Tips Memaksimalkan Outdoor Advertising

1
2368
Tips Memaksimalkan Outdoor Advertising

Tips Memaksimalkan Outdoor Advertising – Papan reklame pinggir jalan telah ada selama lebih dari satu abad. Dan di Indonesia, di mana kebanyakan masyarakatnya menggunakan kendaraan untuk bepergian, periklanan billboard masih merupakan cara yang penting dan efisien untuk menjangkau jutaan calon konsumen. Tapi jika Anda ingin menginvestasikan uang hasil jerih payah Anda dalam sebuah iklan besar dan megah, Anda tentu ingin memastikannya akan sukses.

Bagaimana Anda memastikan papan iklan Anda tak hanya eye-catching, namun juga efektif? Baca terus untuk mempelajari 5 cara memaksimalkan outdoor advertising.

1. Buatlah pesan melalui cerita

Jika papan iklan Anda berada di sisi jalan raya di mana orang akan melaju kencang, maka desain tanpa cerita akan dengan cepat terlupakan. Untuk menemukan cerita Anda, pikirkan satu hal yang Anda ingin sampaikan pada calon konsumen. Apakah Anda ingin mereka mengingat alamat web Anda? Untuk dapat mengenali merek Anda saat mereka berada di toko? Atau apakah Anda ingin orang-orang mampir ke toko Anda? Gunakan pesan utama untuk menemukan ceritanya.

Katakanlah begini. Merek Anda berarti menyenangkan. Dan kebahagiaan. Dan orang-orang yang mengagumkan dan menarik menyukainya. Produk atau layanan jasa Anda yang menyenangkan akan memuaskan hasrat mereka, dan tetap menemani mereka sampai ke tempat tujuan.

Perhatikan! Untuk menemukan cerita Anda, Anda perlu mengambil pesan utama dan tanamkan makna di dalamnya: entah itu memecahkan masalah, membangkitkan emosi, atau memenuhi kebutuhan (bahkan untuk kebutuhan yang tidak mereka ketahui sampai mereka melihat papan reklame Anda).

Mengapa sebuah cerita penting? Karena manusia sangat mengerikan dalam mengingat fakta, tapi hebat dalam mengingat cerita. Desain billboard adalah media visual, yang berarti langkah selanjutnya adalah mencari tahu bagaimana cara menceritakan cerita itu melalui gambar dan teks. Anda benar-benar ingin menjadi strategis saat membuat desain. Lagipula, sebuah gambar juga bernilai 1000 kata, bukan? Billboard bola basket YMCA menggunakan gambar dinamis untuk mempertahankan puncak merek mereka.

Gambar dinamis yang besar bisa menceritakan semuanya. Sebenarnya, gambar akan membantu mempertahankan pesan Anda lebih baik daripada dengan menggunakan kata-kata saja. Pastikan gambar benar-benar memberi dampak dalam 5 detik atau kurang. Anda dapat menguji ini dengan membagikan desain Anda dan meminta teman untuk melihatnya hanya dalam beberapa detik. Jika mereka tersenyum atau menyeringai, bagus! Jika mereka bingung, berarti Anda perlu mencoba lagi.

2. Jaga agar tetap singkat, padat, dan aman!

Pengemudi rata-rata hanya memiliki waktu sekitar 5 sampai 10 detik untuk melihat desain papan reklame Anda, membaca teks, dan memahami pesannya.

Dalam waktu 5 sampai 10 detik, pengemudi juga bisa melirik dari papan reklame, ke jalan, dan kembali ke papan reklame lagi tergantung pada beratnya lalu lintas. Jadi, salah satu aturan terpenting yang harus diikuti akan membuat pesan Anda tetap pendek. Sangat singkat! Tembak maksimal 7 kata atau kurang.

Setelah pesan awal Anda, Anda dapat mempertimbangkan informasi lain yang relevan. Perlu memberikan nomor telepon? Apakah ada logo yang bisa diselipkan? Pastikan memprioritaskan informasi yang paling penting sehingga papan iklan Anda tidak menjadi berantakan atau tidak terbaca.

3. Berteriaklah

Ukuran billboard itu besar, jadi urusan desain jangan tanggung-tanggung! Pastikan teks dalam desain Anda tercetak dengan huruf bersih dan tebal untuk memastikan pembacaan terbaik.

Selain itu, semakin besar fontnya, semakin banyak waktu yang dimiliki seorang tukang ngebut untuk membaca dan memahami pesan Anda dari kejauhan. Jadi berteriaklah dalam desain Anda!

4. Berwarna-warnilah

Gunakan warna cerah atau gambar yang berani dalam desain Anda untuk menarik perhatian dengan mudah ke papan iklan Anda. Warna kontras dalam desain juga akan menciptakan dampak yang lebih besar lagi yang akan membantu meningkatkan tertanamnya pesan Anda.

Tapi agar gambar Anda efektif, Anda ingin agar latar belakang desain Anda tetap sederhana, agar latar depan tidak kalah. Dan gunakan saja satu gambar besar atau foto. Citra dinamis akan menciptakan dampak visual yang jauh lebih besar dibandingkan banyak gambar tapi ukurannya kecil-kecil.

5. Periksa peta Anda

Jika Anda merasa masih membutuhkan cerita yang menyenangkan untuk papan iklan Anda, perhatikan lokasi di mana desain Anda akan ditampilkan dan gunakan lingkungan itu untuk mendapatkan pesan yang cerdik: Bisa “menyentil” profesi yang banyak berada di sana, bisa menggunakan bahasa gaul lokal untuk dibaca. Anda juga dapat memanfaatkan jalan raya dengan beberapa kilometer  dari wilayah di antara kota-kota untuk menarik minat wisatawan yang lapar, lelah, atau bosan dengan papan nama sederhana yang itu-itu saja.

Apakah di sekitar lokasi billboard Anda, ada daya tarik unik yang tak boleh dilewatkan? Atau ada perhentian yang nyaman untuk traveler yang membutuhkan rest point? Jika demikian, biarkan pengemudi mengetahui bahwa jarak antara mereka dan tujuan tersebut sudah dekat, dengan menyiapkan beberapa desain, pasang terpisah satu sama lain dengan jarak tertentu, agar pengemudi tahu mereka hampir sampai.

Bukankah billboard semacam ini sering terlihat di titik-titik perjalanan antar kota? Anda bisa mencoba cara ini. Malah Anda tidak perlu membuat desain yang macam-macam, yang terpenting pesan Anda tetap harus pendek, menarik, dan terbaca.

Nah, demikianlah tadi beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan outdoor advertising. Anda mungkin saat ini sedang membutuhkan layanan outdoor advertising, untuk mempromosikan bisnis Anda.

Jika demikian, mengapa Anda tidak menggunakan layanan jasa outdoor advertising yang tersedia di marketplace? Para tenaga ahli profesional disana dengan senang hati akan membantu Anda. Selain itu, Anda dapat berkonsultasi via voice call dan video chat, yang pastinya akan sangat memudahkan proses konsultasi desain iklan tanpa perlu keluar rumah.

Semoga bermanfaat!

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%