnis berbeda dan masing-masing memerlukan keterampilan khusus, ada beberapa kualitas umum yang harus Anda kembangkan jika Anda ingin memulai bisnis. Bisnis apapun itu.

Sekali lagi ditekankan, ‘dikembangkan’ dan bukan ‘dimiliki’. Ini karena menurut kami keterampilan ini bukanlah ilmu yang rumit, dan jika Anda memiliki kemauan, Anda bisa dengan mudah mengembangkannya. Ujung-ujungnya, kemampuan menjalankan bisnis Anda bisa berkembang jadi lebih baik.

Jadilah seorang visioner

Ya, mungkin Anda sudah tahu yang ini. Barangkali sudah terlalu klise, hingga barangkali Anda saat ini sudah menghela nafas saking sering Anda mendengarnya.

Namun perlu kami tekankan di sini bahwa saat kami mengatakan Anda harus jadi seorang yang visioner, kami tidak meminta Anda memiliki visi besar sejak memulai bisnis.

Malah, bisnis besar semacam Victoria’s Secret atau KFC tidak dimulai dari visi raksasa. Cukup visi sederhana saja.

Namun perlu Anda ingat, harus ada tujuan yang hakiki di dalam pikiran Anda, dan Anda harus berusaha sekuat tenaga mencapai tujuan itu. Anda bisa memulai dengan tujuan kecil pada awalnya dan setiap kali Anda mencapai tujuan kecil tadi, dapatkanlah tantangan baru. Dan segera Anda akan menemukan bahwa Anda memiliki visi, visi yang tidak pernah Anda duga bisa Anda capai dan sekarang, tiba-tiba nampaknya semuanya bisa terjadi.

Jadilah mudah beradaptasi

Dalam perencanaan bisnis, pastilah Anda mengembangkan strategi dan mulai bekerja menuju tujuan yang sudah Anda tentukan. Tapi dunia berubah setiap hari dan segera Anda menyadari bahwa strategi Anda tidak bekerja efektif. Dalam kasus ini, Anda harus segera menyesuaikan diri dengan perubahan dan menerapkan metode kerja baru sekaligus menjaga visi Anda tetap utuh.

Memang ada momen di mana Anda harus kukuh dengan pendirian, namun lihatlah tanda-tanda ketika strategi bisnis sudah tidak berjalan efektif. Ada pula saatnya Anda harus cepat merespon, karena jika tidak, Anda akan tertinggal atau malah terlempar dari persaingan melawan kompetitor bisnis Anda.

Berinovasi sangatlah penting. Jika Anda puas dengan yang bisnis Anda miliki saat ini, bersiaplah akan kedatangan kompetitor baru, yang akan melibas Anda tanpa ampun.

Gabungkan Passion dengan Rencana

Dalam berbisnis, passion sangatlah penting.

Namun, apa itu passion?

Passion adalah tetap bekerja meskipun Anda sudah sangat bosan, tetap bangkit dari tempat tidur dan melakukan apa yang Anda kejar, walaupun tak ada yang menyuruh Anda.

Jika Anda tidak cukup bergairah, kemungkinan kesuksesan bisnis Anda sangat tipis. Namun jika Anda berbisnis hanya karena passion, Anda akan membawa bahaya pada bisnis Anda. Anda malah bergerak asal-asalan dengan hanya “mengandalkan insting”.

Ingat, gagal merencanakan sama saja dengan merencanakan kegagalan.

Makanya punya passion memang baik, namun gabungkan passion Anda yang mendidih dengan logika dan perencanaan yang dingin.

Berkomunikasi Seperti Seorang Ahli

Ini bukan hanya tentang berbicara dengan lawan bicara atau klien Anda. Ini tentang setiap bentuk komunikasi, baik itu di telepon, melalui email, melalui surat atau cara lain untuk mengirim pemikiran Anda.

Apalagi kini Halojasa memiliki fitur terbaru voice call dan video chat, yang memungkinkan Anda bertatap muka dengan klien dari jarak yang jauh sekalipun. Komunikasi adalah senjata Anda untuk meyakinkan klien menggunakan layanan jasa Anda.

Komunikasi yang efektif adalah salah satu keterampilan kepemimpinan yang harus dimiliki dan jika Anda merasa tidak pandai dalam hal ini, bersiaplah untuk belajar berkomunikasi dengan cara yang paling efektif, meyakinkan orang lain dan mendapatkan lebih banyak bisnis.

Networking Seperti Seorang Ahli

Bahan penting lainnya untuk sukses dalam bisnis. Identifikasi orang yang tepat dan jalinlah hubungan yang bertahan lama. Selain membantu Anda dalam bisnis, hubungan ini juga dapat membantu dalam kehidupan pribadi Anda.

Jadilah Agresif

Menjadi agresif tidak berarti Anda selalu berarti berwajah merah dengan urat leher menonjol, serta secara membabi buta meraih setiap kesempatan yang datang ke hadapan Anda.

Artinya Anda siap mengambil risiko, terkadang dengan perhitungan dan terkadang mengandalkan firasat anda.

Ini berarti Anda tidak puas dengan apa yang sudah Anda capai, dan selalu lapar dengan pencapaian baru. Ini berarti Anda menyediakan waktu 24 jam sehari untuk apa yang Anda kerjakan. Dan ya, itu juga berarti Anda siap berkorban saat dibutuhkan.

Jadilah gigih

Tanpa diragukan lagi, ketekunan adalah sifat yang harus dimiliki seseorang yang berharap bisa menjadi besar dalam bisnisnya. Jadi apa sebenarnya ketekunan itu? Beginilah cara Seth Godin mendefinisikannya:

“Kegigihan bukan berarti hanya menggunakan cara yang sama dari waktu ke waktu. Kegigihan berarti memiliki satu tujuan, dari waktu ke waktu. “

Lakukan Hal Berbeda

Itulah yang dilakukan para pemenang, bukan? Terapkan teknik dan trik baru ke model bisnis yang sudah ada daripada mencoba mencari ide bisnis yang benar-benar baru. Anda akan menghemat waktu.

Sebuah inovasi tak perlu radikal. Hadirkan sebuah layanan yang sama dengan yang lain, namun tambahkan sesuatu yang kompetitor Anda tak punya.

Belajar Setiap Harinya

Sungguh, proses belajar tidak pernah berhenti saat Anda berbisnis. Dan Anda juga seharusnya tidak pernah membiarkannya berhenti.

Tidak peduli seberapa besar bisnis Anda berkembang, Anda harus terus belajar setiap hari dan menerapkan teknik baru untuk membuat bisnis Anda menjadi lebih baik.

Jangan Pernah Puas

Jika raksasa lama seperti Lehman Brothers bisa runtuh, maka apapun bisa terjadi.

Tidak ada, sekali lagi tidak ada, bisnis yang kebal dari kejatuhan. Satu kesalahan dan kerajaan bisnis bisa runtuh. Ketidakpuasan biasanya merupakan langkah awal menuju kehancuran ini. Jadi lebih baik jangan berpuas diri.

Demikianlah beberapa sikap yang perlu Anda kembangkan, untuk membuat bisnis Anda berkembang pesat.

Selamat mencoba!

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Dipikirkan Sebelum Memulai Bisnis Sampingan

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
66%
wow
Netral
33%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%